Home » , » Jenis Jenis Wisata

Jenis Jenis Wisata

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Monday, January 26, 2015 | 1:45 PM


PariwisataSUMUT.net - Kegiatan wisata sudah tentu sangat menarik dan bahkan saat ini menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang. Minat seorang wisatawan tentu berbeda antara yang satu dengan yang lain oleh karena itu pula terdapat berbagai jenis wisata. Seiring dengan perkembangan zaman, minat serta tujuan wisata juga turut mengalami perkembangan. Secara garis besar jenis-jenis wisata dapat dibedakan berdasarkan:

Wisata Pendidikan
Disebut juga edu tour, tujuannya berwisata pendidikan adalah untuk menambah ilmu pengetahuan. Untuk jenis wisata ini biasanya diminati oleh kalangan pelajar dan mahasiswa. Program wisata pendidikan kerap dipadupadankan ke dalam program-program wisata lainnya karena itinerary dan rundown perjalanan wisata tersebut dapat diatur oleh travel agent maupun guide (pemandu wisata itu sendiri.

Wisata Budaya
Culture Tour sangatlah diminati oleh wisatawan asing, satu hal yang menarik dari wisata budaya adalah mengenal lebih dalam mengenai sisi-sisi kebudayaan dari suku bangsa tertentu. Wisata budaya di Indonesia sangat berkembang mengingat keberagaman suku etnis di Indonesia.

Wisata Heritage
Wisata Heritage atau Heritage Tour kini semakin digandrungi oleh wisatawan baik domestik maupun internasional. Heritage Tour identik dengan keberadaan bangunan atau objek tertentu yang usianya sudah tua.

Wisata Bahari
Wisata bahari dapat diklasifikasikan lagi ke dalam beberapa bagian seperti wisata pantai, wisata pulau, wisata bawah laut. Dll. Tujuan utama wisata bahari adalah untuk melihat dan menyaksikan secara langsung keindahan di kawasan laut tertentu. Wisata bahari di Indonesia menjadi andalan utama saat ini mengingat bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan.

Wisata Alam
Wisata alam memiliki peminat yang besar, baik bagi turis lokal, domestik maupun internasional. Wisata alam juga sama halnya seperti wisata Bahari yang dapat diklasifikasikan ke dalam berbagai jenis yakni wisata gunung (climbing & hiking). Wisata air (air terjun, pemandian,dll).

Wisata Kuliner
Wisata kuliner biasanya diminati oleh setiap orang namun bagi mereka wisatawan yang mengkhusukan minatnya di jenis wisata ini disebut food traveler. Para food traveler dengan label sejati biasanya tidak sungkan-sungkan mencoba berbagai jenis kuliner berbeda bahkan yang menurut awam tidak layak dikonsumsi.

Wisata Sejarah
History Tour berkaitan erat dengan kejadian-kejadian bersejarah di masa lampau. Wisata sejarah juga acap kali dikaitkan dengan wisata heritage. Perbedaan diantara keduanya adalah wisata heritage biasanya mengandalkan benda-benda cagar budaya yang belum pernah dipugar (direnovasi) sedangkan wisata heritage justru dapat dilakukan baik di objek yang sudah direnovasi maupun tidak. Jenis wisata ini dapat dibagi lagi seperti wisata museum, wisata candi, dll.

Wisata MICE
Lebih lengkap disebut sebagai Pariwisata MICE, bila di luar negeri dikenal dengan istilah Meeting Industry. Jenis wisata ini terbagia kedalam 4 bagian yakni: Meeting, Incentive, Convention dan Exhibiton.  

Wisata Belanja
Wisata belanja biasanya diminati oleh kaum perempuan, Terkusus untuk wisata jenis ini tujuan utama dari wisatawan adalah untuk berbelanja baik demi kesenangan pribadi atau juga untuk dijual kembali. Wisata belanja mengalami perkembangan sejalan dengan pertumbuhan kota-kota metropolitan. Wisata belanja diidentikan juga dengan kaum-kaum jetset.

Wisata Pertanian
Wisata pertanian memberikan atmosper berbeda dari jenis-jenis wisata diatas. Meski masih tergolong muda, jenis wisata ini benar-benar dapat menguntungkan disetiap pelaku pariwisata baik pengelola, penyelenggara maupun pengunjung. Wisata pertanian bertujuan untuk mengenal lebih jauh tentang pertanian seperti pengolahan hasil, pembibitan atau perkebunan.  Namun banyak juga yang mengaitkan wisata pendidikan dengan pertanian.


Jenis-jenis wisata tersebut diatas tentu akan masih terus mengalami perkembangan seiring dengan trend wisatawan yang berganti dari tahun ke tahun. Oleh: Antonius Naibaho
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net