Home » , , » Tuak Nias

Tuak Nias

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Monday, September 1, 2014 | 5:15 PM


TMC/Culinary/Antz - Tuak Nias, seusai dengan namanya, Tuak merupakan minuman khas dari pulau Nias yang mengandung alkohol tinggi dan hanya terdapat di Nias saja, minuman ini kerap dijadikan sebagai buah tangan oleh orang kebanyakan. Di Nias, minuman ini disebut Tuo Nifaro (Tuak Suling).

Cara pembuatan Tuak Nias dilakukan melalui tahap penyulingan, jadi jangan kaget bila tuak ini terlihat sangat bening seperti air mineral dan sedikit sulit dibedakan, Minuman ini berasal dari getah kelapa muda sehingga berbeda dengan Tuak Batak atau Tuak Tapanuli. Minuman ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit stroke dan diabetes. Tuak Nias asli biasanya mengandung alkohol hingga mencapai 90 %. Jadi bagi anda yang ingin coba-coba, silahkan diminum dengan porsi sedikit saja. 

Kini Tuo Nifaru alias Tuak Nias sudah langka dan sulit untuk ditemukan karena harga saing dan peredararan hard drink bermerek di Nias menyaingi Tuo Nifaro. Tuak Nias biasanya dihidangkan saat penyambutan tamu penting, selain itu minuman khas ini juga menjadi minuman khusus pada saat acara-acara adat Nias baik suka maupun duka.

Khasanah kuliner tradisional memang tak jarang menumbuhkan spekulasi, ada yang mendukung dan ada pula yang justru sebaliknya. Begitu juga dengan minuman ini. Alangkah baiknya bila kita menyikapi dengan cara yang bijaksana. Kebudayaan turun temurun warisan dari pendahulu, tidak mungkin kita lupakan begitu saja, bukan? (Text: Antonius Naibaho Foto Yafaowoloo Gea)
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net