Home » , » Sensasi Pemandian Air Panas Siabu

Sensasi Pemandian Air Panas Siabu

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Wednesday, December 3, 2014 | 9:14 AM


PariwisataSUMUT.net - Disebut juga Aek Milas Siabu dalam bahasa lokal atau Mandailing, Pemandian Air Panas Siabu adalah satu dari sekian banyak objek wisata di Mandailing Natal. Opini masyarakat dan fakta geologi mungkin sedikit berseberangan, dimana masih banyak yang menganggap bahwa Aek Milas Siabu mengandung unsur belerang akan tetapi secara geologi, tempat wisata pemandian di Madina ini tidak lah mengandung unsur tersebut.

Lokasi Aek Siabu berada di Desa Siabu Kecamatan Siabu. Berjarak sekitar 14 km dari Kota Panyabungan. Untuk menuju lokasi wisata dapat menggunakan transportasi darat roda dua maupun roda empat. Di sepanjang perjalanan anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam nuansa desa, sawah hijau dan Bukit Barisan yang mengelilingi Siabu sedikit banyak menghilangkan rasa penat menuju lokasi wisata. Sarana dan prasarana yang tersedia masih sangat sederhana namun cukup memadai.

Air Panas Siabu selalu ramai dikunjungi terlebih ketika musim libur telah tiba. Pada umumnya mereka adalah tamu rombongan keluarga. Sesaat setelah memasuki areal lokasi, anda akan melihat dua tempat berbeda, dipisahkan sesuai dengan jenis kelamin. Adat Mandailing masih tetap digunakan secara bijak karena perempuan dan laki-laki tidak boleh mandi di tempat yang sama. Areal pemandian tidak terlalu luas, secara keseluruhan dipisahkan oleh bak sehingga berjumlah 4 buah. Diperuntukkan bagi yang masih kecil dan juga bagi yang sudah dewasa.

Sensasi Air Panas Siabu memang benar-benar berbeda apabila dibandingkan dengan beberapa hotspring di Sumatera Utara seperti Aek Rangat dan Sipoholon yang berbau belerang. Aek Milas Siabu tak berbau sama sekali. Oleh karena itu pula para pengunjung betah berlama-;lama berendam dan merasakan panasnya suhu air di Siabu ini. Siabu juga terlihat tidak terlalu berwarna bahkan lebih jernih. Kepulan uap dari air panas Siabu akan terlihat begitu banyak tatkala pagi dan sore menjelang.

Masih banyak tempat wisata tersembunyi lainnya di Kabupaten Mandailing Natal, oleh karena itu jangan lupa untuk membaca artikel sebelumnya yang berjudul: 10 Tempat Wisata Di Madina. Bila kamu memang tertarik untuk merasakan sensasi air panas Siabu. Ayo segera rencanakan perjalanan wisata kamu. Salam Peduli Pariwisata Sumut. (Text: Lia Naibaho - Foto: M. Purtho Daulay)
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net