Home » » Pariwisata Sumatera Utara

Pariwisata Sumatera Utara

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Wednesday, December 3, 2014 | 7:01 AM

Provinsi Sumatera Utara (SUMUT) merupakan sebuah provinsi yang terletak di Pulau Sumatera. Berdiri pada 7 Desember 1956, Sumatera Utara berbatasan langsung dengan Provinsi Aceh, Selat Melaka, Sumatera Barat, Riau dan Samudera Hindia. Pariwisata Sumatera Utara memegang peranan penting untuk perekonomian. Industri Pariwisata SUMUT tidak hanya mengandalkan destinasi-destinasi wisata yang sudah populer sejak dahulu kala. Pengembangan Pariwisata MICE, ekonomi kreatif dan kuliner kini juga semakin berkembang seiring dengan trend pariwisata global.

Berbicara mengenai aksesibilitas, Sumatera Utara telah memiliki bandara-bandara yang tersebar di beberapa kabupaten. Sebut saja Bandara Internasional Kuala Namu di Kabupaten Deli Serdang yang kini menjadi pintu gerbang Indonesia bagian barat, Bandara Gunung Sitoli di Nias dan Bandara Pinang Sori di Sibolga. Menggunakan transportasi laut juga dapat digunakan untuk menuju Sumatera Utara. Beberapa pelabuhan telah berdiri sejak lama dan memberikan kontribusi besar dalam hal aksesibilitas Pariwisata Sumatera Utara seperti Pelabuhan Belawan di Medan, Pelabuhan Tanjung Balai Asahan, Pelabuhan Pangkalan Susu, Pelabuhan Gunung Sitoli di Nias dan Pelabuhan Lahewa di Nias Utara. Banyak wisatawan melakukan start perjalanan dari Kota Medan. Akses ke tempat-tempat wisata dengan menggunakan transportasi darat dapat dijangkau dari kota kuliner ini.

Sumatera Utara yang terdiri dari beberapa suku asli seperti Batak, Melayu, Nias, Simalungun, Pakpak, Mandailing, Natal, Angkola dan Karo memiliki keunikan kebudayaan sendiri sehingga memperkaya khasanah pariwisata Sumut pada elemen budaya, kuliner dan kearifan lokal. Berbagai peninggalan sejarah dan cagar budaya seperti candi dan menhir menunjukkan bahwa Sumatera Utara mendapat pengaruh dari Kerajaan Hindu pada masa lampau.

Kuliner setiap etnis di Sumatera Utara juga tak kalah menarik, cita rasa, bumbu dan cara pengolahan memberikan sensasi berbeda. Sila coba memncicipi makanan seperti Bika Ambon, Anyang, Saksang, Tasak Telu, Gulai Tumbuk Daun Ubi dan berbegai jenis masakan khas tradisional lainnya. Kearifan lokal yang masih dipertahankan dan diwariskan sejak dahulu kala masih dilakukan oleh etnis-etnis di Sumut.

Bagi para pendaki, terdapat banyak pilihan gunung sesuai tantangan yang diharapkan. Beberapa spot di Sumut yang sudah terkenal diantaranya Gunung Sibayak, Gunung Sibuaten dan Gunung Sinabung dimana ketiga berada di Kabupaten Karo. Gunung Sorik Marapi di Kabupaten Mandailing Natal, Gunung Lubuk Raya, Sibual-Buali di Kabupaten Tapanuli Selatan dan Gunung Simpon yang berada di Kabupaten Pakpak Bharat

Sport tourism atau pariwisata olahraga yang semakin digandrungi oleh para wisatawan juga dapat dilakukan di Sumut. Terdapat 7 lokasi Arung Jeram menantang adrenalin, Sungai Asahan misalnya yang telah pernah dijadikan sebagai lokasi lomba rafting tingkat internasional. Selain itu aktivitas wisata olahraga paragliding di Hutatinggi di sekitar kawasan Danau Toba


Sarana dan prasarana pariwisata Sumatera Utara juga cukup memadai, disetiap ibukota dan kantung-kantung daerah pariwisata terdapat hotel mulai dari bintang 1 hingga 5. Tarif diseuaikan dengan fasilitas dan jenis ruangan yang dibutuhkan. Atau anda juga dapat memilih penginapan murah ala backpacker. (Oleh Antonius Naibaho, pendiri Pariwisata SUMUT Net dan Traveling Medan)
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net