Home » , » Museum di Provinsi Aceh

Museum di Provinsi Aceh

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Wednesday, February 12, 2014 | 4:03 AM

Museum Tsunami Aceh


Sejarah adalah tonggak bagi kemajuan suatu negara, dengan mengingat sejarah maka suatu negara dapat berkaca untuk menjadi lebih baik dimasa sekarang dan dimasa datang. Perjalanan suatu negara tidak lepas dari perjuangan oleh tokoh-tokoh maupun masyarakat itu sendiri. Perkembangan budaya dari masa kemasa tentu bukanlah menjadi perkara bagi kita untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan yang ada.

Museum di provinsi Aceh menyuguhkan koleksi dari masa ke masa mulai dari peralatan hidup, adat istiadat, peninggalan sejarah, seni tradisional dan lainnya. Keberadaan Museum di Aceh merupakan sarana bagi para pelajar untuk lebih mengenal dan mecintai keberagaman Indonesia.

Museum Negeri Daerah Istimewa Aceh
Museum ini berada persis di daerah ibukota provinsi dan menjadi museum terbesar di Aceh pada saat ini. Menyimpan koleksi peninggalan prasejarah, arkeologi, keramik asing, seni rupa, heraldic, naskah kuno, peninggalan nasional dan masih banyak lagi lainya. Museum Negeri Daerah Istimewa aceh sering dikunjungi oleh wisatawan terutama para pelajar. Selain itu terkadang ada beberapa wisatawan internasional yang berkunjung untuk melihat koleksi kebudayaan Aceh dari zaman ke zaman. Selain lokasinya yang dekat dengan pusat kota, disekitar museum ini juga anda dapat berburu kuliner khas Aceh.
2.      
          Museum Malikussaleh
Museum ini berlokasi di lhok Seumawe, salah satu wilayah administrative provinsi Aceh. Musuem ini menyimpan koleksi yang beragam mulai dari heraldik, arkeologi, naskah kuno, peninggalan bersejarah, peninggalan kebudayaan, dll. Malikulsaleh merupakan salah satu pemimpin kerajaan di Aceh pada zaman dulu. Nama tersebut digunakan untuk mengenang jasa leluhur sehingga diingat para penerus dimasa-masa yang akan datang.

Museum Sepakat Segenap
Museum ini berada di Kotacane, sebuah kabupaten yang masih dalam wilayah provinsi Aceh dan berbatasan langsung dengan provinsi Sumatera Utara tepatnya kabupaten Dairi. Museum sepakat Segenap ini telah berdiri cukup lama sehingga menyimpan koleksi yang banyak seperti keramik asing, replika, peninggalan sejarah dan peninggalan seni rupa aceh yang terawat dengan baik.


Nah, bagi anda yang ingin lebih mengenal sejarah dan kebudayaan masa lampau Indonesia khusunya aceh, keberadaan museum diatas mungkin dapat mewujudkan keinginan anda. Sebab bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak akan pernah melupakan sejarah meski tak akan pernah terulang.

Antonius Naibaho
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net