Widget HTML Atas

Danau Toba dan Nias Kandidat Taman Wisata Dunia


pariwisataSUMUT.Net - Danau Toba dan Kepulauan Nias berada di Sumatera Utara, keduanya kini masuk ke dalam 45 daftar destinasi wisata yang diajukan untuk merebut predikat Kawasan Taman Wisata Dunia atau The New 9 Wonders yang akan bersaing secara internasional. 45 destinasi pariwisata tersebut merupakan perwakilan dari 34 provinsi di Indonesia. 

Danau Toba memiliki keindahan alam yang mempesona, berada di kawasan 7 kabupaten yang mengitari, Danau Toba telah dinobatkan secara resmi sebagai icon pariwisata Sumatera Utara. Danau Toba tidak hanya mengandalkan keberadaannya sebagai danau terbesar di Asia Tenggara saja namun danau Toba juga merupakan pusat kebudayaan suku Batak yang berdiam di Sumatera Utara dan kini menyebar ke seluruh Indonesia.

Berbicara tentang Kepulauan Nias, kawasan yang berada di Samudera Hindia ini memiliki panorama alam yang tak kalah cantik bila dibandingkan dengan pulau-pulau lainnya di Indonesia bahkan dunia. Ombak di Nias bahkan telah diminati oleh wisawatan baik dari dalam maupun dari luar negeri. Nias juga terkenal sebagai pusat kebudayaan megalitik tertua di dunia, oleh karena itu bila anda berwisata ke pulau eksotis ini anda akan menemukan berbagai cagar benda yang masih terjaga begitu baik.

Selain danau Toba dan Nias, 45 destinasi wisata yang menjadi kandidat The New 9 Wonderful adalah:
Kategori Pulau
Pulau Nias, Moyo, Enggano, Belitong, Seram, Komodo, Weh, Bunaken dan Morotai.
Kategori Danau
Danau Toba, Gunung Tujuh, Sentani, Zamrud, Sentarum, Kelimutu dan Danau Singkarak
Kategori Gunung
Gunung Kerinci, Kartenz Kintamani, Bromo, Tengger Semeru, Krakatau, Gedde Pangrango, Merapi dan Rinjani
Kategori Alam
Kayan Mentarang, Way Kambas, Tanjung Putting, Batimurung, Betung Keriuhndan Ujung Kulon
Kategori Kepulauan
Anambas, Derawan, Gili Trawangan, Wakatobi, Takabonerate, Togian, Seribu, karimun Jawa, Raja Ampat dan Mandeh.
Kategori Umum
Teluk Mamuju, Teluk Cendrawasih, Sungai Musi, Pantai Olel dan Sungai Barito

Tentu menjadi haapan besar bagi kita agar kedua destinasi wisata di Sumatera Utara tersebut dapat masuk ke dalam The New 9 Wonders sehingga dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk menikmati keindahan Sejuta Manikam Pariwisata Sumatera Utara.Text: Antonius Naibaho - Foto: Dispar Nias Barat