Home » , » Atraksi Budaya Di Sumatera Utara

Atraksi Budaya Di Sumatera Utara

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Wednesday, August 20, 2014 | 1:01 PM

TravelingMedan/Culture/Antz - Halo travelers!! berwisata budaya tentu sangat menyenangkan, selain belajar tentang kebudayaan sendiri anda juga akan dibawa menyelami kebudayaan orang lain yang berbeda dari kita. Wisata budaya adalah suatu wujud kecintaan kita terhadap peradaban dunia sekaligus menghanyutkan anda mencintai sejarah. Wisata Budaya dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah berkunjung ke destinasi wisata yang kental dengan atraksi budaya. Kali ini saya akan membawa anda menjelajah Sumatera Utara dan mengenal kekayaan di negeri sendiri:

Berikut atraksi budaya di Sumatera Utara


1. Hombo Batu
Lebih dikenal dengan sebutan Lompat Batu. Nias tepatnya di Teluk Dalam merupakan asal muasal dari atraksi ini. Menurut beberapa sumber, atraksi Lompat Batu adalah suatu ritual untuk menemtukan seorang anak lelaki sudah layak disebut dewasa atau belum. Hombo Batu, begitulah orang Nias menyebutnya. Melompati gundukan batu setinggi 2 M, pria-pria Nias berusaha untuk melewati batu-batu tersebut.


2. Mangokkal Holi
Kebudayaan Batak di Sumatera Utara telah menarik banyak minat peneliti, jauh semenjak masa penjajahan. Mangokkal Holi (mengambil tulang-tulang orang yang sudah meninggal dari kuburan dan menempatkannya di dalam tugu) dapat ditemukan dibeberapa kabupaten di SUMUT yang mana mereka masih memegang teguh tradisi Mangokkal Holi. Semua etnis Batak yakni Toba, Mandailing, Karo, Simalungun dan Angkola melakukan budaya turun temurun ini untuk menghormati orang-orang yang sudah meninggal. 


3. Kenduri Laut
Kenduri Laut dapat anda saksikan di pesisir Sumatera Utara, tepatnya di kawasan kabupaten Tapanuli Tengah. Kini ritual budaya ini telah dijadikan sebagai salah satu event tahunan yang diadakan secara rutin untuk mendatangkan wisatawan ke kabupaten yang terkenal dengan wisata baharinya ini. Kenduri Laut merupakan cerminan dari rasa syukur terhadap anugerah sang pencipta. 

Nah bagi kamu yang ingin menikmati wisata budaya tersebut, silahkan atur jadwal dan jangan lupa untuk follow akun sosial media kami di twitter @pariwisataSUMUT untuk update mengenai jadwal pelaksanaan event-event diatas. (Antonius Naibaho)
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net