Widget HTML Atas

12 Tempat Wisata di Parapat yang Recommended dan Wajib Dikunjungi

tempat wisata di parapat - credit: @parsamosir_
Sejak dahulu, nama Parapat sudah sangat terkenal sebagai destinasi populer di kawasan Simalungun, Sumatera Utara. Selain memiliki sederet obyek wisata, kota kecil ini juga punya fasilitas lengkap seperti hotel, restoran dan berbagai akomodasi lainnya.

Parapat (Prapat) merupakan salah satu kota transit yang harus dilewati turis lokal maupun mancanegara jika ingin menyeberang ke Tuktuk atau Tomok di Pulau Samosir. Namun, hanya sedikit orang tau jika masih banyak tempat wisata di Parapat yang layak dieksplor dan wajib untuk dikunjungi.

Tempat Wisata di Parapat

Potensi pariwisata kota yang terletak di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Simalungun ini cukup variatif. Kota yang berjarak 48 km dari Siantar tersebut bukan hanya mengandalkan panorama alam yang indah, tetapi wahana bermain hingga destinasi instagenik seperti 12 destinasi yang sudah dihimpun pariwisatasumut.net berikut pun bisa dijumpai:

1. Batu Gantung, Destinasi Legendaris

tempat wisata di parapat
batu gantung parapat - yohan roy gratia
Batu Gantung berasal dari mitos yang berkembang di Masyarakat Simalungun, legenda ini mengkisahkan tentang seorang gadis yang dijodohkan dengan lelaki yang bukan pilihannya. Gadis tersebut memilih untuk mengakiri hidupnya, gadis itu terjun ke lubang yang mana di dalamnya terdapat bebatuan, seraya berteriak "Prapat Batu....Prapat Batu" yang berarti merapatlah batu.

Dari kisah Batu Gantung tersebut maka muncul nama kota ini yang kemudian berkembang menjadi kota wisata. Terlepas dari mistisnya legenda Batu Gantung Parapat, objek tersebut memang cukup unik.

Di wisata Parapat tersebut, kamu akan melihat sebuah batu yang menggantung di dinding bebatuan. Letaknya persis di sisi danau. Bila kamu ingin ke Batu Gantung, ada banyak kapal yang menyediakan sistem sewa di Ajibata dan Pantai Bebas.

2. Niagara, Destinasi Hotel Tertua di Gerbang Toba

tempat wisata di parapat
niagara hotel
Hotel ini terletak di ketinggia, sebenarnya ada banyak penginapan di gerbang Toba yang dapat anda jadikan sebagai beristirahat, masing-masing hotel dilengkapi fasilitas berbeda. Tetapi nama Niagara ini termasuk populer dan recommended.

Niagara Banyak diminati oleh turis lokal serta mancanegara karena letaknya yang menawan dengan sudut landskap Toba. Lebih lanjut, hotel di Parapat tersebut pun punya fasilitas ekstra lengkap, dari kolam renang, restaurant dan lainnya.

3. Rumah Pengasingan (Pesanggrahan) Bung Karno

tempat wisata di parapat
bung karno di parapat
Bila kembali menelusuri sejarah tentang perjuangan para pahlawan, Rumah Pengasingan Bung Karno adalah destinasi sejarah yang wajib dikunjungi. Hingga kini, rumah yang pernah ditempati tokoh Proklamator tersebut masih bagus.

Rumah Bunga Karno memang sudah beberapa kali mendapatkan pemugaran tetapi unsur orisinalitasnya tetap dipertahankan. Di destinasi ini, Bung Karo pernah berdiam diri diasingkan oleh penjajah yang berkuasa kala itu.

Tepat dari rumah bercat putih dengan arsitektur bangunan khas Eropa tersebut, Anda dapat menikmati keindahan danau yang mengitari kota. Ya, spot yang kerap dikunjungi oleh wisatawan untuk mengenang ulang soal sejarah perjuangan para pahlawan nasional di Tanah Batak.

