Home » , , , , , » Guru Patimpus Sang Pendiri Kota Medan

Guru Patimpus Sang Pendiri Kota Medan

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Wednesday, September 23, 2015 | 12:34 PM


pariwisataSUMUT.Net - Bila anda tengah berkunjung ke kota Medan, pernahkan terbersit dibenak anda siapa pendiri dari Medan yang adalah kota terbesar ketiga di Indonesia ini?. Jawabannya adalah Guru Patimpus Sembiring Pelawi. Hanya sekedar jawaban? anda tentu membutuhkan informasi yang lebih jauh terkait keberadannya, di pusat kota Medan terdapat sebuah tugu yang dipersembahkan sebagai wujud peringatan sejarah tersebut dengan nama yang sama.

Guru Patimpus Sembiring Pelawi adalah seorang perantau dari Tanah Karo, marga Sembiring adalah salah satu marga yang lingkupnya berada pada kebudayaan Karo (baca: Perbedaan Tanah Karo dan Kabupaten Karo). Cerita tentang kota Medan tentu saja tak bisa dilewatkan begitu saja, Guru Patimpus Sembiring Pelawi pada mulanya menemukan kota Medan untuk tujuan merantau. Perlahan kemudian beliau membuka lahan dan memperluas kawasan Medan yang semula disebut Medang hingga kemudian saat ini Medan bertumbuh menjadi kota besar dan metropolitan sering dengan perkembangan zaman.

Setiap 1 Juni 2015, Medan merayakan ulang tahun. Pada tanggal yang sama adalah peringatan dari sepak terjang Guru Patimpus Sembiring Pelawi dalam hal mengelola serta mengembangkan Medan. Beliau sendiri masih pada garis keturunan Raja Sisingamangaraja I, oleh karena itu dianggap masih memiliki ikatan dengan habatakon (kebatakan). Keberadaan kesultanan Deli adalah puncak dari bauran kebudayaan kota Medan, selang beberapa waktu para pendatang dari negara lain seperti etnis Tionghoa, etnis Tamil dan etnis-etnis lainnya menetap. Belawan yang dahulunya adalah pelabuhan besar adalah pintu masuk bagi para pendatang hingga saat ini masih ditemukan benda-benda bersejarah terkait kerajaan cina di Medan, (baca: Museum Situs Kota Cina). 

Waktu demi waktu, tempat wisata di kota Medan semakin berkembang, terutama untuk wisata minat khusus dan wisata sejarah. Kota yang kini telah dihuni berbagai suku bangsa dan terkenal dengan kulinernya menjadi satu kota yang layak disebut the little asia. Datang dan berkunjunglah ke Sumatera Utara dan telusuri Sejuta Manikam Pariwisata Kota Medan. 
Text/Photo: Thomson Edu
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net