Home » , » 15 Tempat Wisata Di Sumatera Utara

15 Tempat Wisata Di Sumatera Utara

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Wednesday, February 12, 2014 | 3:27 AM





15 Tempat Wisata Terbaik Di Sumatera Utara
Sumatera Utara terletak di pulau Sumatera, yang lebih dikenal dengan sebutan pulau Andalas dikalangan wisatawan mancanegara. Keindahan dan pesona wisata Sumatera Utara tidak hanya mengunggulkan wisata Alam, namun kekayaan budaya Sumut sudah menjadi daya tarik memikat bagi wisatawan. Perkembangan MICE di Medan sedikit banyak berpengaruh terhadap kabupaten dan kota lainnya di Sumut, hal ini tentu saja menjadi prospek besar bagi kemajuan kepariwisataan di Sumatera Utara.
Berbicara mengenai destinasi wisata, Sumatera Utara adalah rajanya. Berikut 20 tempat wisata terbaik idi Sumatera Utara:

       Danau Toba
Dikenal sebagai danau terbesar di Asia tenggara dan juga danau tektovulkanik terbesar di dunia. Danau Toba, icon pariwisata Sumatera Utara yang satu ini memang sangat luar biasa indahnya. Danau Toba dikelilingi oleh 6 kabupaten dan setiap kabupatennya memiliki daerah tujuan wisata yang mengandalkan danau toba sebagai daya tarik seperti Pantai Silalahi di Dairi, Parapat dan haranggaol di Simalungun, Tongging di Karo, Pulau Mangga di Toba Samosir, Tuktuk dan Tomok di Samosir.

Pulau Samosir
Bila Bali dikenal dengan istilah Tanah Dewata maka Samosir dikenal dengan istilah Tano Debata. Panorama yang indah, kentalnya budaya batak, keberagaman kuliner batak, ditambah banyaknya daerah tujuan wisata di daerah ini menjadikan Pulau Samosir tetap melekat dihati para wisatawan. Terdapat banyak destinasi wisata budaya alam dan budaya di Samosir seperti Desa Siallagan, Tuktuk Siadong, Tomok, Air Terjun Cinta, Pulau Tao, Desa Wisata Jangga, Desa Simanindo dan masih banyak lagi.

Pulau Murshala Tapanuli Tengah
Pulau ini sempat terlupakan oleh mata wisatawan namun berkat sebuah film destinasi wisata ini lantas kembali muncul dan pada tahun 2015 mendatang Murshala akan menjadi lokasi pelaksanaan Sail Murshala International 2015. Keunikan Pulau Murshala terletak pada semburan air terjun yang langsung jatuh ke laut ditambah kekayaan terumbu karang dan ikan berwarna warni menjadi daya tarik memukau bagi mereka yang hobby snorkeling dan diving. Pulau yang menjadi lokasi syuting film Kingkong ini begitu menakjubkan. Selama perjalanan anda tidak akan bosan karena ada 30 lebih pulau di Tapanuli Tengah sehingga wajar bila pemerintah setempat mengunggulkan kepariwisataannya.

Pulau Pandang Dan Salah Namo Batubara
Pulau terluar Indonesia begitulah bayangan pertama bila berbicara mengenai Pandang dan Salah Namo, memiliki pesona alam yang begitu memukau dengan air laut yang masih asri ditambah pemandangan alam eksotis menjadikan pulau ini sangat kerap dikunjungi oleh wisatawan. Pulau Pandang dan Salah Namo berjarak sekitar 3 jam dari Batubara dan keduanya dikelola penuh oleh pemerintah. Secara umum para pengunjung merupakan rombongan yang sengaja datang dari kota untuk melepas penat dan menjauhkan diri dari hingar bingar kota. Bila anda hobby memancing maka datanglah ke pulau pandang dan salah namo. Salah satu trip organizer yang kerap mengadakan kunjungan ke Pulau Salah Namo dan Pulau Pandang adalah Traveling Medan Comm yang biasanya membuka trip kesana. Bila anda tertarik silahkan follow twitternya @travelingMEDAN

Pulau Berhala Serdang Bedagai
Merupakan salah satu dari 3 pulau terluar Indonesia di Sumatera Utara. Sekeping surge di samudera ini menjadi daya tarik memikat bagi wisatawan yang berkunjung ke kabupaten Serdang Bedagai. Aktifitas snorkeling dan diving sudah menjadi hal yang wajib bagi pecinta bahari, Pulau berhala Sumatera Utara adalah tempat pas bagi anda. Diapit opeh pulau Sokong Kakek dan Sokong Nenek, pulau ini biasanya ramai dikunjungi pada saat liburan sekolah dan kantor. Salah satu trip organizer yang kerap mengadakan perjalanan ke daerah ini adalah Traveling Medan Comm.