4. Ajibata, Pelabuhan Terkenal di Simalungun

tempat wisata di parapat
foto: instagram.com/bima.prasena
Ajibata merupakan sarana pelabuhan yang umumnya digunakan untuk menyeberang ke Pulau Samosir. Pelabuhan ini sudah tak asing lagi bagi traveller yang pernah menyambangi Parapat. Meski hanya sekedar pelabuhan, Ajibata punya atraksi unik.

Di pelabuhan Ajibata, traveller dapat memotret sederet spot keren nan instagenik. Seperti mengabadikan kapal yang hilir mudik dan para penumpang kapal ferry sekaligus melihat atraksi menarik dari anak-anak yang dijuluki para perenang koin.

Bukan hanya Ajibata, masih ada pelabuhan lainnya bernama Tigaras di Dolok Pardamean yang difungsikan sebagai sarana transportasi.

5. Gereja HKBP

tempat wisata di parapat
gereja hkbp parapat
Keindahan gereja berarsitektur Batak - Eropa yang dibangun sebagai tempat peribadatan umat Kristen ini diresmikan secara bersamaan ketika merayakan peringatan Jubileum HKBP (Huria Batak Kristen Protestan). 

Gereja HKBP Parapat sering dikunjungi oleh wisatawan karena tergolong megah dan punya desain yang indah. Setiap inci bangunan melambangkan banyak hal. Dengan luas mencapai 1 hektar, pembangunan Gereja HKBP dulunya menghabiskan dana sebesar 4,3 milyar.

Baca: Megahnya Gereja HKBP Parapat

6. Berkunjung ke Penangkaran Kera Sibaganding

tempat-wisata-di-parapat
sibaganding
Sebelum tiba di area perkotaan, pastinya akan melintasi Sibaganding, apa yang menarik di desa ini?. Kamu dapat menyaksikan monyet-monyet yang bebas berkeliaran di tengah hutan lindung lantaran habitat tersebut khusus dibangun untuk penangkaran kera dan monyet.

Penangkaran Kera Sibaganding cukup luas, lahannya sendiri mencapai 50 hektar dan dikelola oleh masyarakat setempat. Letak Penangkaran Kera Sibaganding berdekatan dengan Tugu Marsuse. Uniknya, kera di habitat hutan lindung Simalungun tersebut cukup jinak dan tidak usil.

Berada di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Desa Sibaganding dulunya jadi primadona lantaran populasi kera-nya cukup banyak. Lain daripada itu, habitat alam di Sibanganding pun tergolong kaya akan flora dan fauna.

7. Pantai Bebas

tempat-wisata-di-parapat
pantai bebas parapat via tirto.id
Tempat wisata di Parapat dengan latar danau ini tidak kalah menarik. Apalagi setelah Pemkab Simalungun membangun sederet fasilitas serta menambah spot foto dengan tulisan iconic, Kebersihan area Pantai Bebas juga mendapatkan perhatian khusus.

Di Pantai Bebas, para pengunjung biasanya ber-swafoto dan berbelanja souvenir khas Sumatera Utara. Berbagai event pariwisata dan budaya kerap diadakan seperti Festival Rondang Bintang.

Transformasi Pantai Bebas yang disulap mengikuti tren milenial membuat pengunjung tak henti menyempatkan diri untuk ber-swafoto. Padahal, dulunya Pantai Bebas di sekitaran Tiga Raja ini hanya dermaga kapal.

8. Panorama Indah dari Bukit Senyum

tempat-wisata-di-parapat
foto: instagram.com/_josuasihombing
Jika ingin camping, objek wisata yang tergolong baru ini bisa jadi pilihan tepat. Dari titik ini, kamu akan menikmati suguhan panorama memukau, berikut pemandangan menawan di kejauhan. Di hari libur, salah satu bukit di Sumatera Utara ini cukup ramai dikunjungi.

