Home » , » 10 Alasan Kenapa Kamu Harus Ke Sumatera Utara

10 Alasan Kenapa Kamu Harus Ke Sumatera Utara

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Monday, February 8, 2016 | 1:00 PM

pariwisataSUMUT.Net – Pariwisata Sumut mungkin sudah kerap kamu dengar, mendengar tentu saja belum pernah mengunjungi, bukan?. Banyak yang bilang ke Medan itu harus hati-hati, bahasanya kasar. Ah enggak juga kok.  Makanan di Sumut enggak enak, masa sih, siapa yang bilang?. Tempat wisata di Sumatera Utara enggak banyak, sudah cek?.  Masih banyak stereotype di benak kamu tentang Medan dan Sumut, supaya kamu lebih memantapkan niat, berikut 10 alasan kenapa kamu harus berkunjung ke salah satu provinsi di pulau Sumatera Utara ini: 

Sumatera Utara Punya Danau Terbesar di Indonesia dan Terbesar ke Dua di Asia Tenggara.
Generasi 70, 80, 90 bahkan generasi ke generasi selanjutnya pasti di sekolah selalu ada pertanyaan yang diajukan oleh guru: Sebutkan danau terbesar di Indonesia. Jawabannya sudah pada tahu dong ya, yap Danau Toba. Danau yang mengitari 7 kabupaten di Sumatera Utara ini terbentuk karena letusan super-vulcano. Menurut penelitan, akibat dari letusannya menyebabkan perubahan cuaca dan masih banyak lagi lainnya. Danau ini juga tengah diproritaskan oleh pemerintah Indonesia sebagai salah satu destinasi andalan, karena itu pembangunan di segala bidang tengah diupayakan. Nah, kamu yakin enggak mau main-main ke danau super-vulcano terbesar di dunia yang ada di Sumut ini?


Hidden Paradise of Sumatra ada di Sumatera Utara.
Surga tersembunyi, sudah kebayang enggak sih gimana gambarannya?. Baiklah, kalau kamu pernah dengar kabupaten Langkat, yang dulunya terkenal sebagai daerah kesultanan di Sumut itu loh. Nah disini terdapat destinasi wisata yang diberi nama Tangkahan. Sebagai wilayah yang masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser, Tangkahan menjadi surga kehidupan untuk berbagai jenis flora dan fauna. Tangkahan berada di urutan kedua untuk tujuan wisata di Sumut yang paling banyak menarik wisatawan baik domestik maupun internasional. Di Tangkahan kamu dapat menikmati keindahan air terjun, menelusuri gua, rafting, forest tracking dan masih banyak lagi lainnya. 


Bahasa Medan Itu Unik
Pernah dengar istilah: "Cuma di Medan ada angkutan yang nyampe ke Bulan" atau ada istilah lainnya: "Kami Tak Kenal Permen, Yang Kami Kenal Bonbon", tambah lagi deh kalimat lainnya: "Beserak Si Kawan Di Simpang Pemda". Biar lebih simpel, kamu boleh deh lihat salah satu pentolan comik terkenal Babe Chabita yang logatnya Medan banget alias Medan kali. Keunikan bahasa Medan itu karena di kota terbesar ketiga di Indonesia ini dihuni berbagai etnis dan suku, ibarat nasi campur, bahasanya juga campur, hasil akhirnya adalah bahasa yang unik. Enggak percaya kau lek? maen-maenlah ke Medan. Logatnya emang kedengaran kasar, tapi hatinya baik kok. Enggak percaya? coba deh pacaran sama orang Medan atau Sumut, cowoknya ganteng-ganteng loh, ceweknya juga cantik-cantik. Hati dan logatnya bedalah, beda banget.


Sumatera Utara Punya Situs Megalitik Tertua di Indonesia.
Situs megalitik sebenarnya cukup banyak di Indonesia dan masih dapat kita lihat hingga sekarang, di Sumatera Utara juga ada. Dimana ya? pernah dengar Nias enggak?. Itu loh kepulauan yang punya wisata bahari yang kerennya pake banget. Nah di Nias Selatan dan di Nias Barat banyak ditemukan situs-situs peninggalan kebudayaan Nias sejak zaman dulu. Situs-situs ini masih terjaga dengan baik, banyak wisatawan dan peneliti menghabiskan waktu di Nias untuk mempelajari tentang situs megalitik tersebut. Hmm.... kamu salah satu wisatawan yang tertarik akan sejarah dan budaya-kah? Yuk ke Nias.


Sumatera Utara Punya Air Terjun Yang Langsung Jatuh Ke Laut.
Wisata bahari ke pantai, ngeliat gradasi warna laut, snorkeling atau sekedar berjemur, ah itu sudah terlalu mainstream sobat!. Bagaimana kalau kamu coba ke Tapanuli Tengah, di kabupaten yang berada di kawasan pesisir pulau Sumatera Utara ini punya Air Terjun Murshala. Mata airnya berasal dari Pulau Murshala yang ukurannya enggak terlalu besar, guys!. Nah aliran sungai ini langsung jatuh ke laut. Karena uniknya itu, tempat wisata ini pernah dijadikan sebagai lokasi syuting film. Pulau Murshala sendiri adalah salah satu dari 33-an lebih pulau yang terdapat di Kabupaten Tapanuli Tengah. Hmm...... masih ragu, kamu? Baca lagi kelanjutnya di bagian ke dua.
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net