Home » , » Lagu daerah Sumatera Utara

Lagu daerah Sumatera Utara

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Wednesday, February 12, 2014 | 3:49 AM


Lagu daerah Sumatera Utara

Lagu daerah merupakan identitas bagi suatu suku yang mendiami suatu wilayah, Adapun lagu-lagu daerah dari Sumatera Utara yang terkenal adalah:
-       
          Anju Ahu
Lagu ini berasal dari tanah Tapanuli, berisikan tentang seorang pemuda yang ingin mendapatkan pengertian dari sang kekasih.
-        
      Butet
Lagu Batak yang paling terkenal ini berasal dari tanah Tapanuli, mengutarakan tentang seorang ibu yang bernyanyi tentang ayah dari sang anak di masa perang.
-        
          Dago Inang Sarge
Lagu berirama seperti pantun ini berasal dari daerah Toba, syairnya merupakan kumpulan dari beberapa pantun atau umpasa.
-        
          Lisoi
Lagu ini  menggambarkan orang Batak memiliki tradisi meminum tuak, tradisi ini masih kerap ditemui di pedesaan maupun daerah perkotaan, tak  jarang pula tradisi minum tuak dimasukkan sebagai bagian dari adat istiadat turun menurun.
- 
          Sing Sing So
Lagu Sing Sing So merupakan lagu bernuansa sedih akan rasa rindu terhadap orangtua, sanak saudara dan tanah kelahiran

Piso Surit
Lagu Piso Surit berasal dari tanah Karo, menggambarkan tentang rasa rindu seseorang terhadap kekasihnya yang tak tau dimana rimbanya.

Kekelengenku Tanoh Pakpak
Lagu ini berasal dari daerah Pakpak, menggambarkan tentang rasa cinta dan kekaguman terhadap tanah Pakpak.
-        
          Sittogol
Berasal dari daerah Mandailing, lagu Sittogol merupakan lagu bertempo cepat yang mana isinya mengajak untuk bergembira ria dan melepaskan diri dari rasa susah hati.

Cikala Le Pong-Pong
Merupakan sebuah lagu tradisional dengan tempo up beat. Lagu ini sangat populer di masyarakat pakpak. Lagu Cikala Le Pong-Pong kerap dinyanyikan baik diacara formal maupun diacara non formal.

Lagu lagu yang berasal dari setiap daerah merupakan bukti keberagaman dan kekayaan budaya berupa di Indonesia. Sebagai warga negara yang hidup di tanah air ibu pertiwi sudah sepantasnya kita melestarikan kebudayaan tersebut.




Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net