Sesuai namanya, Bukit Senyum pasti bikin senyum bahagia sebab dari puncak lereng ini terhampar view yang menyajikan sisi lain dari Toba. Sayangnya, infrastruktur ke lokasi masih perlu dibenahi agar pengunjung bisa mudah sampai di areal perbukitan.

9. Wisata Indah Pantai Permai

tempat wisata di parapat
pantai wisata indah permai via @qadeppy
Destinasi lain yang gak kalah keren adalah Pantai Indah Permai yang masih tergolong baru dan mulai aktif beroperasi sejak 2018 lalu lho! Kalau mau liburan bersama keluarga, Wisata Indah Pantai Permai pun wajib kamu kunjungi karena memiliki suasana yang nyaman serta punya segudang fasilitas.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati sajian kuliner di warung yang letaknya persis di pinggir danau atau bagi yang suka memancing bisa menyalurkan hobi disini. Nah, spot Wisata Indah Permai berada di Jalan Pora-pora, Tiga Raja, Girsang Sipangan Bolon.

10. Pantai Pasir Putih Parapat

tempat wisata di parapat
pantai pasir putih parapat
Masih wisata baru juga, ada Pantai Pasir Putih yang menawarkan pemandian alam dengan suasana sejuk ditambah pasir putih layaknya di laut.

Pemandangan di Pantai Pasir Putih tersebut memang idaman sekali, wajar jika pengunjung betah berlama-lama di wisata pantai Parapat. Selain itu, kamu juga bisa bermain ban yang disewakan oleh pengelola.

11. Tiga Rihit, Kampung Warna Warni

tiga rihit via @genpidanautoba
Dijuluki kampung warna warni, Desa Tiga Rihit ini akan selalu dilintasi ketika melakukan perjalanan darat. Desa Tiga Rihit memang belum terlalu populer dibandingkan destinasi lainnya karena hingga kini masih dalam tahap pengerjaan.

Ke depannya, kampung warna-warni Tiga Rihit Parapat akan terus dikembangkan. Termasuk menata jalur sepanjang desa serta menambah keindahan dengan menanam berbagai jenis bunga. Kehadiran Tiga Rihit diharapkan bisa menjadi daya tarik terbaru, sehingga wisatawan tidak merasa bosan selama di perjalanan.

12. Super 9 Water Fun Lake Toba

super 9 water fun lake toba
Jika mau menikmati wahana air yang langsung berada di permukaan danau. Waterfun harus banget kamu kunjungi. Dibuka sejak 2018 lalu, Waterfun menyediakan banyak sekali kegiatan permainan air.

Super 9 Water Fun yang berlokasi di Jalan SM Raja, No 8, Sipangan Bolon tepatnya di Siantar Hotel ini memegang gelar sebagai taman bermain terapung terbesar di Indonesia lho!. Semua wahana yang ada di sini diletakkan di ruang terbuka sehingga pemandangan sekitar turut mendukung rekreasi kamu.

Harga tiket masuk ke Water Fun mulai dari Rp55.000 - Rp85.000. Cukup murah kan? apalagi rekreasi seperti ini masih satu-satunya di Sumatera Utara.

Bagaimana Cara ke Parapat

Transportasi ke sini dapat menggunakan transportasi darat dari Kota Medan, terdapat bus umum dan carteran di Jalan Sisingamangaraja, Amplas atau Pinang Baris. Selain itu bila anda berangkat dari Bandara Internasional Kuala Namu, sudah terdapat beberapa bus dan taxi yang trayeknya Medan - Parapat.

Seiring dengan program pemerintah terkait pembangunan kawasan prioritas, pemerintah memprogramkan pembuatan jalan tol ke Parapat yang melintasi Medan - Tebing Tinggi - Parapat yang akan mempermudah wisatawan berkunjung, aksesibilitas yang mudah dan nyaman ini tentu saja akan menambah tingkat kunjungan wisatawan. (RN/PSN)