Home » , » Sungai Sembahe dan Gua Batu Kemang

Sungai Sembahe dan Gua Batu Kemang

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Tuesday, December 9, 2014 | 1:38 PM

PariwisataSUMUT.net - Pemandian Alam Sembahe berada di Desa Sembahe Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang. Sembahe memang sangat menarik terutama bila anda hobby menceburkan diri ke dalam air sungai nan jernih. Tak hanya itu saja, di aliran Sungai Sembahe juga terdapat objek wisata lainnya yakni Situs Batu Umang dan Gua Batu Kemang. Untuk penginapan/hotel anda dapat memilih homestay dan motel yang tarifnya tidak terlalu mahal.

Perjalanan menuju Sembahe River dari Kota Medan menghabiskan waktu sekitar 1,5 – 2 jam perjalanan. Rasa bosan selama perjalanan mungkin menjadi satu dari sekian sebab mengapa banyak orang enggan berwisata. Tapi hal ini tak akan anda temukan, keindahan hutan hijau dan pemandangan asri nan elok akan menjadi suguhan dari sang pencipta.


Tarif masuk ke Pemandian Alam Sembahe dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000 – Rp. 8.000. Biasanya wisatawan akan memadati sepanjang aliran sungai tatkala musim liburan atau hari merah tiba. Bebatuan besar, tumbuhan hijau dan kejernihan air di Sembahe memang pantas diancungi jempol. Owh iya, anda tak bisa berenang atau takut terbawa arus sungai? Tak perlu takut karena di sekitar lokasi banyak penyewaan ban. Kegiatan tubing juga menarik untuk dilakukan di sekitar lokasi wisata ini.

Tak jauh dari tempat pemandian anda dapat mengunjungi Situs Batu Umang dan Goa Batu Kemang, jaraknya hanya sekitar 250 meter sebelum pemandian alam Sembahe. Untuk menuju lokasi anda harus melewati tangga sebanyak 62 buah. Sudah terdapat penunjuk arah yang disediakan oleh pemerintah. Situs Gua Kemang telah dijadikan sebagai wisata budaya dan sejarah Kabupaten Deli Serdang.

Ada bebatuan besar yang mana terdapat gambaran manusia, masyarakat berasumsi bahwa objek tersebut merupakan relief dari mahluk yang masih menjadi fenomena dan mengundang pro kontra masyarakat luas. Batu tersebut bentuknya kerucut sekita 5 x 3 meter dan terdapat mulut goa berukuran 50 x 60 cm. Anda dapat mengintip isi di dalam gua kecil, areanya tidak terlalu luas memang namun di bagian dalam terdapat singgasana kecil.

Peninggalan kerajaan orang Bunian ini kini telah dipugar, namun masih memerlukan perhatian ekstra dari pemerintah agar kelak situs budaya ini dapat bertahan lama. Menurut penuturan warga, Nama Desa Sembahe sendiri berasal dari aktivitas warga yang dulunya kerap menyembah bebatuan tersebut, “Sembah e” dalam Bahasa Karo” secara harfiah dapat diartikan “Sembah itu". 

Beberapa objek wisata yang dekat dengan Sungai Sembahe dan Gua Batu Kemang yakni: Air Terjun Dwi Warna, Bumi Perkemahan Sibolangit, Yuk berkunjung ke Sumatera Utara.
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net