Home » , , » Pariwisata Pakpak Bharat

Pariwisata Pakpak Bharat

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Monday, August 4, 2014 | 6:02 PM

 pariwisataSUMUT.Net - Pakpak Katih Tah Pong, demikian salah satu lirik dari lagu Pakpak yang cukup terkenal. Mungkin tidak banyak orang tahu dimana sebenarnya Pakpak Bharat berada. Atau bahkan ada juga yang berasumsi bahwa Pakpak Bharat adalah Kabupaten Dairi. Pakpak Bharat awalnya masuk kedalam wilayah kabupaten Dairi, yang telah memisahkan diri dan membentuk pemerintahan otonom. Seperti namanya, penduduk kabupaten ini mayoritas bersuku etnis Pakpak. 

Pariwisata Kabupaten Pakpak Bharat berfokus pada pemberdayaan wisata alam. Keindahan Bukit Barisan yang mengelilingi Pakpak Bharat memberikan kontribusi besar terhadap pengembangan pariwisatanya. 

Berbicara mengenai kuliner Pakpak bukanlah hal gampang untuk ditemukan, terutama kuliner khas yang kerap digunakan sebagai salah satu komponen ritual adat-istiadat Pakpak. Hal tersebut sehubungan dengan fungsi dan makna dari makanan itu sendiri yang mereka anggap suci. Jadi bagi anda yang ingin mencicipi, berkunjunglah ketika ada pesta adat yang diselenggarakan. 

Kebudayaan Pakpak berbeda dengan kebudayaan lainnya di Sumatera Utara, meski terdapat beberapa persamaan seperti kebudayaan Batak pada umumnya. Bahasa penduduk setempat adalah bahasa Pakpak.

Akses menuju Pakpak Bharat dapat ditempuh melalui kota Medan, kabupaten Samosir dan juga dari Aceh. Situasi jalan di kabupaten Pakpak Bharat cukup memuaskan, tetapi anda harus berhati-hati karena kelokan yang tajam akan kerap anda temui. (Lia Nezha)
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net