Home » , » Mengenal Lebih Dalam Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta

Mengenal Lebih Dalam Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Thursday, October 27, 2016 | 2:23 PM

Apakah Anda sudah mengetahui lokasi Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta? Jika belum, maka Anda juga harus mengetahui mengenai berbagai informasi penting yang baru diberlakukan terminal tiga ini. munculnya terminal ini tentunya menjadi salah satu solusi dari berbagai masalah yang timbul karena padatnya jadwal beberapa maskapai di terminal sebelumnya dan Indonesia termasuk sebagai negara yang marketable dalam aktivitas lalu lintas penerbangan yang terus bertumbuh. 

Sumber: wartakotatribunnews.com

Tingginya kebutuhan dan demand masyarakat akan maskapai yang memadai turut mengupayakan perbaikan dan penambahan fasilitas yang lebih baik. Saat ini layanan terminal tiga Bandara Soekarno-Hatta telah beroperasi untuk melayani sekitar 25 juta jumlah penumpang di setiap tahunnya. Kawasan Terminal 3 lama saat ini sudah tidak aktif beroperasi, sebelumnya melayani beberapa maskapai saja seperti Lion Air, AirAsia, dan lainnya.Dan saat ini dipindahkan ke terminal 2dan 1.

Sumber: br-online.co

Adapun terminal 3 Ultimate yang saat ini dibuka hanya bisa dilalui dengan menggunakan shuttle bus yang akan melewati terminal 1, 2 dan terminal 3. Peresmian adanya Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta menerapkan peraturan baru yang penting untuk Anda ketahui.

Pertama, Anda tidak akan mendengar pengumuman melalui pengeras suara mengenai jadwal keberangkatan di setiap penerbangan. Kedua, terminal 3 ini juga tidak menyediakan porter sehingga penumpang harus siap menjadi lebih mandiri untuk membawa semua barang yang ada di bagasi. Peraturan ketiga, penyediaan jasa taksi menerapkan system FIFO atau First in First Out! Sehingga penumpang tidak diperkenankan memilih taksi sesuai keinginan.

Setelah resmi beroperasi sejak bulan Agustus lalu, beberapa rute maskapai mulai beralih ke terminal 3 ini seperti halnya Garuda Indonesia yang mengerahkan semua rute domestik yang semula berada di terminal 2F menuju ke terminal 3 yang baru. Sedangkan untuk rute penerbangan internasional belum sepenuhnya beralih dan secara perlahin-lahan masih terus berlangsung prosesnya.

Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta ini dilengkapi dengan penambahan fasilitas demi kenyamanan penumpang dengan mengusung konsep “Excellent Indonesia Hospitality”. Sementara ada juga ketentuan lain mengenai alur pergerakan penumpang. Alur ini bermanfaat untuk membantu penumpang memahami dengan cepat adanya ketentuan baru tanpa tersesat, terutama karena luasnya kawasan terminal baru ini.Untuk sementara, baru penerbangan domestik yang dilayani oleh Garuda.

Adapun alur perjalanan dengan menggunakan maskapai Garuda Indonesia adalah sebagai berikut:
1.   Alur transit domestik menuju ke domestik
Setelah berhasil mendarat, Anda tidak perlu beralih ke terminal lainnya. Anda hanya perlu menuju ke transfer lounge. Di lokasi tersebut penumpang harus melapor pada petugas dan melalui X-ray, kemudian beranjak menuju ruang tunggu.


Sumber: Garuda Indonesia via Angkasa.co.id

2.   Alur transit domestic ke internasional
Di rute Terminal 3 ini, penumpang harus mengganti terminal, menuju remote gate untuk menaiki shuttle bus sebelum sampai di Terminal 2. Next, Anda bisa segera menaiki lantai 2 untuk check in.

Sumber: garuda-indonesia.com

3.   Alur transit internasional ke rute domestik
Dalam pergantian rute ini, Anda harus mengganti terminal. Setalah sampai di terminal 2, kemudian dilakukan pemeriksaan, Anda bisa menuju ke petugas di koter transfer yang juga berada di Terminal 2. Setelah itu, menuju ke Gate F6 Terminal 2 menuju. Terminal 3 baru dengan menggunakan shuttle. Alur masih berlanjut hingga menuju ke lantai 1, melalui X-Ray dan berakhir di ruang tnunggu sebelum brangkat.

Nah, itu tadi beberapa info penting yang wajib Anda ketahui saat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Bagimanapun mengetahui informasi mendasar seperti ini akan membantu Anda menggunakan efisiensi waktu, yang lebih penting Anda terhindar dari keterlambatan karena tidak tahu alur yang sekarang berlaku.

Hal penting lainnya, Anda harus siap menjadi mandiri karena tidak adanya potters dan juga mengingat-ingat jadwal penerbangan yang paling update. Di era yang serba cepat ini menjadikan semakin minimalnya layanan secara manual, semua hal disediakan secara computerize. Beberapa update informasi penting lainnya bisa Anda dapatkan dari bebagai sumber. Cari tahu sebanyak-banyaknya baik melalui online maupun jadwal yang muncul di terminal bandaranya ya.
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net