Widget HTML Atas

Garunggang Village, Beragam Objek Wisata Langkat di Dalam Satu Desa

Desa Garunggang berada di Kabupaten Langkat, berbatasan langsung dengan Kabupaten Karo, dikelilingi oleh Bukit Barisan dan dekat dengan kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) yang diapit oleh dua provinsi yakni Sumatera Utara dan Aceh.

Nama Garunggang sudah cukup terkenal bagi masyarakat Sumatera Utara, di desa ini terdapat banyak objek wisata alam seperti Air Terjun Namo Belanga dan Pemandian Teroh-Teroh yang sempat viral di berbagai sosial media. Seiring perjalanan, Desa Garunggang yang kini berada di bawah pimpinan Purnama Ginting, bertransformasi sejak awal 2017 dan tengah fokus mengembangkan desa yang berhawa sejuk ini sejalan dengan konsep Wisata Dalam Desa.


Purnama Ginting yang di masa mudanya menjadi penggiat pariwisata, mengatakan bila sektor pariwisata tidak akan pernah ada matinya. Berangkat dari hal tersebut, Kepala Desa Garunggang bersama masyarakat lokal mendorong potensi pariwisata Garunggang dengan membuka berbagai objek wisata baru mulai dari Taman Selfi, Kolam Renang dan akan terus dikembangkan pada 2018 ini.

Aksesibilitas dan Transportasi

Perjalanan menuju Desa Garunggang dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi darat. Menghabiskan waktu tempuh sekitar 2-3 jam dari ibu kota Provinsi Sumatera Utara, Medan melalui rute Medan - Binjai - Garunggang. Dari Garunggang Anda dapat memilih beragam objek wisata, bila ingin ke Taman Selfi dan kolam renang bernuansa alam, silahkan lanjut perjalanan Anda ke Lau Kulap.


Kondisi jalan sudah cukup memadai dan layak untuk kendaraan moda transportasi roda dua dan empat. Namun bila ke Lau Kulap, perjalanan memang sedikit berbatu, tetapi jangan khawatir, perjalanan seperti ini hanya memakan waktu sekitar 15 menit. 

Retribusi Masuk

Setiap pengunjung yang datang akan dikenai biaya retribusi, di Lau Kulap yang masuk ke dalam wilayah administratif Desa Garunggang berlaku sistem one gate dengan rate mulai dari Rp10.000 - Rp25.000 sedangkan tarif di objek wisata lainnya cukup beragam.


Baca Juga Artikel Menarik Tentang Pariwisata Langkat Lainnya:
Surga Tersembunyi di Langkat itu Bernama Tangkahan
20 Tempat Wisata di Kabupaten Langkat
Rafting Sei Bingei di Langkat

Sosial Demografi 

Di 2017, Garunggang meraih predikat sebagai Desa Inovasi sejalan dengan kemajuan  yang telah diraih. Penduduk di Desa Garunggang yang masuk ke dalam Kecamatan Kuala ini tergolong ramah, terdapat juga tempat beribadah yang dapat dengan mudah Anda temui di sepanjang sisi jalan.


Aktivitas Wisata di Desa Garunggang

Anda dapat melakukan perjalanan wisata ke Garunggang Village dengan one day trip saja, tetapi bila ingin berkemah (camping) dengan suasana alam hijau dan udara dingin, di tempat ini tersedia terdapat beberapa lokasi yang layak, di Lau Kulap misalnya. Selain itu Anda bisa menikmati segarnya kolam renang mata air babarsari yang lokasinya berada di dalam terbuka.View landskap dan bentang alam di sepanjang gugusan Bukit Barisan tentu saja sangat menarik untuk diabadikan jika Anda tergolong pecinta fotografi.

Yuk, atur jadwal traveling Anda ke Garunggang Village yang mengusung konsep "Wisata Dalam Desa". Salam Sejuta Manikam Pariwisata Sumatera Utara.