Home » , , , » Jernihnya Air Di Sampuran Mual Dibalata

Jernihnya Air Di Sampuran Mual Dibalata

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Tuesday, December 16, 2014 | 11:22 AM


PariwisataSUMUT.net Pemandian Alam Sampuran Mual Dibalata akan membuat anda terhenyak. Keindahan alam nan hijau berpadupadan dengan kejernihan air mirip “aqua” menjadi suguhan amat menarik. Sampuran Mual Dibalata yang bernama asli Mual Tio kini semakin ramai dikunjungi para wisatawan lokal dan juga domestik. Segera persiapkan segala sesuatunya dan mari berwisata ke Simalungun.

Sampuran di daerah Simalungun identik sebagai penyebutan untuk Air Terjun, lantas kenapa kolam ini malah diberi nama Sampuran Mual Dibalata?. Menurut penuturan warga, dahulu disepanjang sisi bebatuan di sekitar kawasan Dibalata mengeluarkan air yang jernih. Lantas pemerintah kemudian membangun tembok seterusnya air tersebut dialirkan ke Kota Pematang Siantar untuk memenuhi kebutuhan air.

Lokasi
Sampuran Mual Dibalata terletak di Desa Tiga Balata, Kecamatan Gorlang Hataran, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara.

Rute/Jalan
Untuk menuju lokasi wisata ini, membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari Kota Pematang Siantar melalui rute Medan – Pematang Siantar – Sampuran Mual Dibalata – Desa Tiga Balata. Artinya bahwa lokasi ini tidak sampai ke Desa Tigabalata. Bila anda memasuki kawasan perkebunan sawit maka disebelah kiri terdapat jalan menuju lokasi. Jarak dari Desa Tigabalata ke Mual Dibalata sekitar 1 km.

What To Do?
Kejernihan air di Pemandian Alam Sampuran Mual Dibalata memang benar-benar layaknya air mineral. Para penduduk setempat berasumsi bahwa air tersebut berasal dari Danau Toba sehingga terdapat ikan Pora-Pora disekitar kolam pemandian. Terlepas dari benar atau tidaknya, Pemandian Alam Mual Dibalata memang benar-benar mengagumkan. Bila anda pernah ke kolam renang dan melihat warna air kebiru-biruan, begitu juga keadaan air di Mual Dibalata. Tersedia beberapa fasilitas di lokasi, bila anda sudah lelah berenang anda dapat memesan makanan dan minuman ringan. (Thomson Edu)
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net