Home » , » Tempat Wisata Di Kabupaten Labuhan Batu

Tempat Wisata Di Kabupaten Labuhan Batu

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Sunday, March 16, 2014 | 8:00 PM

Rantau Prapat adalah ibukota dari kabupaten Labuhan Batu, kabupaten yang berada di wilayah provinsi Sumatera Utara ini memiliki destinasi wisata alam yang cukup diminati oleh wisatawan baik lokal maupun internasional. Beberapa destinasi wisata yang wajib anda sambangi bila berkunjung ke kabupaten Labuhan Batu diantaranya:

1. Air Terjun Linggahara
Air terjun ini terletak di kawasan bukit barisan yang mengitari kabupaten Labuhan Batu. Masyarakat banyak yang menyebutnya air terjun Baru namun ada juga menyebutnya air terjun Kembar. Lokasinya terletak di kelurahan Lobusona, kecamatan Rantau Selatan berjarak sekitar 20 km dari ibukota kabupaten dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Tarif masuk ke kawasan wisata Linggahara ini dikenai biaya retribusi Rp. 8.000 dan parkir kenderaan Rp.4.000. Air terjun Linggahara memiliki ketinggian sekitar 40 km. Selain itu suasana alami nan dingin begitu merebak ketika anda menginjakkan kaki, pemandangan hutan hijau juga menjadi daya tarik yang sangat indah. Terdapat beberapa joglo yang disediakan oleh pihak pengelola dengan sistem sewa. Air Terjun ini cocok dijadikan sebagai lokasi wisata keluarga di Rantau Prapat dan kabupeten Labuhan Batu. Sarana dan prasarana menuju lokasi wisata sangat terkelola dengan baik. Ada fasilitas untuk anak-anak juga, selain itu kolam-kolam pemandian yang tertata begitu apik juga menjadi alasan mengapa anda menyambangi tempat wisata ini.

2. Wisata Aek Buruh
Suguhan alam nan mempesona, hijau, dan menenangkan. Begitulah kata-kata yang pantas ditunjukkan untuk Wisata Aek Buruh yang terletak dikaki bukit barisan. Wisata Aek Buruh menjadi primadona bagi masyarakat Labuhan Batu karena selain jaraknya yang tidak terlalu jauh dari pusat ibukota sekitar 25 menit waktu tempuh, pengunjung juga dibebaskan dari biaya retribusi. Anda hanya perlu mengeluarkan uang jika hendak menyewa ban sebagai pelampung.




3. Wisata Pemandian Banyu Wangi
Membutuhkan waktu tempuh sekitar 30 menit dari kota Rantau Prapat, Banyu Wangi adalah destinasi wisata yang paling kerap dikunjungi oleh wisatawan. Lokasi yang tidak terlalu jauh dan keindahan alam menjadi alasannya. Pemandian Banyu Wangi berada di kawasan Aek Paing. Selain tempat menenangkan diri dan pemandian umum. Banyu Wangi juga terkenal sebagai lokasi memancing ikan terbaik di kabupaen labuhan Batu.





4. Pulau Sikantan
Pulau ini terletak di kecamatan Panai Tengah, kabupaten Labuhan Batu. Keunikan pulau ini terletak pada bentuknya yang mirip seperti kapal terbalik. Usut punya usut destinasi wisata Sikantan berasal dari sebuah legenda yang amat terkenal bagi masyarakat Labuhan tentang seorang pria yang durhaka dan akhirnya berubah menjadi pulau Sikantan. Pulau Sikantan terletak di muara sungai Barumun dan Sungai Bilah. Pulau Sikantan terkenal karena disekitar pantainya terdapat berbagai jenis ikan. Pulau Sikantan cocok dijadikan sebagai lokasi memancing, tumbuhan bakau yang dapat anda temukan disepanjang pantai adalah surga untuk mencari ikan. Pemandangan terindah akan anda saksikan saat matahari terbit dan matahari terbenam. Burung Camar seolah menggoda, menukik bermain-main diatas air. Saat anda tengah berdiri diatas pulau, hal menakjubkan yang akan anda rasakan adalah perasaan tengah berdiri diatas ban. Terayun-ayun seolah pulau ini mengapung tanpa bersinggungan langsung dengan tanah didasar laut.

5. Wisata Gunung Gajah dan Liontin
Lokasi wisata ini letaknya berdekatan memerlukan waktu sekitar 50 menit bila ditempuh dari Rantau Prapat. Selain itu alasan mengapa daerah wisata ini kerap dikunjungi karena tidak adanya biaya retribusi. Meski berada diareal perkebunan, wisata Gunung Gajah dan Liontin masih terjaga dengan baik, letaknya berada di desa Firdaus, kecamatan Selang Kita. Terpadat permandian yang dibuka secara umum, suguhan air nan jernih seolah mengajak anda untuk segera terjun dan datang untuk menghampirinya. (Antonius Naibaho)
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net