Widget HTML Atas

Desa Silalahi Obyek Wisata Kabupaten Dairi

pariwisataSUMUT.Net - Desa Silalahi Obyek Wisata Kabupaten Dairi yang berada persis di tepi Danau Toba, seperti yang kita ketahui bahwa Danau Toba berada di sekitar 7 kabupaten di Sumatera Utara. Memiliki keindahan alam berupa Bukit Barisan, Silalahi telah menjadi destinasi utama bagi wisatawan lokal.

Bersama dengan Komunitas Traveling Medan, tim kami berangkat dari Kota Medan pada pukul 5 sore dan tiba di Silalahi ketika malam telah bersambut. Rute menuju lokasi dapat ditempuh dengan rute: Medan - Berastagi - Kabanjahe - Merek - Tongging - Silalahi. Kami bergegas menelusuri pantai di tepian Danau Toba untuk mendirikan tenda. Hujan yang turun semenjak kami tiba di Merek dan sesampainya di Silalahi curahnya masih tinggi. Sebab itu pula, kami yang berjumlah 7 orang bergegas untuk tidur demi menyongsong pagi, ya sunrise adalah moment pilihan bagi para pejalan seperti kami.

Ketika matahari mulai muncul, kami bergegas bangkit dan mengintip pagi, dari ufuk timur telah terbit surya yang kami tunggu. Meski gerimis, keindahan akan ciptaan Tuhan ini tetap menggoda untuk diabadikan. Untuk Anda ketahui, Silalahi adalah palung terdalam Danau Toba, disini juga terdapat Pembangkit Listrik Lau Renun yang memasok daya listrik di Sumatera Utara. Selepas sarapan, beberapa dari kami terjun bebas menikmati kesegaran Danau Toba. Dulu, banyak pelancong yang mengatakan bahwa Danau Toba memiliki kesegaran tersendiri yang mampu menghilangkan rasa penat dan lelah, bagaimana menurutmu?. Disini juga terdapat Tugu Marga Silalahi, salah satu marga Batak Toba yang kini dapat anda temukan hampir di seluruh Indonesia. Tugu ini berdiri megah menghadap Danau Toba dan biasanya juga banyak wisatawan yang datang berkunjung.

Aksesibilitas menuju Silalahi bila ditempuh dari Kabupaten Karo masih lumayan memadai, namun setelah dari Tongging mau tidak mau Anda harus bersiap melewati perjalanan yang cukup menegangkan. Terutama di sisi kanan jalan dimana terdapat bebatuan longsor. Bila malam hari, tidak terdapat penerangan sehingga anda harus extra hati-hati. Pada musim tertentu, ketinggian ombak di kawasan ini bisa mencapai 5 meter.

Lokasi camping di Silalahi yang kami pilih sepertinya bekas tempat wisata, masih berdiri beberapa gazebo menghadap langsung ke danau terbesar di Asia Tenggara ini. Sayangnya, tingkat kunjungan wisatawan ke Silalahi masih tergolong rendah, mungkin itulah sebabnya di lokasi camping tersebut terlihat tidak terjaga dengan baik. Baca juga artikel menarik kami lainnya: Keindahan Sipolha Horizon di Simalungun

Simak video perjalanan kami berikut:

Obyek wisata ini cukup mengagumkan, perbukitan yang memanjang mengisi tepian Toba seolah melindungi perairan yang begitu luas. Bagi anda para fotografer penyuka landskap, Silalahi adalah obyek menarik untuk diabadikan dengan cahaya. Penduduk masyarakat di desa ini mayoritas menggantungkan hidup dari pertanian dan perikanan maka tak jarang mata Anda akan menangkap lahan dengan tumbuhan bawang merah serta keramba ikan di tepian Desa Silalahi. Baca juga artikel menarik kami lainnya: Wisata Bukit Gibeon Sibisa Toba Samosir

Terdapat beberapa hotel dan penginapan di Silalahi yang dapat anda sesuaikan dengan budget. Selain itu ada juga rumah makan yang dikelola oleh penduduk setempat. Bila Anda ingin menikmati Danau Toba dengan cara berbeda, camping adalah pilihan yang tepat.