Home » » Pariwisata Sumatera Barat

Pariwisata Sumatera Barat

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Tuesday, February 18, 2014 | 9:01 PM


@Anthony_Riel Pariwisata Sumatera Barat

Sumatera Barat adalah sebuah provinsi beribukotakan Padang dan terletak di pulau Sumatera yang lebih dikenal dengan sebutan Pulau Andalas oleh wisatawan asing. Provinsi  yang berdiri pada 3 Juli 1958 silam ini berbatasan dengan Riau, Jambi, dan Bengkulu.
Pariwisata Sumatera Barat cukup berkembang dan diminati mengingat keadaan alam yang begitu indah, keberagaman budaya, ditambah dengan keberadaan dinas pariwisata setempat yang begitu gencar mengadakan promosi dan event-event pariwisata. Beberapa destinasi wisata di Sumatera Barat dapat anda lihat di laman yang telah saya tulis sebelumnya yang berjudul Tempat Wisata Sumatera Barat



Suku Di Sumatera Barat
Sumatera Barat dihuni oleh masyarakat atau penduduk asli dan juga suku pendatang. Penjajahan semasa kolonial menjadi penyebab keberadaan suku-suku lain di provinsi yang terletak pada 10 Lintang Utara - 3 0 Lintang Selatan dan 980 - 1020 Bujur Timur ini. Selain itu perpindahan penduduk dari provinsi lain juga menambah keberagaman suku di Sumatera Barat. Penduduk Sumatera barat mayoritas menganut agama Islam dengan persentase 98 %, Kristen 1,6 %, Hindu 0,32 % dan Budha 0,26 %.

Adapun suku-suku asli yang mendiami provinsi Sumbar adalah sebagai berikut:
-          Minangkabau
-          Guci
-          Jambak
-          Piliang
-          Caniago
-          Tanjung
-          Sikumbang
-          Koto
-          Pisang
-          Panyalai
-          Dll.

Berbicara tentang suatu suku, tentu saja tidak lepas dari kebudayaan mulai dari adat istiadat, pola hidup, sistem mata pencaharian, kerajinan tangan, tarian daerah, lagu daerah dan lainnya. Suatu suku dapat dikenal melalui pola-pola kebudayaan yang ditunjukkannya.

Wisata merupakan perjalanan yang dilakukan untuk mengetahui, mengenal dan melihat suatu objek lebih dekat. Keingintahuan seseorang terhadap budaya lain menjadi penyebab munculnya wisata budaya. Sebagai daerah yang memegang teguh kebudayaan turun temurun dari nenek moyang, wisata budaya Sumatera Barat adalah daya tarik tersendiri bagi banyak orang sehingga mendorong minat kunjungan wisatawan lokal maupun internasional ke provinsi yang terkenal dengan kulinernya ini.

Berikut beberapa hasil dari cipta, rasa dan karsa masyarakat suku Sumatera Barat yang masih dapat dilihat atau disaksikan hingga saat ini:

Lagu Daerah Asal Sumatera Barat
-          Ayam Den Lapeh
-          Bareh Solok
-          Paku Gelang
-          Dayung Palinggam
-          Mak Inang
-          Kambanglah Bungo
-          Malam Baiko
-          Kampuang Nan Jauh Di Mato
-          Kaparak Tinga
-          Mak Inang
-          Dll

Tarian Daerah Asal Sumatera Barat
-          Payung
-          Piring
-          Intang
-          Randai
-          Dll

Alat Musik Tradisional Sumatera barat
 Saluang
Alat musik ini merupakan ciri khas dari Sumatera Barat. Berbentuk seruling khas Minangkabau dan dimainkan dengan cara ditiup.
Telempong Pacik
Salah satu alat musik tradisional yang kerap digunakan saat upacara adat berlangsung pada masyarakat minang. Alat musik Sumatera Barat ini dimainkan dengan cara dipukul sehingga menghasilkan ritme yang terdengar unik dan khas.



Gunung Di Sumatera Barat
Anda pendaki? Menaklukkan gunung gunung di Indonesia dan mancanegara tentu saja menjadi keinginan besar. Keindahan gunung Rijani, Gunung Bromo tentu sudah kerap anda dengar atau bahkan menaklukkanya. Pulau Sumatera yang berada di jalur Bukit Barisan tentu saja menyebabkan keberadaan beberapa gunung di setiap wilayah provinsi yang terletak di pulau tersebut. Provinsi Sumatera Barat sebagai salah satu provinsi di Sumatera ternyata tidak hanya cocok dijadikan sebagai tempat wisata kuliner ternyata ada beberapa gunung yang pantas anda taklukkan. Berikut daftar gunung di Sumatera Barat.

Gunung Pasaman Sumatera Barat
Mencapai ketinggian 2.900 meter diatas permukaan laut menjadikan gunung Pasaman sebagai gunung tertinggi di Provinsi Sumatera Barat. Berada dikabupaten dengan nama yang sama yakni Gunung Pasaman. Gunung ini kerap dijadikan sebagai spot pendakian bagi para pendaki Alam.

Gunung Merapi Sumatera Barat
Gunung yang terletak di kabupaten agam ini adalah gunung tertinggi kedua setelah gunung Pasaman di provinsi Sumatera Barat. Memiliki ketinggian 2.891 meter diatas permukaan laut sehingga keindahan matahari saat terbit maupun saat kembali keperaduan sangat cocok disaksikan dari Gunung Merapi.

Gunung Singgalang Sumatera Barat
Sekedar informasi saja, nama Singgalang amat banyak digunakan sebagai nama produk di Indonesia mulai dari rumah makan, restaurant, hotel dan bahkan surat kabar. Nah… mungkin bagi anda yang pernah mendengarnya ada rasa penasaran darimana nama itu muncul. Nama-nama tersebut berasal dari sebuah gunung di Sumatera Barat yang bernama Singgalang. Berada di kabupaten Tanah Datar gunung ini berada diposisi ketiga tertinggi di Sumbar dengan jarak 2.877 km dari atas permukaan laut.

Gunung Pantai Cermin Sumatera Barat
Bila anda pernah ke Sumatera Utara tentu sudah tidak asing lagi mendengar Pantai Cermin di kabupaten Serdang Bedagai. Berbeda dengan Sumatera Barat, terdapat sebuah destinasi wisata yang cocok bagi anda para pendaki bernama Gunung Pantai Cermin. Terletak di kabupaten Pesisir Selatan dan kabupaten Solok yang berarti Gunung tertinggi ke 4 di Sumbar ini diapit oleh kedua kabupaten tersebut. Ketinggian gunung ini mencapai 2.690 meter dari atas permukaan laut.

Gunung Talang Sumatera Barat
Gunung Talang berada di salah satu kabupaten di Sumatera Barat yakni Solok. Sebuah wilayah yang kental dengan kebudayaan minangkabau. Gunung Talang memiliki ketinggian 2.597 meter dari atas permukaan laut. 

Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net