Home » , , » Dibalik Lezatnya Durian Medan

Dibalik Lezatnya Durian Medan

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Sunday, November 23, 2014 | 12:25 PM


Durian Medan adalah makanan paling banyak dicari oleh mereka yang datang ke Kota Medan. Fakta ini mendongkrak perkembangan ekonomi kreatif di Sumatera Utara. Berbagai olahan berbahan dasar buah yang dapat ditemukan di seluruh daerah di Sumut ini merajai kuliner Medan seperti pancake durian. Sentra penjualan pun semakin berkembang, Durian Medan dapat ditemukan di Jakarta, Bandung dan kota-kota besar lainnya.

Kini Buah Durian dapat anda temukan di beberapa titik lokasi di Kota Medan seperti di Jalan A.H Nasution, Iskandar Muda dan Glugur By Pass. Bila anda tidak ingin repot-repot, kini beberapa toko secara khusus menjual Durian Medan telah banyak dibuka seperti Durian Ucok dan Durian House Medan.

Sejarah Kampung Durian Medan bukanlah asal dari buah berkulit duri ini meski tidak dapat dipungkiri lagi bahwa pada tahun 1976 Kampung Durian Medan adalah hutan yang ditumbuhi pohon Durian. Lalu darimanakah buah tersebut berasal?. Positioning dari kata "Medan" memang lebih kuat bahkan bila dibandingkan dengan kata Provinsi Sumatera Utara. Contoh sederhana saja, pada situs pencarian google icon pariwisata Sumatera Utara akan selalu disandingkan seperti Danau Toba Medan. 

Dari 32 kabupaten, sentra penghasil buah Durian di Sumatera Utara adalah Kabupaten Langkat, Tapanuli Tengah, Kabupaten Dairi, Kabupaten Tapanuli Selatan dan Kabupaten Simalungun. Ke 32 kabupaten tersebut menjadikan Sumatera Utara menjadi sentra penghasil buah durian terbesar di Indonesia. Durian Tapanuli Tengah ( Tapteng ) dihasilkan dari lahan seluas 1.722 hektar. Durian Langkat dihasilkan dari 850 hektar. Durian Sidikalang (Dairi) dihasilkan dari lahan seluas 515 hektar. Durian Tapanuli Selatan (Tapsel) dihasilkan dari lahan seluas 413 hektar. Durian Simalungun dihasilkan dari lahan seluas 376 hektar. 

Buah Durian tersebut kemudian didistribusikan ke ibukota provinsi yakni Kota Medan. Aktivitas jual beli dan perdagangan durian tersebut kemudian secara perlahan menggeser nama daerah darimana asal buah Durian Medan tersebut sebenarnya. Rasa Durian Medan memang khas dan berbeda, sama halnya dengan Durian Merah dari Kalimatan Timur. Durian Medan beraroma sedikit menyengat namun rasanya legit, mengandung alkohol alami dan juga sedikit lumer di mulut. Mungkin akan lebih baik bila anda langsung menikmatinya, jadi ayo berkunjung ke Sumatera Utara. Salam Peduli Pariwisata Sumut (Oleh: Antonius Naibaho)
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net