Home » » Pariwisata Jawa Barat

Pariwisata Jawa Barat

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Thursday, February 20, 2014 | 8:11 PM


Sunda, pasti banyak yang tahu darimana suku ini berasal dan banyak ditemui. Yap... this is west java alias Jawa Barat. Provinsi ini ternyata adalah provinsi tertua di Indonesia dengan ibukota Bandung yang mana juga  kerap disebut Paris Van Java. Uniknya istilah paris ini juga disematkan kepada salah satu kota di Sumatera Utara yakni Medan dengan istilah Paris Van Sumatera. Bedanya ada pada akhirannya saja. :)

Sebagai sebuah provinsi tentu saja terdapat berbagai suku dan etnis yang bermukim di Jawa Barat, namun suku aslinya adalah Sunda. Banyak masyarakat yang tertarik dengan bahasa Sunda. Sampai sampai ada sebuah peribahasa lama yang kerap diutarkan orang sebagai falsafah "berbicaralah seperti orang Sunda, Berfikirlah seperti orang Batak dan bekerjalah seperti orang Jawa". 

Keanekaragaman budaya Indonesia sudah barang tentu menjadi potensi untuk kemajuan dibidang pariwisata, ada banyak tarian dan lagu tradisional jawa barat yang kerap dipentaskan di event-event. Listnya boleh dilihat dibawah ini nih.. :)

Lagu Tradisional Jawa Barat

  • lagu Bubuy Bulan, 
  • Manuk Dadali, 
  • Warung Pojok, 
  • Sapu Nyere Pigat Sampai,
  •  Pepeling,
  •  Peuyeum Bandung,
  •  Panon Hideung,
  •  Pileuleuyan,
  •  Neng Geulies,
  •  Nenun,
  •  Bajing Luncat, dll.
Tarian Tradisional Jawa Barat
  • Tari Topeng,
  • Tari Jaipongan,
  • Tari Merak, dll.
Perkembangan Meeting Industry (MICE) memang sangat signifikan dimana 20 % pendapat asli indonesia berasal dari bidang pariwisata ini. Tak terkecuali dengan Jawa Barat, Bandung berada pada urutan pertama untuk MICE terbaik di Indonesia. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari keberadaan kota Paris Van Java yang memiliki fasilitas lengkap untuk pelaksanaan event-event baik berskala nasional maupun berskala Internasional.

Tempat Wisata Di Jawa Barat

Kawah Putih Ciwidey Jawa Barat

Bila berbicara mengenai tempat wisata, maka potensinya tidak usah diragukan lagi. Beberapa destinasi wisata di Jawa Barat yang kerap dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun internasional diantaranya:
1. Bandung 
Kota Bandung yang dikenal sebagai kota Dingin mampu menarik minat wisatawan dengan mengunggulkan wisata belanja, Banyak wisatawan yang datang ke kota ini untuk menghabiskan waktu demi berbelanja. Selain itu sebagai ibukota provinsi, Bandung juga menjadi pusat kuliner dengan mengandalkan cita rasa dan aroma yang berbeda dengan daerah lainnya di Indonesia.

2. Kawah Putih Ciwidey
Kawah ini sangat terkenal dan mampu menyedot perhatian wisatawan, keindahan dan panorama menakjubkan merupakan pemandangan yang sangat menarik. Kawah Putih Ciwidey berasal dari hasil letusan patuha. Hal lain yang menjadi daya tarik wisatawan adalah warna air kawah putih Ciwidey yang kerap kali berubah warna, wow.... Wonderfull Indonesia.

3. Situ Patenggang
Bila Sumatera Utara memiliki danau terbesar di Asia Tenggara yang bernama Danau Toba, maka Jawa Barat juga memiliki sebuah danau eksotis nan indah dengan legenda yang unik. Danau ini bernama Situ Patenggang. Danau ini berada di kawasan Ciwidey, Bandung Selatan. Alkisah.... danau Situ Patenggang terjadi karena kisah percintaan dewi rengganis dan ki Santang *ada di salah satu TV swasta*. :D Salahd satu daya tarik danau Situ patenggang adalah pulau Asmara. Katanya nih barang siapapun baik tua, muda, atau cewek, cowok kalau berkunjung ke pulau Asmara maka akan mendapat kekasih sejati. Yuk yang jomblo buruaan. :P

4. Air Terjun Curug Cimahi
kalau denger nama Cimahi pasti kebayang sama pelawak yang sering nongol di TV, siapa lagi kalau bukan fitrop alias fitri tropika. :D Dengan ketinggian 87 meter air terjun ini ternyata air terjun terbesar dan tertinggi di daerah Bandung loh!. uniknya debit air yang jatuh volumenya tetap sama dan tidak melihat musim baik itu musim hujan ataupun musim kemarau.

5. Telaga Warna Bogor 
Okay, nama Telaga Warna mungkin sudah kerap kamu temukan dibuku IPS. Opsss.. usut punya usut ternyata telaga Warna itu ada dua bro! satu di Jawa Tengah tepatnya di daerah dataran tinggi dieng dan satu lagi di Jawa Barat. lokasinya berada di Bogor yang terkenal sebagai kota hujan tepatnya di kawasan hutan gunung Ambalang. Di Telaga warna cocok sekali untuk aktifitas outbond guys, karena sudah tersedia sarana dan prasarana yang cukup memadai. 
Share this article :
Facebook
1 Komentar
pariwisatasumut.net team

+ komentar + 1 komentar

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net