Widget HTML Atas

Wisata Air Terjun Si Pitu Tikka Hatonduhan di Simalungun

Menarik rasanya bila melakukan kegiatan explor terhadap objek-objek wisata di Sumatera Utara, salah satunya adalah di kabupaten Simalungun yang notabene adalah "hidden paradise" bernama Air Terjun Sipitu Tikka di kecamatan Hatonduhan.

Air terjun Sipitu Tikka, satu dari dua air terjun yang berdekatan. Keindahan panorama dan begitu mengagumkan dari ciptaan Tuhan di tanah Simalungun. Sesuai dengan namanya yang diambil dari Bahasa Simalungun, Sipitu Tikka berarti Tujuh Tingkatan. Penamaan ini sesuai dengan kondisi yang ada di lokasi, air terjun bergemuruh melewati tujuh tingkatan.


Lokasi dan Rute

Air terjun Sipitu Tikka berada di Desa Buntu Turunan - Tanah Jawa - PLTMH Silau Lau (lokasi) Kabupaten Simalungun. Untuk mencapai objek wisata yang satu ini, bila anda berangkat dari kota Medan maka sila melanjut perjalanan ke Pematang Siantar. Dari kota Roti Ganda ini perjalanan menghabiskan waktu sekitar kurang lebih 2 jam.

Artikel menarik lainnya terkait Pariwisata Simalungun:
Legenda Tersembunyi di Balik Objek Wisata Batu Gantung di Parapat
Tangkahan Bah Alip di Simalungun yang Memesona

Aksesibilitas
Perjalanan menuju Air Terjun Sipitu Tikka dapat ditempuh menggunakan transportasi moda roda dua dan roda empat. Jalan dari kota Pematang Siantar menuju objek wisata akan sedikit mengganggu karena kondisinya yang masih belum memadai.

What To See
Keindahan alam yang memukau di Air Terjun Sipitu Tikka memang luar biasa, selain karena jarang dikunjungi oleh wisatawan dan juga karena tempat ini bukanlah objek wisata yang dibuka untuk umum adalah alasan mengapa keasriannya masih terjaga dengan sangat alami.

Pemandangan eksotis nan memanjakan mata, tetapi membutuhkan pengorbanan yang wow juga setelah menghadapi perjalanan yang menguras tenaga. Keindahan panorma alam dengan suguhan dua air terjun berdekatan yang menyegarkan mata sehingga anda dijamin akan betah berlama-lama di objek wisata di Simalungun yang satu ini.

Terdiri dari tujuh tingkatan, gemericik air yang melewati bebatuan terdengar begitu riuh. Di sela-sela aliran air terdapat beberapa jenis tumbuhan yang seolah-olah memberi asumsi betapa kuatnya pohon tersebut untuk tetap bertahan diantara derasnya air yang mengalir. Salam Peduli Pariwisata Sumut (Text: Lia N - Foto: Adelina Tampubolon)