Home » , , » Kepariwisataan Dan Aspek Aspek Pariwisata

Kepariwisataan Dan Aspek Aspek Pariwisata

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Thursday, June 11, 2015 | 2:13 PM

pariwisataSUMUT.Net - Pengertian Kepariwisataan, Kepariwisataan merupakan perpaduan dari dua komponen yakni permintaan dan ketersediaan. Kepariwisataan mencakup segala sesuatu yang berhubungan dengan penyelenggaraan pariwisata. Kegiatan pariwisata dilakukan secara sukarela, bersifat sementara dengan tujuan menikmati obyek dan daya tarik wisata. Wisatawan merujuk pada orang/pelaku kegiatan wisata. 

Aspek-Aspek Penawaran Pariwisata
 Dikutip dari Medlik 1980, Terdapat 4 aspek terkait penawaran pariwisata yakni:
  • Attraction (daya tarik)Merujuk pada daerah tujuan wisata dalam menarik wisatawan hendaknya memiliki daya tarik baik daya tarik berupa alam maupun masyarakat dan budayanya .
  • Accesable
    Aspek ini dimaksudkan agar wisata domestik dan mancanegara dapat dengan mudah dalam pencapaian tujuan ke tempat wisata
  • AmenitiesAspek ini menjadi salah satu syarat terwujudnya suatu daerah tujuan wisata (DTW).
  • AncillaryKeberadaan lembaga pariwisata menunjang rasa aman wisatawan yang berkunjung ke DTW (Protection of tourism). Baik disaat melakukan kunjungan wisata maupun memberikan saran serta kritik terkait daerah tujuan wisata.

Aspek Permintaan Pariwisata           
Aspek permintaan merupakan aspek-aspek yang berpengaruh dalam dunia kepariwisataan. Terdapat tiga aspek pendekatan dalam hal merumuskan perimtaan pariwisata yakni:
  • Economy Approachment
    Para ekonom memberikan penjelasan bahwa permintaan pariwisata yang menggunakan pendekatan elastisitas permintaan/pendapatan dalam hal menggambarkan hubungan dengan tingkat harap dengan varibel-variabel lainnya.
  • Pendekatan Geografi
    Para ahli geografi  memberikan pendapat terkait menafsirkan permintaan pariwisata harus memiliki pemikiran secara luas tanpa harus terpaut pada harga.
  • Pendekatan Psikologi
    Psikolog melihat permintaan pariwisata sebagai interaksi antara lingkungan, dorongan dari jiwa seorang wisatawan serta kepribadian calon wisatawan, dalam hal melakukan kegiatan kepariwisataan.
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net