Widget HTML Atas

Oukup, Spa Tradisional Batak dengan Segudang Manfaat

Etnis Batak di Sumatera Utara amat menyadari bahwa alam bukan hanya sebagai tempat menjalani kehidupan, tetapi alam juga telah menyediakan pengobatan-pengobatan tradisional Batak dengan memanfaatkan semua yang ada di dalamnya.

Tritmen tradisional alami dari Sumatera Utara atau di zaman modern sekarang disebut Spa telah menjadi bagian tak terpisahkan dari pengobatan tradisional kehidupan suku Batak baik di Tapanuli Tengah, Simalungun, Karo, Mandailing, Angkola, Pakpak dan juga Pulau Nias.

oukup
Salah satu treatment tersebut bernama Oukup atau Martup. Sejak dulu, wanita Batak telah menyadari bahwa Oukup sangat efektif untuk membersihkan tubuh, melancarkan aliran darah, mengembalikan bentuk tubuh setelah melahirkan dan tentu saja untuk nilai-nilai estetika.

Bahan dasar Oukup adalah berbagai jenis rempah dan bunga yang dipercaya memiliki khasiat bermanfaat seperti jahe, akar tumbuhan, daun-daun, kulit manis, sangge-sangge, urek usar, utte pangir, daun pandan, bunga dilam, bunga sedap malam, bunga cina, bunga tanjung, dll. Oukup tidak hanya diminati oleh masyarakat tinggal di Sumut saja. Seiring dengan keberadaan Oukup di hotel-hotel, treatment ini semakin banyak diminati oleh wisatawan domestik maupun internasional.

Baca juga artikel menarik lainnya:
1. Inilah 10 Tempat Wisata di Kepulauan Nias
2. 4 Kuliner Khas Sumatera Utara dari Berbagai Daerah
3. Pengertian Pariwisata Digital di Era Milenial

Dengan menjalani perawatan spa ala Batak ini, ada banyak manfaat yang akan diperoleh. Apa saja?

Melancarkan aliran darah
Menghaluskan kulit
Menambah stamina
Mengurangi rasa sakit di kepala
Menurunkan berat badan
Membersihan kotoran dari tubuh

Tak perlu bingung untuk mendaptkan spa ala Batak ini, anda dapat menelusuri di sepanjang jalan Berastagi dan Kabanjahe. Sedangkan di Kota Medan, banyak juga hotel yang telah menyediakan spa traidisional termasuk diantaranya Oukup. (Th.E/PSN)