Pulau Asu Nias
Apalah arti sebuah nama, jargon tersebut pantas disematkan untuk Pulau Asu yang berada di Nias ini. Pulau Asu adalah satu dari 8 pulau di kepulauan Hinako yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Keindahan alam dan kekayaan budaya Nias sudah menjadi daya tarik dan magnet bagi wisatawan baik lokal maupun internasional. Gelombang laut yang begitu tinggi tentu saja sangat di idam-idamkan oleh para surfer atau peselancar. Selain pantai Lagundri anda dapat mencoba gelombang laut pulau Bawa yang letaknya tidak jauh dari Pulau Asu. Kegiatan seperti snorkeling, diving, fishing di Pulau Asu tidak akan pernah membuat anda kecewa tetapi menempatkan pulau ini dibenak anda untuk dikunjungi lagi dan lagi.

Air Soda Alam Tarutung
Aek Rara, begitulah biasanya masyarakat setempat menyebut destinasi wisata alam di kabupaten Tapanuli Utara ini. Sejauh ini hanya ada 2 sumber air soda alam di dunia yakni di Sumatera Utara dan Venezuela. Legenda turun temurun yang berkembang membuat banyak wisatawan berbondong-bondong ke Aek Rara. Lokasinya memang sangat indah, diapit oleh pegunungan bukit barisan dan Rura Silindung dimana terdapat lokasi wisata lainnya yakni Salib Kasih Siatas Barita, Air Soda Alam ini layak dijadikan sebagai salah satu tempat wisata terbaik di Sumatera Utara.

Taman Wisata Iman Dairi
TWI, singkatan dari destinasi wisata di kabupaten Dairi ini yang mengusung konsep keberagaman dan persatuan agama di Indonesia menjadi daya tarik khusus bagi para pelancong yang menyukai wisata religi. Terdapat sejumlah rumah ibadat, perjalanan salib Yesus, sarana oubond, penginapan berbentuk kapal Nuh, dan pemandangan kota Sumbul yang dapat dilihat dari bukit Sitinjo dimana Taman Wisata Iman Sidikalang berlokasi. Bagi anda yang hendak melakukan wisata keluarga maka tempat ini adalah yang paling cocok karena selain dapat mendekatkan diri dengan sang pencipta anda juga dapat menikmati semilir angin berhembus bersama keluarga di bawah pepohonan pinus dan tidak hanya itu karena terdapat juga sarana permainan yang diperuntukkan kepada anak-anak.

Tangkahan Langkat
Tangkahan adalah surga pulau Sumatra, bagi anda yang hobby menyatu dengan alam dan menikmati suasana hutan namun aman maka Tangkahan adalah tempat yang pas bagi anda. Terletak di kabupaten Langkat tempat wisata ini sangat kerap dikunjungi oleh wisatawan baik dari luar negeri maupun dari nusantara. Sungai yang mengalir sangat cocok untuk tubbing, memandikan gajah juga adalah aktifitas yang tentunya sangat menyenangkan. Bila anda hendak menginap tidak perlu takut karena disekitar Tangkahan terdapat hotel dan penginapan yang murah selain itu ada juga took-toko penjual souvenir khas untuk buah tangan anda saat pulang kembali ketempat asal.

Kuliner Medan
Sebutan wisata kuliner sudah barang tentu menjadi hal yang wajar disematkan untuk kota Medan. Hal ini disebabkan karena banyaknya restaurant baik yang menjual makanan rakyat dan makanan modern ditambah pusat-pusat kuliner Medan seperti Pagaruyung, jalan Dr Mansyur USU, Warkop Elisabet, Selat Panjang, Cambridge Square, Simpang Jodoh dan masih banyak lagi tempat kuliber di kota terbesar ketiga di Indonesia ini. Maka tak perlu heran bila anda tengah berwisata belanja di Mall maka anda akan lebih banyak menemukan gerai yang menjual makanan dan minuman, Wisatawan biasanya mencari durian Medan, Bika Ambon, Lemang dan Bolu Meranti karena makanan khas Medan ini sudah tertanam dibenak orang banyak yang berdomisili di luar Medan.

Kawah Putih Tinggi Raja
Bila di jawa barat terdapat kawah putih ciwedei, maka di Sumatera Utara terdapat rival dari destinasi wisata tersebut yang bernama Kawah Putih Tinggi Raja. Tempat wisata di Simalungun ini kerap dikunjungi oleh wisatawan karena keindahan dan pesonanya yang tersohor akhir-akhir ini. Sebenarnya destinasi wisata tersembunyi di Sumatera Utara ini merupakan wilayah konservasi alam. Hal tersebut disebabkan karena banyaknya flora dan fauna langka namun masih dapat ditemukan diareal seluas 167 km ini. Rute menuju Kawah Putih Tinggi Raja membutuhkan waktu sekitar 4 jam baik menggunakan moda transportasi kenderaan roda dua maupun roda empat. Selain dapat melihat kawah berwarna putih dikelilingi air panas berwarna biru muda anda juga dapat merasakan sensasi pemandian air panas mengandung belerang.

