Home » , , » Sopo Partungkoan Tarutung

Sopo Partungkoan Tarutung

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Friday, November 21, 2014 | 1:40 PM


PariwisataSUMUT.net - Bila anda berjalan-jalan ke Kota Tarutung dan berada di sekitar kawasan kantor pemerintahan daerah maka akan terlihat sebuah gedung berornament seni Batak gorga berukuran besar yang dinamai Sopo Partungkoan. Dalam Bahasa Batak, "sopo" memiliki arti "rumah" dan "Partungkoan" berarti pertemuan. Harfiahnya, Sopo Partungkoan berarti rumah yang digunakan sebagai tempat pertemuan.

Kota Tarutung adalah ibukota dari Kabupaten Tapanuli Utara, berada pada ketinggian 300-1500 meter diatas permukaan laut membuat suhu kota Tarutung cukup dingin. Sebagai pusat pemerintahan, Kota Tarutung tidak kalah menarik untuk disambangi. Salah satunya adalah keberadaan Sopo Partungkoan yang diapit oleh dua gedung pemerintah yakni Gedung DPRD dan Gedung Badan Kepegawaian

Sopo Partungkoan dibangun beberapa tahun lalu, sebelumnya pernah terjadi musibah kebakaran tepat sebelum didirikan. Bangunan ini difungsikan sebagai gedung kesenian dan juga perhelatan acara-acara di Kota Tarutung karena memiliki luas yang cukup memadai.

Sejarah Nama Kota Tarutung
Daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Sopo Partungkoan tidak terlepas dari keberadaan Pohon Durian yang letaknya tidak jauh dari Sopo Partungkoan. Menurut penduduk setempat, sejarah nama kota Tarutung sebelum berganti dari nama Rura Silindung  berasal dari pohon durian berusia ratusan tahun tersebut. 

Peninggalan Raja Sisingamangaraja
Sisingamangaraja dikenal sebagai salah satu pahlawan bangso Batak. Beliau juga yang mendirikan kepercayaan Ugamo Malim yang kini masih dianut oleh sekitar 6.000 jiwa di kawasan daerah Batak Toba. Di Tarutung terdapat sebuah sumur, dipercaya sebagai tempat pemandian si raja Batak Sisingamangaraja zaman dulu kala.

Menikmati keindahan dan menelusuri kebudayaan Batak di Tapanuli Utara adalah kegiatan mneyenangkan. Tak hanya itu, wisata religi dan sejarah di kabupaten Taput juga tak kalah menarik. Bila anda hendak berkunjung, jangan lupa artikel kami yang berjudul: 7 Objek Wisata Di Tapanuli Utara dan bila anda membutuhkan fasilitas penginapan, langsung saja baca artikel: 11 Hotel Di Tapanuli Utara sebagai refrensi anda. Nikmati sejuta manikam pariwisata Sumatera Utara, Salam Peduli Pariwisata Sumut. (Oleh: Antonius Naibaho )

Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net