Home » , , , » Danau Saba Begu dan TNBG

Danau Saba Begu dan TNBG

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Thursday, December 4, 2014 | 2:56 AM


PariwisataSUMUT.net - Dalam bahasa Mandailing, Saba berarti sawah sedangkan begu adalah hantu. Bila diterjemahkan secara harfiah maka Danau Saba Begu berarti Danau Sawah Hantu. Lantas kenapa diberi nama seseram itu?. Berada di kawasan TNBG atau Taman Nasional Batang Gadis, Danau Saba Begu menjadi satu dari sekian banyak objek wisata menarik yang harus anda kunjungi di Kabupaten Mandailing Natal. Danau ini juga digunakan warga sebagai sumber air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Danau Saba Begu memiliki luas sekitar 2,5 hektar, dikelilingi oleh flora dan fauna seperti tapir, burung, bahkan Harimau Sumatera. Selain itu tumbuhan perdu juga mendominasi areal di sekitar danau. Tepat dibelakang Danau Saba terlihat Gunung Sorik Marapi yang dikenal sebagai spot pendakian di Madina.

Aksesibilitas menuju Danau Saba Begu belum cukup memadai, bila anda hendak berkunjung dapat menggunakan transportasi roda dua dari Panyabungan ke Sopotinjak dilanjutkan ke Taman Nasional Batang Gadis dengan memakan waktu sekitar 60 menit. Tidak tersedia sarana dan prasarana seperti pada umumnya karena Danau Saba Begu memang dikeramatkan oleh penduduk setempat sehingga kebanyakan para pengunjung berlatar belakang peneliti maupun pelajar. Bahkan beberapa penduduk setempat tidak berani berkunjung atau sekedar melihat-lihat saja.

Sejarah nama Danau Saba Begu berasal mitos yang berkembang di tengah masyarakat Sopotinjak. Menurut penuturan warga, Saba Begu dihuni oleh penjaga dari mahluk gaib. Setiap pengunjung diwajibkan untuk meminta izin kepada penunggu danau tersebut agar tidak tersesat dalam perjalanan.


Melihat areal Danau Saba Begu yang cukup luas, maka aktivitas outdoor yakni camping ground dapat dilakukan disekitar danau. Selain itu bagi anda yang memiliki hobby edu-tourism maka sebagai bagian dari Taman Nasional Batang Gadis, maka Danau Saba Begu adalah surga tersembunyi yang harus anda kunjungi. Keasrian dan kealamian ekosistem di Taman Nasional Batang Gadis benar-benar memukau. Salam peduli pariwisata Sumut.
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net