Home » , , , , » Wonderful Indonesia, Inilah Pantai Tureloto Nias

Wonderful Indonesia, Inilah Pantai Tureloto Nias

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Tuesday, September 2, 2014 | 2:51 PM


Berkunjung ke Nias sudah tentu tidak akan puas bila melewati tempat-tempat wisata bahari seperti pantai dan pulaunya. Ada banyak pilihan destinasi di Nias sebagai tempat berwisata. Salah satunya adalah Pantai Tureloto yang terkenal dengan serba-serbi keunikan.

Lokasi
Desa Balefadorotuho, Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara

Rute
Medan - Gunung Sitoli - Lahewa - Desa Balefadorotuho

Retribusi
Tidak dikenakan biaya masuk hanya biaya penggunaan kamar mandi

Fasilitas
Rumah makan/restaurant, speed boat, penyewaan alat snorkeling/diving dan kamar mandi.


Akses dan Transportasi
Transportasi dari Nias menuju Nias Utara dapat menggunakan transportasi laut dan transportasi udara. Transportasi Udara dengan Pesawat dari Kuala Namu International Airport menuju Bandara Bhinaka di Gunung Sitoli. Perjalanan dari Gunung Sitoli dilanjutkan ke Kabupaten Nias Utara tepatnya desa Balefadorotuho dengan menggunakan transportasi darat moda roda dua maupun empat.

Review
Pantai Tureloto Nias, dikenal sebagai Laut Mati Versi Indonesia, oleh karena itu pula banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung dan menyaksikan secara langsung. Bila anda menyelam, anda akan kembali mengapung karena kadar garam di lokasi wisata Nias Utara ini cukup tinggi. Berbeda dengan pemandangan pantai secara umum, Tureloto menyuguhkan karang-karang dan bukan pasir putih seperti pantai lainnya di Indonesia. Karang tersebut terbentuk karena musibah tsunami beberapa tahun silam, tepatnya di tahun 2005 yang menyebabkan perubahan kontur bawah laut di sekitar Tureloto. Anda juga dapat menyaksikan keindahan terumbu karang, ikan hias dan pesona surga bawah laut lainnya dengan cara ber-snorkeling atau juga diving karena ombak di sekitar pantai Tureloto amatlah tenang. Hanya sedikit pantai di Nias yang tidak berombak seperti Tureloto dan Baholo. 


Menikmati suasana sunset dan sunrise seraya memandangi laut lepas Samudera Hindia di Tureloto akan membuat anda berdecak kagum. Kejernihan air berpadu dengan sinar matahari memantulkan gradiasi warna yang amat indah. Bila di siang hari, tanpa menggunakan alat snorkeling dan diving anda dapat melihat ribuan ikan hias bermain-main diantara terumbu karang dengan mata telanjang. (Text: Antonius Naibaho Foto: Indri Juwono dan Enoni Org)
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net