Home » , , » Tempat Wisata Di Pangururan

Tempat Wisata Di Pangururan

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Monday, November 3, 2014 | 1:45 PM

TravelingMedan/TMC - Pangururan adalah sebuah kota kecil di pulau Samosir, masuk ke dalam wilayah kabupaten Samosir, kota kecil nan memikat di tepi Danau Toba ini menyimpan tempat-tempat wisata yang amat menarik untuk dikunjungi baik wisata sejarah, alam, maupun juga wisata geo.

Kabupaten Samosir yang terdiri dari beberapa kecamatan dan di dalamnya terdapat sebuah kecamatan yang juga merupakan pusat pemerintahan bernama Pangururan ini layak dikunjungi untuk tempat berlibur bersama keluarga. Untuk mempermudah perjalanan wisata anda, team kami telah merangkum 7 tempat wisata menarik di kabupaten Samosir sebagai berikut:


Pantai Pasir Putih Parbaba
Dibandingkan dengan objek wisata lainnya di kecamatan Pangururan, Pantai Pasir Putih atau juga kerap disebut pantai Parbaba menjadi objek wisata yang paling menarik dan kerap dikunjungi oleh para wisatawan baik dari dalam maupun dari mancanegara. Keindahan Danau Toba yang berlatar pengunungan Bukit Barisan adalah suguhan kepingan surga yang amat indah, pasir putih dan air danau yang begitu jernih adalah alasan mengapa para wisatawan betah berlama-lama di tempat ini.

Terusan Tano Ponggol
Tano Ponggol berarti tanah yang terpotong, istilah dan penamaan ini berasal dari sejarah objek wisata itu sendiri. Dahulunya pulau Samosir dan daratan Tele sebenarnya menyatu, namun ketika penjajahan Belanda masih berkuasa kala itu, dibuat sebuah kebijakan untuk memenggal tanah tersebut sehingga benar-benar terpisah. Terbentuklah Tano Ponggol yang dipisahkan oleh terusan. Namun hingga kini terusan tersebut dibiarkan dan dijadikan sebagai salah satu objek wisata alam dan sejarah.
Baca selengkapnya......

Komunitas Tenun Ulos Batak
Bericara tentang kebudayaan Batak, maka tak terlepas dari kain tenun asli bernama Ulos, Ulos adalah selembar kain yang setiap jenisnya memiliki makna dan fungsi yang berbeda pula. Komunitas Tenun Ulos hadir untuk melestarikan salah satu kebudayaan Batak. Di sini anda dapat menyaksikan para pengrajin kain tejun Ulos dalam berkarya selain itu bila anda membutuhkan oleh-oleh selepas berkunjung dari Danau Toba anda juga dapat membelinya disini. Taksiran harga ulos mulai dari 50.000 hingga 3.000.000 sesuai dengan tingkat kesulitan pembuatannya.


Pemandian Panas Aek Rangat
Lebih dikenal dengan sebutan Hot Spring, pemandian Aek Rangat tepat berada di bawah kaki gunung Pussuk Buhit, gunung yang dipercaya sebagai asal muasal orang Batak. Air panas yang mengalir dari gunung dialirkan kedalam kolam-kolam kecil dan besar, pada umumnya dikelola oleh penduduk setempat. Kandungan belerang yang ada pada air panas ini dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit kulit. Letaknya tidak seberapa jauh dari Tano Ponggol.
Baca selengkapnya.....

Monumen Liberty Malau
Monumen Liberty Malau berdiri tegak ditengah-tengah kota Panguruan, Monumen ini sekaligus sebagai bukti perjuangan anak bangsa yang berasal dari Samosir. Sejarah adalah sesuatu hal yang amat layak untuk diingat karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Monumen Liberty Malau yang dibuat untuk mengenang perjuangan pahlawan dari Samosir ini cocok dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata bagi anda penyuka sejarah.

Pantai Pasir Putih Situngkir
Pantai Pasir Putih Situngkir tidak jauh berbeda dengan Pantai Parbaba, hanya saja pantai Parbaba telah lama dibuat sehingga mengalahkan pamor pantai cantik nan menggoda yang satu ini. Di Pantai Situngkir anda dapat menghabiskan waktu dengan berenang di danau Toba, bermain menelusuri sepanjang bibir pantai atau juga menikmati aneka kuliner. 

Open Stage Pasar Pangururan
Seiring dengan perkembangan bisnis pariwisata, salah satu sarana yang harus dilengkapi untuk memajukan sektor MICE Tourism adalah adanya fasilitas seperti hall (aula). Panguruan juga mulai melirik pangsa pasar yang satu ini. Open Stage Panguruan memiliki nilai sejarah yang tinggi, oleh karena itu pula open stage ini kerap dijadikan sebagai lokasi pementasan, panggung hiburan, event maupun lokasi pagelaran budaya. Disini juga menjadi kantor dinas pariwisata kabupaten Samosir.  Salam Peduli Pariwisata Sumut (Writer: Antonius Naibaho)
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net