Home » , , , » Wisata Ke Danau Tao Di Padang Lawas

Wisata Ke Danau Tao Di Padang Lawas

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Monday, September 7, 2015 | 4:53 PM


pariwisataSUMUT.Net - Danau Tao adalah salah satu keajaiban kecil di Kabupaten Padang Lawas Utara atau lebih dikenal dengan singkatan Paluta. Danau yang kerap disandingkan dengan Ranukumbolo di pulau Jawa ini memiliki keindahan tiada tara dan benar-benar menakjubkan. Keberadaan Tao melengkapi sejuta manikam Pariwisata Sumatera Utara di Tabagsel. 

Berbicara tentang wisata air, Sumatera Utara memiliki banyak destinasi yang sangatlah sulit untuk dihitung. Mulai dari Danau Toba, Danau Siais, Danau Siombun, Danau Sicike-Cike, Danau Lau Tawar, Danau Siombak dan beberapa danau lainnya yang tersebar di sentaro kabupaten di Sumut. Pariwisata SUMUT telah mengulas danau tersebut satu per satu dan kali ini tim kami akan mengajak anda berwisata sejenak ke Padang Lawas Utara tepatnya ke Danau Tao.

Aksesibilitas dan Transportasi
Untuk menuju ke destinasi wisata tersebut, anda dapat berangkat dari kota asal ke Kuala Namu International Airport yang berada di Deli Serdang. Selanjutnya silahkan menggunakan transportasi roda dua atau roda empat ke Padang Lawas. Ada beberapa opsi, salah satunya adalah dengan menggunakan transportasi publik sejenis bus. Bus yang kerap digunakan adalah ALS namun banyak juga yang menggunakan transportasi sejenis mobil dan orang medan biasanya menyebut dengan istilah travel (bukan travel agent). Waktu tempuh menghabiskan waktu sekitar 15 jam perjalanan.


Penginapan dan Hotel
Berbicara tentang penginapan di sekitar Danau Tao belum tersedia, namun anda dapat memilih beberapa opsi yang menginap di penginapan di sektiar ibukota Padang Lawas Utara atau di Padang Sidempuan. Padang Sidempuan adalah salah satu kota terbesar di kawasan Tapanuli Bagian Selatan (tabagsel). 

Social Living and Responsibility
Kabupaten Padang Lawas Utara mayoritas dihuni oleh suku Mandailing dan Angkola. Berbatasan dengan Kabupaten Riau, Padang Lawas Utara merupakan kawasan yang sebagaian besar beragama islam. Seperti pada masyarakat Tabagsel secara umum, bahasa yang digunakan adalah bahasa Mandailing, dialek bahasa tersebut terdengar lembut dan agak mendayu. Namun tidak perlu khawatir, sebagian besar masyarakat yang tinggal di kabupaten ini mampu menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Sekilas Tentang Danau Tao
Danau Tao berasal dari bahasa setempat, Tao yang berarti danau jadi bila diterjemahkan secara harfiah danau Tao berarti Danau Danau. Terlepas dari namanya, Danau Tao memiliki keindahan alam yang memukau dengan kontur perbukitan dan hutan kecil mengelilingi. Danau Tao memiliki luas sekitar 2 hektar, memang tidak terlalu luas tetapi pemandangan alam yang disuguhkan akan membuat anda berdecak kagum. Danau berwarna kehijauan dengan latar perbukitan serta hutan kecil adalah landscape menarik untuk fotografi. Keunikan lain yang dimiliki oleh Danau Tao adalah keberadaan Ikan Lonjing atau dalam bahasa ilmiahnya adalah Mascatembelus Armatus. 

Sila telusuri Pariwisata Padang Lawas di situs kami. Sejuta Manikam Pariwisata Sumatera Utara dan Salam Peduli Pariwisata SUMUT. By: Thomson Edu - Foto: Rahmat F Auzi Harahap.
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net