Gawu Soyo Nias
Pesona Sumatera Utara yang mengagumkan semakin sempurna dengan keberadaan pulau Nias di Samudera Hindia. Keindahan alam, kebudayaan nias seperti lompat batu, terumbu karang dan kuliner khas Nias merupakan sebagian kecil dari alasan mengapa anda harus berkunjung ke Nias. Salah satu daya tarik memikat dan belum banyak diketahui oleh masyarakat adalah keberadaan pantai berpasir merah satu-satunya di Sumatera Utara yang bernama Gawu Soyo. Menurut penduduk setempat warna pasir di pantai yang menjadi destinasi wisata favorit Nias ini berasal dari sebuah legenda atau cerita rakyat. Manikam pariwisata Sumatera Utara yang begitu memukau bernama Gawu Soyo ini adalah salah satu keunikan provinsi Sumatera Utara. Bayangkan saja keindahan ciptaan Tuhan dengan kekayaan bahari berpasir merah (Pink Beach) berpadu dengan laut dan langit biru tepat dihadapan anda,

Danau Sidihoni
Berwisata ke Danau Toba mungkin sudah terlalu familiar ditelinga anda. Namun bila anda semakin mengexplore karya membanggakan dari Tuhan untuk pariwisata provinsi Sumatera Utara ini maka anda akan takjub akan kenyataan bahwa begitu banyak destinasi wisata di kawasan danau Toba yang belum begitu terpublish. Salah satu diantaranya adalah keberadaan Danau Sidihoni di Pulau Samosir. Oleh karena letak tersebut jugalah mengapa para pengunjung memberi istilah “Danau Diatas Danau”. Pepohonan hijau ditambah rumput yang tumbuh subur disekeliling danau Sidihoni menjadi daya tarik memikat bagi wisatawan. Membutuhkan waktu sekitar 4 jam perjalanan bila anda memulai perjalanan dari Tomok, namun meskipun demikian daerah tujuan wisata yang satu ini akan menghilangkan rasa penat anda setelah memandangi danau Sidihoni.

Salib Kasih Siatas Barita Tarutung
Tapanuli Utara merupakan salah satu kabupaten di Sumatera Utara dimana agama Kristen menjadi agama terbesar yang dianut oleh penduduknya. Hal ini tentu saja karena pengaruh dari seorang missionaries bernama Nomensen. Menurut cerita, tepat di Siatas Barita dimana Salib Kasih Tarutung berada merupakan tempat dimana Sang Missionaris pertama kali memandangi Tarutung. Sebuah batu besar yang letaknya tak jauh dari podium adalah tempat duduk Nomensen, ia berdoa di Siatas Berita agar diberkati dan ajaran agama Kristen diterima oleh masyarakat Tapanuli Utara. Untuk mengenang jasa missionaries pertama bagi bangsa batak inilah maka dibangun Salib kasih Siatas Barita lengkap dengan bukit doa dan tempat peribadatan. Kini komplek wisata salib kasih terus dikembangan agar menjadi tempat wisata religi yang terkenal di Sumatera Utara.

Mesjid Raya Medan
Kejayaan yang pernah dialami kesultanan Deli Melayu diwaktu lampau masih anda dapat saksikan hingga sekarang. Istana Maimun, Gedung Kantor Pos, Hotel Grand Aston adalah beberapa hasil peninggalan sejarah kesultanan Deli. Salah satu icon pariwisata kota Medan yakni Mesjid Raya juga merupakan peninggalan sultan Mahmud Al Rasyid. Meskipun sudah berumur tua namun tempat wisata religi islam di Medan ini masih terlihat kokoh dengan aristektur 3 negara. Lokasi Mesjid Raya Medan berada di inti kota sehingga tidak terlalu sukar untuk ditemukan. Adanya hotel, pusat perbelanjaan, dan perpustakaan daerah tentu menjadi daya tarik khusus bagi wisatawan karena sangat strategis.

Nah bagi anda yang tertarik untuk mengexplore tempat wisata lainnya di Sumatera Utara silahkan follow akun twitter unofficial Pariwisata Sumatera Utara @pariwisataSUMUT atau bila anda membutuhkan jasa pemandu wisata (Guide in Medan) dan Trip Organizer keseluruh destinasi wisata SUMUT diatas maka sila follow  @travelingMEDAN.

Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net