Home » , » Budaya Batak di Museum TB Silalahi Center

Budaya Batak di Museum TB Silalahi Center

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Tuesday, September 16, 2014 | 7:38 AM


Kebudayaan Batak sudah menarik minat peneliti sejak lama, berbalut keindahan dan pesona danau Toba, inilah kawasan kebudayaan Batak yang paling terkenal seperti Samosir, Humbahas, Tapanuli Utara dan juga Toba Samosir. Medan boleh dikatakan sebagai tanah Melayu, tetapi di Medan juga banyak masyarakat etnis Batak yang berdiam diri di kota terbesar ketiga tersebut. Namun taukah anda bahwa museum Batak terbesar di dunia ada di kabupaten Toba Samosir, ia bernama Museum TB Silalahi Center.

Lokasi
Museum TB Silalahi terletak di Jalan Pagar Batu No 88 Balige - kab Toba Samosir (Tobasa)

Rute
Medan - Siantar - Balige

Sejarah
Sejarah Museum TB Silalahi didasarkan atas keinginan sang pendiri untuk melakukan pelestarian terhadap kebudayaan Batak. Museum ini kemudian dikembangkan sebagai salah satu pusat penelitian, eksitensi dan membentuk karakter masyarakat Batak. Didirikan pada tanggal 07 Agustus 2007.


Perkembangan Museum TB Silalahi
Museum TB Silalahi pada awalnya hanya terdiri dari 1 buah bangunan saja dimana didalamnya terdapat dua bagian penting yakni bagian pertama yang menampilkan kebudayaan Batak dan bagian kedua yang menampilkan biografi TB Silalahi, sang pendiri museum. Pada tanggal 18 Januari 2014, museum TB Silalahi diresmikan oleh bapak presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono seiring dengan pengembangan museum. Pada tahun 2014 museum ini mendapat penghargaan sebagai museum swasta terbaik tingkat nasional mengalahkan beberapa museum di Indonesia. Sebuah penghargaan yang layak diapresiasi. 


Review
Memasuki area pintu museum, anda akan disambut dengan bentuk bangunan modern namun masih dihiasi dengan lukisan gorga, Terdapat sebuah monumen/patung TB Silalahi di bagian depan bangunan selain itu terdapat juga Mortir (Meriam) sebagai perwujudan dari perjuangan rakyat Batak yang melawan para penjajah. Di bagian dalam terdapat artefak dari kebudayaan Batak yang berasal dari puak-puak batak seperti: Puak Toba, Puak Pakpak, Puak Karo, Puak Simalungun, Puak Mandailing, dll. 

Menjelajah areal Museum, anda akan menemukan perkampungan Batak yang sangat kental, dimana rumah tradisional Batak Toba terlihat megah dengan ukiran-ukiran Gorga. Bagi anda yang tertarik melihat patung menari, disini juga terdapat patung Sigale-gale. 

Jumlah koleksi di area Museum TB Silahi center terdiri dari beberapa bagian, di dalam gedung museum terdapat 1010 koleksi. Museum Batak outdoor sejumlah 49 koleksi. Sejarah TB silalahi indoor sejumlah 2648 koleksi sedangkan jumlah koleksi outdoor TB Silalahi sebanyak 5 koleksi.

Museum ini cocok sebagai wisata edukasi/pendidikan dan wisata Budaya. Terlebih bagi anda yang ingin mendalami kebudayaan Batak dari puak-puak yang terhimpun didalamnya. Enjoy Toba Samosir, Salam Peduli Pariwisata Sumut (By: Antonius Naibaho)
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net