Home » , , » Menelusuri Heritage Batu Lobang Di Tapanuli Tengah

Menelusuri Heritage Batu Lobang Di Tapanuli Tengah

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Saturday, September 13, 2014 | 9:12 PM


Situs peninggalan sejarah di kabupaten Tapanuli Tengah, ia diberi nama Batu Lobang. Sebuah tempat wisata yang biasanya dilewati bila anda tengah memutar kemudi melalui rute Medan - Sibolga - Tapteng. Banyak pengunjung bahkan masyarakat tidak tahu mengenai sejarah Batu Lobang, ia laksana tertutupi begitu saja.

Lokasi
Batu Lobang berada di dusun Simaninggir desa Bonan Dolok kecamatan Sitahuis.

Aksesibilitas
Jarak dari Sibolga ke Batu Lobang sekitar 5 km dengan waktu tempuh sekitar 18 menit
Jarak dari Pandan ke Batu Lobang sekitar 7 km dengan waktu tempuh sekitar 22 menit


Sejarah
Simpang siur mengenai tahun pembangunan Batu Lobang belum terpecahkan hingga saat ini, Beberapa sumber mengatakan bahwa Batu Lobang dibangun pada tahun 1900, namun ada juga yang mengatakan pembangunan lubang bersejarah ini dimulai pada 1903. Intinya adalah, tempat ini merupakan saksi bisu dari perjuangan rakyat Tapanuli dimasa penjajahan kolonial Belanda, Pembukaan jalan menuju Tarutung, dimana dahulunya menjadi pusat keresidenan Tapanuli adalah tujuan dari kolonial Belanda. Selain itu penumpasan para pahlawan kemerdekaan juga bagian dari keputusan Belanda untuk memaksa rakyat Tapanuli bekerja secara rodi membuka akses jalan tersebut. Tak ayal lagi, banyak rakyat menjadi korban, wafat, dan meninggalkan sejarah untuk kita berkaca.

Jalur Tembus Batu Lobang Ke Tapteng
Review
Terdapat dua terowongan yang diberi nama Batu Lobang, memiliki panjang berbeda dengan jarak pemisah sekitar 40 meter. Terowongan terkecil memiliki panjang sekitar 8 meter sedangkan terowongan besar memiliki panjang sekitar 30 meter. 

Sejarah pembangunan Batu Lobang masih dapat anda saksikan melalui relief-relief bangunan yang berada di sekitar terowongan tersebut. Kondisinya belum terawat secara maksimal. Salah satu program dari dinas Pariwisata Tapanuli Tengah adalah membangun kawasan tersebut menjadi salah satu destinasi wisata heritage dengan melalukan terobosan-terobosan baru dengan konsep berbeda sehingga menarik minat wisatawan yang berkunjung ke Tapanuli Tengah maupun ke Sibolga.

Air Terjun Batu Lobang

Disisi Batu Lobang, terdapat beberapa objek wisata lainnya. Air Terjun Batu Lobang, diperkirakan memiliki tinggi sekitar 100 meter dari permukaan tanah, adalah pemandangan yang amat menakjubkan. Dibalik itu masih tersimpan view eksotis di negeri sejuta pesona ini yang sudah populer sejak lama, Tapian Nauli. Dari kejauhan anda dapat menikmati pemandangan Samudera Hindia, pulau-pulau yang lebih dari 27 buah seolah mengajak anda untuk menjadi sahabat mereka, suatu keharusan. Anda tertarik? segeralah menyiapkan segala sesuatunya yang berkaitan dengan perjalanan anda, nikmati sejuta manikam pariwisata Sumatera Utara, Salam Peduli Pariwisata Sumut (Text Antonius Naibaho)
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net