Widget HTML Atas

5 Kopi Khas Dari Sumatera Utara Yang Melegenda

pariwisataSUMUT.Net Kopi di Sumatera Utara telah melegenda dan menembus hingga pasar internasional. Berbagai jenis kopi ini bahkan menjadi identitas bagi beberapa daerah di Sumut. Untuk menikmati kopi-kopi tersebut tidaklah terlalu sulit. Minuman kopi di Medan hampir dapat ditemukan di seluruh kedai kopi, cafe maupun restaurant.

Tak perlu khawatir bila anda tinggal di luar daerah Sumut. Anda tetap dapat menikmatinya dengan memanfaatkan online shop yang menjual jenis-jenis kopi dari Sumut sesuai keinginan anda. Berikut 5 Kopi Sumatera Utara Yang Melegenda


Kopi Sidikalang
Sidikalang Coffee, tak hanya warga Indonesia namun hingga saat ini Kopi Sidikalang masih menjadi favorit penikmat minuman kopi mancanegara. Melalui proses tradisional, kenikmatan Kopi Sidikalang memang jelas berbeda dari kopi-kopi lainnya. Kandungan kafein yang ada di Kopi Sidikalang mampu membuat peminumnya tahan begadang satu harian. Karena pamor tersebut juga maka Sidikalang yang merupakan ibukota dari Kabupaten Dairi disebut Kota Kopi.

Kopi Sipirok
Sipirok, kota kecil di Tapanuli Tengah. Selain terkenal dengan beberapa objek wisata di sekitarnya, Kopi Sipirok adalah minuman yang harus anda coba. Menurut penuturan penikmati kopi, Kopi Sipirok bukanlah kopi biasa, kandungannya yang jauh dari asam. Kopi Sipirok semakin digilai karena kenikmatannya, oleh karena itu pula kopi luwak Sipirok disebut sebagai the world's finest unwashed arabica

Kopi Mandailing
Tak hanya nikmat, Kopi Mandailing memang memiliki ciri khas baik pada aroma maupun cita rasanya. kopi arabica luwak yang berasal dari Kabupaten Mandailing ini digemari oleh para penikmatnya yang tak hanya berasal dari Sumatera Utara saja. Lain lagi dengan salah satu kopi dari Mandailing, terkenal sebagai kota Salak, Madina juga punya kopi unik terbuat dari biji buah Salak. Penyajian Kopi Mandailing yang paling unik adalah Kopi Takar, menggunakan batok kelapa sebagai wadah dari minuman khas Mandailing ini.

Kopi Tarutung
Kopi dari Tapanuli Utara, Sumatera Utara ini sudah diakui sebagai kopi kualitas terbaik di dunia berdasarkan penilaian pada proses pemetikan, penjemuran dan juga pengolahan yang sangat detil sehingga menghasilkan kopi bermutu tinggi. Kenikmatan Kopi Tarutung baik Kopi Luwak maupun Kopi Ateng juga benar-benar menggoda, 

Kopi Lintong
Lintong Ni Huta adalah nama sebuah daerah di Kabupaten Humbang Hasundutan. Karena berasal dari sana, maka Kopi Silintong menjadi identitas dari kopi arabica yang satu ini. Kualitas Kopi Lintong sudah sangat terkenal hingga ke mata dunia dan menjadi trade mark pasaran internasional dengan nama Sumatra Linthong Arabica Coffee, sehingga banyak digilai oleh para penikmat kopi. Pada umunya para petani menanam kopi berjenis Arabica.

Tak hanya minuman, berbagai jenis kuliner Sumatera Utara akan sangat baik bila anda coba. Sebagai refrensi sila baca artikel: Kuliner Khas Sumatera Utara. Salam Peduli Pariwisata Sumut.