Home » , , » Palung Terdalam Danau Toba Di Silalahi

Palung Terdalam Danau Toba Di Silalahi

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Friday, December 5, 2014 | 4:32 PM

PariwisataSUMUT.net - Pernahkah mendengar nama pantai atau desa Silalahi? Berada di Kabupaten Dairi, Silalahi terletak persis di tepian danau terbesar di Asia Tenggara. Oleh karena itu pula Silalahi atau Tao Silalahi kerap disebut ujung Danau Toba. Lokasinya tidak jauh dari Tongging dan Paropo. 

Rute menuju objek wisata Tao Silalahi dapat dicapai melalui dua jalan, yakni via Kabupaten Dairi melalui jalur Medan - Sumbul - Silalahi namun aksesnya masih kurang memadai sehingga rawan kecelakaan. Rute ke dua yakni: Medan - Kabanjahe - Tongging - Silalahi yang mana kondisi jalannya sudah sangat memadai. Sarana dan prasarana di Silalahi tidak terlalu bagus hanya mengandalkan swadaya masyarakat saja meski terdapat beberapa hotel sederhana.


Keindahan Tao Silalahi tak perlu diragukan, air Danau Toba disini tidak berwarna hijau tetapi sangat jernih. View Bukit Barisan memberi nuansa yang amat meneduhkan hati. Terdapat juga sebuah pulau kecil di tepian danau, namun diatasnya terdapat tugu (kuburan). Petani di Silalahi mengandalkan komoditas Bawang Merah dan menurut penuturan warga bawang-bawang tersebut juga di distribusikan ke Kota Medan dan Pematang Siantar. Ada juga air terjun musiman di beberapa titik di kawasan Bukit Barisan yang terlihat dari jalan menuju lokasi. Sebuah Tugu besar bernama Tugu Silalahi tepat menghadap Danau Toba juga dapat anda kunjungi.

Berbagai macam kegiatan dapat anda lakukan seperti berenang bahkan berselancar, masa sih? Yap meski hanya pada bulan-bulan tertentu saja. Ketinggian ombak Danau Toba paling ujung ini mencapai 30 meter di bulan-bulan November. Dan anda perlu tahu bahwa Tao Silalahi disnyalir sebagai palung terdalam dari Danau Toba yang kedalamannya hingga 905 meter. Jadi bila ingin berenang tetap berhati-hati. Bila anda tertarik, tak hanya melihat Danau Toba saja. Berburu ikan Pora-Pora dan Jahir juga dapat anda lakukan disini dengan cara memancing atau menggunakan jaring. Pohon Mangga disepanjang jalan akan sangat menggoda tepat saat musimnya. Seraya menikmati keindahan pantai Silalahi, jangan lupa menikmati kuliner panggang ikan Mujahir khas Batak ditepian Danau Toba. Ada banyak rumah makan menyediakan menu spesial ini. Selain itu anda juga dapat menikmati bangunan yang memiliki nilai eksistensi bagi Marga Silalahi, tugu ini dinamai Tugu Silalahi.

Penduduk Silalahi sangat ramah, mereka tak segan-segan menyambut anda dengan tangan terbuka bak keluarga. Jadi jangan ragu untuk memilih Tao Silalahi sebagai refrensi perjalanan wisata anda ke Kabupaten Dairi. Bila ingin berkunjung ke tempat-tempat lainnya di Kota Kopi Sidikalang, sila baca artikel: Tempat Wisata Di Kab Dairi. Njuah - Njuah dan Salam Peduli Pariwisata Sumut. 
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net