Home » , , , » Oukup, Spa Tradisional Batak

Oukup, Spa Tradisional Batak

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Tuesday, December 16, 2014 | 1:25 AM


PariwisataSUMUT.net - Etnis Batak di Sumatera Utara amat menyadari bahwa alam bukan hanya sebagai tempat menjalani kehidupan, tetapi alam juga telah menyediakan pengobatan-pengobatan tradisional Batak dengan memanfaatkan semua yang ada di dalamnya. Tritmen tradisional alami dari Sumatera Utara atau di zaman modern sekarang disebut Spa telah menjadi bagian tak terpisahkan dari pengobatan tradisional kehidupan suku Batak baik di Tapanuli Tengah, Simalungun, Karo, Mandailing, Angkola, Pakpak dan juga Pulau Nias

Salah satu treatment tersebut bernama Oukup atau Martup. Sejak dulu, wanita Batak telah menyadari bahwa Oukup sangat efektif untuk membersihkan tubuh, melancarkan aliran darah, mengembalikan bentuk tubuh setelah melahirkan dan tentu saja untuk nilai-nilai estetika.

Bahan dasar Oukup adalah berbagai jenis rempah dan bunga yang dipercaya memiliki khasiat bermanfaat seperti jahe, akar tumbuhan, daun-daun, kulit manis, sangge-sangge, urek usar, utte pangir, daun pandan, bunga dilam, bunga sedap malam, bunga cina, bunga tanjung, dll. Oukup tidak hanya diminati oleh masyarakat tinggal di Sumut saja. Seiring dengan keberadaan Oukup di hotel-hotel, treatment ini semakin banyak diminati oleh wisatawan domestik maupun internasional.

Manfaat Oukup
-          Melancarkan aliran darah
-          Menghaluskan kulit
-          Menambah stamina
-          Mengurangi rasa sakit di kepala
-          Menurunkan berat badan
-          Membersihan kotoran dari tubuh


Tak perlu bingung untuk mendaptkan spa ala Batak ini, anda dapat menelusuri di sepanjang jalan Berastagi dan Kabanjahe. Sedangkan di Kota Medan, banyak juga hotel yang telah menyediakan spa traidisional termasuk diantaranya Oukup. Salam Peduli Pariwisata Sumut. (Thomson Edu)
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net