Widget HTML Atas

30 Tarian Tradisional dari Sumatera Utara

Tari Tradisional Sumatera Utara - Sumut sebagai sebuah provinsi yang penduduknya berasal dari berbagai suku dan etnis memiliki khasanah budaya cukup beragam. Sebagai unsur dari budaya, tari tradisional merupakan lambang dan identitas yang tidak dapat dipisahkan dari suatu suku etnis.

Ada banyak jenis tari tradisional dari Sumatera Utara yang kerap dipertontonkan di berbagai acara resmi. Namun, ada juga yang hanya ditampilkan saat menjalani prosesi adat/ritual tertentu. Tari-tarian khas Sumut tersebut berasal dari Suku Batak Toba, Karo, Mandailing, Angkola, Pakpak serta Melayu dan Nias

tarian tradisional dari sumatera utara
Tidak jauh berbeda dengan seni tari lainnya di Tanah Air, gerakan tubuh para penari selalu diiringi juga dengan lagu atau tarian. Namun, ada baiknya jika kita memahami arti dan makna dari tari tradisional/adat agar tidak melenceng atau menyalahi pakem adat-istiadat itu sendiri yang telah diwariskan dari masa ke masa.

Pengertian Tari Tradisional
Tari tradisional merupakan gerakan teratur/tidak teratur dengan melibatkan sebagian atau seluruh tubuh yang mengandung makna dan merupakan warisan turun-temurun dari nenek moyang suatu suku/etnis.

Fungi Tari
Dilihat dari fungsinya, tari memiliki makna dan tujuan berbeda seperti pemujaan, penyambutan tamu kebesaran, suka maupun duka. Fungsi tari juga dipandang sebagai komunikasi non verbal dengan melibatkan kemampuan penari untuk menyampaikan pesan melalui gerakan yang sarat akan nilai-nilai estetika dan juga identitas

Merujuk pengertian diatas, maka ada banyak jenis tari-tarian tradisional dari Sumatera Utara yang kerap juga disebut Sumut. Seiring perkembangan zaman dan kebutuhan, tarian tradisional juga banyak mengalami perubahan baik melalui gerak, pakaian maupun musik pengiring yang digunakan.

Nah, berikut ini adalah 30 tarian tradisional dari Sumatera Utara berdasarkan suku/etnis dari mana mereka berasal:

1. Tarian Tradisional Batak Toba
toba traditional dance
Dalam bahasa Batak, tari disebut tortor. Suku Batak Toba berasal dari Kabupaten Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan dan Tobasa yang pada umumnya berdiam di sekitar kawasan Danau Toba. Suku Batak memiliki tarian yang cukup banyak dengan beragam fungsi, diantaranya:
- Tortor Sawan Panguras
- Tortor Somba
- Tortor Tunggal Panaluan
- Tortor Sipitu Sawan

2. Tarian Tradisional Karo
tari adat karo
Etnis Karo mendiami dataran di Sumatera Utara yang masuk ke dalam wilayah administratif Kabupaten Karo. Tari tradisional Karo juga amat beragam dan memiliki fungsi berbeda. Tari dalam bahasa Karo disebut landek.

Ulasan lengkap mengenai seni tari Etnis Karo dapat kamu baca di artikel berikut: 8 Tari Tradisional dari Etnis Karo Paling Terkenal, Landek Kita Yah!

Beberapa tarian adat Karo di antaranya:

- Kuda Kuda
- Gundala Gundala
- Mulih Mulih
- Baka
- Begu Delleng
- Muncang
- Piso Surit
- Guro Guro Aron

3. Tari Adat Mandailing
mandailing dancer
Etnis Mandailing mendiami wilayah administratif Kabupaten Mandailing Nata;, Padang Lawas dan juga Tapanuli Selatan. Berbagai jenis kebudayaan lokal di kabupaten ini telah mengalami perubahan dan disesuaikan dengan norma-norma agama.

Berikut ini 4 jenis tarian tradisional Mandailing:
- Endeng Endeng
- Tortor Naposo Bulung
- Terang Bulan

4. Tari dari Simalungun
tari adat simalungun
Etnis Simalungun mendiami wilayah Kota Pematangsiantar dan juga Kabupaten Simalungun. Tari dalam Bahasa Simalungun adalah tortor. Seni tari tradisional dari Kabupaten Simalungun identik dengan makna-makna kehidupan masyarakat Simalungun, tidak sedikit juga yang didasarkan atas suatu legenda.

Apa saja sih tarian adat dari Etnis Simalungun ini?, berikut di antaranya:
- Toping Toping
- Manduda
- Tortor Somba
- Haroan Bolon
- Manduda

5. Tarian Tradisional Pakpak
tarian adat pakpak
Etnis Pakpak mendiami wilayah Kabupaten Dairi dan Pakpak Bharat. Pakpak memiliki khasanah tarian tradisional yang identik dengan pola kehidupan sehari-hari suku Pakpak. Tari tradisional Pakpak kerap ditampilkan dalam acara adat maupun acara biasa.

Tari dalam Bahasa Pakpak disebut Tatak, artikel lengkap mengenai unsur budaya Pakpak ini dapat kamu baca di: Inilah 11 Tari Tradisional Etnis Pakpak yang Perlu Kamu Ketahui nah berikut 5 tarian adat paling populer dari Etnis Pakpak:
- Tatak Menapu Kopi
- Tatak Garo Garo
- Dembas Simanguda
- Tatak Muat Page
- Tatak Renggisa

6. Tarian Tradisional Nias
nias dance
Nias merupakan suku yang mendiami kepulauan Nias, kini telah dibagi kedalam beberapa kabupaten seperti Nias Utara, Nias Selatan, Nias Barat, dan Nias. Kesenian tradisional Nias telah menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Beberapa jenis tarian dari Nias seperti:
- Balanse Madam
- Perang
- Maena
- Moyo

Tarian Tradisional Melayu
tari adat melayu
Suku Melayu mendiami sebagian besar daerah pesisir Sumatera Utara seperti di Kabupaten Serdang Bedagai, Kota Medan, Kabupaten Langkat dan Kabupaten Batubara. Suku Melayu juga memiliki berbagai macam jenis kesenian yang memperkaya kebudayaan Sumatera Utara. Beberapa jenis tarian dari Suku Melayu seperti:
- Serampang Dua Belas
- Makyong
- Kuda Kepang
- Inang

Merupakan suatu kewajiban bagi setiap masyarakat terutama yang berasal dari setiap suku etnis tersebut untuk mempertahankan dan melestarikan kebudayaan. Salam Peduli Pariwisata Sumut. (AN/PSN)