Home » , , » Menelusuri Museum Situs Kota Cina Di Medan Marelan

Menelusuri Museum Situs Kota Cina Di Medan Marelan

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Friday, August 29, 2014 | 12:46 PM


Medan, semenjak dulu sudah menjadi salah satu tujuan bagi para pedagang yang datang dari berbagai negara seperti arab, cina dan eropa. Sejarah tersebut semakin terkuak ketika para ilmuwan menemukan situs Kota Tua Cina, berada di kecamatan Medan Marelan Sumatera Utara.

History
Banyaknya penemuan benda-benda keramik di kawasan Danau Siombak membuat banyak para peneliti mulai tertarik untuk mengadakan explorasi sejarah tentang kota Medan. Hal tersebut semakin terkuak ketika sebuah arca kuno ditemukan oleh pekerja, tepatnya saat penggalian tanah menggunakan alat berat untuk pembangunan jalan tol Belmera (Belawan, Medan dan Tanjung Morawa) pada tahun 1986.

Bukti Sejarah Kota Tua Cina
Penelitian dan penggalian masih terus dilakukan oleh para ahli, penemuan yang sudah didapatkan membuktikan bahwa adanya kerajaan besar dan makmur di Medan Marelan dahulu kala. Para imigran etnis Tiongkok merupakan penduduk mayoritas kerajaan tersebut. Penemuan-penemuan ahli tersebut juga membuka cakrawala dan cerita Medan tentang betapa besarnya kota Tua cina, memiliki bandar transit dan perdagangan internasional dahulu kala. Terkuburnya kota Tua Cina disebabkan oleh beberapa hal, praduga mengenai terjadinya tsunami, penyebaran agama islam dan peperangan menjadi 3 penyebab yang sampai sekarang masih sebatas argumentasi. 


Museum Situs Kota Cina
Untuk menunjukan keberadaan dan sebagai bukti, kini telah berdiri sebuah bangunan bernama: Museum Situs Kota Cina. Didalam museum anda dapat melihat berbagai macam benda-benda kuno, kesemuanya identik dengan kebudayaan china. Peninggalan tersebut berupa Artefak, kapal kuno, guci, manik-manik kaca, arca dll. 

Bagi anda yang hendak menelusuri jejak kebudayaan cina di Medan, datanglah ke museum tersebut. Berwisata sejarah dapat membuat kita lebih menghargai hidup, bangsa yang besar adalah bangsa yang tak lupa akan sejarah. Salam Peduli Pariwisata Medan. (By: Lia N)

Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net