Home » , , , , » 7 Tempat Wisata Di Parapat

7 Tempat Wisata Di Parapat

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Friday, July 1, 2016 | 4:41 PM


pariwisataSUMUT.Net - Tempat Wisata Di Parapat merupakan kota kecil di Kawasan Danau Toba, kota ini telah berkembang menjadi salah satu pusat pariwisata di Kabupaten Simalungun sebagai destinasi wisata alam dan sejarah yang kerap dipadati oleh wisatawan baik domestik maupun internasional. Tidak hanya itu saja, Parapat juga menjadi kota yang wajib disambangi oleh para turis yang hendak berplesir ke Samosir.


Seiring dengan program pemerintah terkait pembangunan kawasan Danau Toba, pemerintah memprogramkan pembuatan jalan tol yang melintasi Medan - Tebing Tinggi - Parapat yang akan mempermudah wisatawan berkunjung, aksesibilitas yang mudah dan nyaman ini tentu saja akan menambah tingkat kunjungan wisatawan via Parapat. Sebagai informasi tambahan, Pesta Danau Toba sebuah event reguler yang terakhir diadakan sebelum diganti menjadi Festival Danau Toba, kerap diadakan di Parapat karena sarana dan prasarana yang sudah lengkap.

Berbagai tempat wisata di Parapat dapat anda nikmati bersama keluarga, selain itu spot-spot yang menarik bagi anda pecinta dunia fotografi akan membuat anda betah berlama-lama berlibur di Parapat. Untuk melengkapi refrensi anda, berikut tempat wisata yang ada di kota di tepian Danau Toba ini:

Batu Gantung ParapatBatu Gantung berasal dari mitos yang berkembang di Masyarakat Simalungun, legenda ini mengkisahkan tentang seorang gadis yang dijodohkan dengan lelaki yang bukan pilihannya. Gadis tersebut memilih untuk mengakiri hidupnya, gadis itu terjun ke lubang yang mana di dalamnya terdapat bebatuan, seraya berteriak "Parapat Batu....Parapat Batu" yang berarti merapatlah batu. Dari kisah inilah muncul nama Parapat yang kemudian berkembang menjadi kota wisata di tepian Danau Toba.

Niagara Hotel
Hotel ini terletak di kota Parapat, sebenarnya ada banyak hotel yang dapat anda jadikan sebagai tempat menginap, masing-masing hotel dilengkapi fasilitas berbeda. Niagara banyak diminati oleh wisatawan yang berkunjung ke Parapat karena letaknya yang lengkap dengan panorama Danau Toba, selain itu Niagara juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti kolam renang, restaurant dan lainnya.

Rumah Pengasingan Bung Karno
Bila kembali menelusuri sejarah tentang perjuangan para pahlawan, Rumah Pengasing Bung Karno adalah bangunan yang hingga kini masih terjaga meski sudah dipugar beberapa kali. Di rumah ini Bung Karo pernah berdiam diri diasingkan oleh penjajah yang berkuasa kala itu. Dari rumah bercat putih dengan arsitektur bangunan eropa ini anda dapat menikmati keindahan Danau Toba. Tempat ini kerap dikunjungi oleh wisatawan untuk mengenal kembali sejarah perjuangan para pahlawan nasional di Tanah Batak.


Shopping Area
Traveling akan selalu identik dengan wisata belanja, baik untuk titipan kawan, oleh-oleh atau untuk diri sendiri. Di Parapat terdapat Pajak (pasar) yang dapat anda jadikan sebagai tempat berburu barang-barang unik khas Batak seperti Tunggal Panaluan, Kaus Etnik Batak dan berbagai souvenir menarik yang kebanyakan bericirikan Danau Toba dan Batak.

Ajibata
Ajibata adalah pelabuhan yang dapat anda gunakan untuk menyebrang ke Pulau Samosir, pelabuhan ini tidak sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari Parapat. Di pelabuhan besar ini anda dapat menekan shutter kamera, mengabadikan hilir mudik kapal, para penumpang atau anak-anak yang berebut koin. 

Gereja HKBP Parapat
Gereja berarsitektur Batak - Eropa ini dibangun sebagai tempat peribadatan umat kristiani, diresmikan ketika peringatan Jubileum HKBP. Gereja HKBP Parapat ini kerap dikunjungi oleh wisatawan karena kemegahannya, pembangunannya menghabiskan dana sebesar 4,3 milyar. 

Bila anda menuju kota Parapat, anda akan melewati Sibagandang, apa yang menarik disini?. Anda dapat menyaksikan monyet-monyet yang bebas berkeliaran karena Sibagandang adalah penangkaran monyet di Kawasan Danau Toba. Luas lahan penangkaran mencapai 50 hektar, objek wisata ini dikelola oleh masyarakat lokal.

Transportasi Menuju Parapat Danau Toba
Transportasi menuju Parapat dapat menggunakan transportasi darat dari Kota Medan, terdapat bus umum dan carteran melalui travel-travel di Jalan Sisingamangaraja, Amplas atau Pinang Baris. Selain itu bila anda berangkat dari Bandara Internasional Kuala Namu, sudah terdapat beberapa bus dan taxi yang trayeknya Medan - Parapat.

Nah, bagi anda yang ingin berkunjung ke Parapat, jangan mudah tergiur dengan tawaran pedagang, usahakan untuk menawar setiap barang yang dijual dan pastikan anda membeli dengan cerdas. Salam Sejuta Manikam Pariwisata Sumatera Utara. Oleh: Antonius Naibaho
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net