Home » , , , » 7 Gunung Di Sumatera Utara

7 Gunung Di Sumatera Utara

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Wednesday, November 26, 2014 | 9:08 AM


PariwisataSUMUT.net - Memiliki kontur wilayah Bukit Barisan, Sumatera Utara memiliki beberapa gunung yang menarik untuk didaki. Gunung-gunung tersebut tersebar di kabupaten seperti Karo, Mandailing, Tapanuli Selatan dan Pakpak Bharat. Gunung-gunung tersebut sangat layak untuk didaki, Agar para travelers yang suka berpetualang dapat merasakan nikmatnya berjuang menelusuri titik-titik tertinggi di Sumut maka kami coba menghimpun daftarnya:

Gunung Sibuaten
Sibuaten adalah gunung tertinggi di Sumatera Utara yang sudah tidak aktif lagi, berada di Kabupaten Karo tepatnya di Kecamatan Merek, view eksotis nan menggoda akan membuat anda betah berlama-lama disini. Para petualang Sumut dan juga dari daerah lain mulai mneggilai gunung setinggi 2457 meter diatas permukaan laut ini. Rute menuju Gunung Sibuaten dapat melalui Medan - Kabanjahe - Merek - Gunung Sibuaten dengan menghabiskan waktu sekitar 4 jam perjalanan darat dan 4-5 jam pendakian.

Gunung Sinabung
Ketinggian Gunung Sinabung mencapai 2469 meter diatas permukaan laut, Sinabung adalah gunung favorit para pendaki hingga kemudian bencana meletusnya membuat para pendaki harus menahan diri. Untuk mencapai lokasi, Gunung Sinabung terletka di Kabupaten Karo, menempuh perjalanan dari Kota Medan dengan menghabiskan waktu sekitar 3 jam, dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju puncak gunung sekitar 4 jam perjalanan.
Gunung Sorik Marapi
Sorik Marapi terletak di Kabupaten Mandailing Natal, keindahan dari Sorik Marapi telah banyak digilai oleh pendaki. Terdapat danau berwarna biru di kawah gunung sehingga Sorik Marapi kerap juga disebut Danau Tertinggi Di Sumatera Utara. Membutuhkan waktu sekitar 22 jam perjalanan dari dari Kota Medan dengan melalui rute Medan - Siantar - Padang Sidempuan - Gunung Sorik Marapi. Perjalanan darat membutuhkan waktu sekitar 5 jam dengan suguhan alam dan kehidupan pedesaan.

Gunung Sibayak
Familiar sebagai lokasi pendakian teraman untuk pemula, Sibayak menjadi surga bagi para pendaki baik domestik maupun internasional. Berada pada ketinggian 2.212, Sibayak semakin populer ketika Gunung Sinabung dilarang untuk di daki. Akses menuju gunung Sibayak cukup memadai, Membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari Kota Medan, perjalanan dari Kota Berastagi ke Gunung Sibayak memakan waktu sekitar 3-4 jam perjalanan.

Gunung Simpon
Simpon merupakan gunung yang sudah tidak aktif lagi, berada di perbatasan Kabupaten Pakpak Bharat dan Kabupaten Humbang Hasundutan. Gunung Simpon menjadi surga dari berbagai jenis flora dan fauna yang langka. Salah satu tradisi menarik disini adalah kewajiban untuk mencuci muka di mata air kecil bernama Lae Eluh Berru Tinambunen. Dari puncak Gunung Simpon anda dapat menyaksikan keindahan landscape Kabupaten Pakpak Bharat.

Gunung Sibual-Buali
Nama Sibual-Buali mungkin sudah kerap terdengar oleh anda, apalagi bila anda berdomisili di Sumatera Utara. Gunung Sibual-Buali memiliki ketinggian sekitar 1819 dari atas permukaan laut. Sibual-Buali memiliki keunikan tersendiri apabila dibandingkan dengan ke 6 gunung lainnya di Sumut yakni keberadaan Haritte. Untuk mencapai gunung Sibual-Buali, anda membutuhkan waktu sekitar 20 jam perjalanan dari Kota Medan,dengan rute Medan - Sipirok dilanjutkan perjalanan menuju Sibual-Buali sekitar 2 jam.

Gunung Lubuk Raya
Lubuk Raya berada pada ketinggian 1618 dari atas permukaan laut. Gunung ini sama seperti Gunung Lubuk Raya yang berada di Kabupaten Tapanuli Selatan. Keindahan panorama Lubuk Raya memang benar-benar memukau. Perjalanan dapat ditempuh melalui rute Kota Medan - Sipirok - Lubuk Raya dengan menghabiskan waktu sekitar 20 jam perjalanan menggunakan transportasi dan 3 perjalanan menuju puncak Gunung Lubuk Raya.
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net