Top Ad unit 728 × 90

Bakkara dan Pesona Si Raja Batak di Humbang Hasundutan


Bakkara semenjak lama telah banyak dikenal oleh wisatawan terutama suku Batak. Tidak hanya identik dengan pesona Danau Toba, Bakkara atau juga Bakara memiliki sederet tempat wisata yang menarik dan sayang untuk dilewatkan.

Sebagai satu dari beberapa kabupaten yang masuk ke dalam Pariwisata Danau Toba, Bakkara akan menjadi salah satu lokasi Festival Danau Toba 2017 yang akan diadakan pada Desember mendatang.

Mayoritas penduduk yang tinggal di Bakara adalah suku Batak Toba dengan mata pencaharian sebagai petani. Sebagai ibukota dari Kecamatan Bakti Raja, Bakara memiliki pelabuhan sebagai moda transportasi ke Samosir, Nainggolan dan Pulau Sibandang.

instagram/yuki.sm
Bakkara memiliki nilai historis terkait kebudayaan Batak terutama terkait masa kejayaan Raja Sisingamangaraja XII. Salah satu saksi bisu terkait Si Raja Batak adalah Air Terjun Binanga Janji atau lebih dikenal juga dengan sebutan Air Terjun Bakti Raja. Dengan Ketinggian mencapai 30 meter, Air Terjun Janji dahulu digunakan sebagai tempat raja-raja Batak mengucap janji pada masa perang. Sekarang, objek wisata ini sudah dikelola oleh pemerintah setempat.

Baca Juga:
Tempat Wisata di Humbang Hasundutan
Air Terjun Sampuran Janji
7 Lokasi Arung Jeram di Sumatera Utara

instagram/@rikky_purba
Melintas ke tempat lain, ada Gua Partonunan, ada sebuah Gua yang dahulu digunakan oleh ibu Sisingamangaraja untuk menenun kain khas Batak, Ulos. Beberapa waktu terakhir, Goa Partonunon semakin sering dikunjungi oleh wisatawan karena memiliki nilai-nilai sejarah cukup kental terkait Batak. Pada tahun 2017, Komunitas Fotografi juga menjadikan Goa Partonunon sebagai lokasi pengambilan foto untuk Batak Imagery 1900. Di lokasi lainnya Anda juga dapat melihat Makam Putri Sisingamangaraja XII yang meninggal karena penjajah.

Ikuti kami di Akun Instagram resmi @pariwisata_sumut dan tambahkan line official @usl4895d

Bila Anda ingin mengunjungi tempat wisata lainnya di sekitar Humbang Hasundutan, ada Aek Sipangolu yang berarti air pemberi kehidupan, Aek Sipangolu berada di Desa Simangulampe, Kec Bakti Raja. Jarak dari Dolok Sanggul menuju lokasi sekitar 16 km dan dapat ditempuh dengan menggunakan kenderaan roda empat maupun dua.

Selain itu Anda juga bisa berkunjung ke Istana Sisingamangaraja, masih di kecamatan yang sama, Istana Sisingamangaraja berada di Desa Simamora. Di tempat ini jugalah Raja Sisingamangaraja dimakamkan. Jadi sudah ada rencana untuk berkunjung ke Bakkara?
Bakkara dan Pesona Si Raja Batak di Humbang Hasundutan Reviewed by pariwisata SUMUT on November 04, 2017 Rating: 5

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Powered by Blogger.