Top Ad unit 728 × 90

Salib Kasih Tarutung, Pesona Wisata Tapanuli Utara

Pariwisata Sumut Net - Salib Kasih Siatas Barita berada di Kabupaten Tapanuli Utara, menjadi salah satu destinasi wisata religi bagi umat Nasrani yang sangat populer semenjak dahulu. Salib Kasih sering kali dikunjungi oleh wisatawan baik lokal, domestik maupun internasional.

Untuk menuju Salib Kasih dapat menggunakan transportasi roda dua maupun empat dengan waktu tempuh kurang lebih 8 jam. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan rute penerbangan dari Kualanamu International Airport ke Silangit Airport. Sekadar informasi, kedua bandara tersebut kini telah menyandang status sebagai bandar udara internasional.

 
Kaitan Salib Kasih dan Nommensen

Memiliki nama lengkap Ludwig Ingwer Nommensen, sosok pria berkebangsaan Belanda ini amat populer bagi Suku Batak terutama bagi mereka yang menganut agama Kristen. Nommensen dikenal sebagai bapak missionaris Batak. Ia juga populer sebagai sosok yang memiliki peranan besar pada cikal bakal keberadaan Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), salah satu gereja terbesar di Indonesia saat ini.

Dalam pengabaran Injil, I.L Nommensen semula ditugaskan di Barus namun karena masalah keamanan, ia kemudian dipindah tugaskan ke Tapanuli Utara. Di awal kedatangannya, ia sempat mendapatkan penolakan dari masyarakat lokal. Ketulusan dan kebesaran niatnya dalam mengabarkan Injil akhirnya membuat beberapa pihak luluh dan menerima Nommensen hadir di tengah-tengah masyarakat Batak.

Baca juga artikel terkait Pariwisata Sumut lainnya:
7 Tempat Wisata di Tapanuli Utara
Salib Kasih Siatas Barita Tarutung
Bukit Doa Huta Ginjang

Di Siatas Barita, dimana kini berdiri megah Salib Kasih, Nommensen berdoa dan meminta pertolongan dari Tuhan, ia bernazar untuk menyebarkan agama Nasrani di tanah Batak. Hal tersebut dapat kamu lihat bila tengah berkunjung, ada sebuah batu yang dipugar, tempat dimana Nommensen dahulu berdoa.

Salib Kasih dibangun untuk mengenang jasa Nommensen atas pengaruhnya yang besar dalam mengabarkan berita baik ke tanah Batak. Nommensen sendiri menghembuskan napas terakhir di Tarutung, Nommensen wafat pada 11 November 1983 di Rura Silindung.


Gambaran Salib Kasih

Dibangun sejak 1993 silam, Salib Kasih masih terus dikembangkan terutama di era milenial traveller, pihak pengelola yakni Dinas Pariwisata Tapanuli Utara mulai membuat beberapa spot foto menarik.

Dari kota Tarutung, Salib Kasih terlihat sangat jelas, wajar saja karena ketinggiannya mencapai 31 meter dan didirikan di atas bukit. Tepat di bagian depan, ada Kapel terbuka dan biasanya digunakan sebagai tempat peribadatan pada hari Minggu dan hari-hari besar Kristen lainnya. (AN/PSN).
Salib Kasih Tarutung, Pesona Wisata Tapanuli Utara Reviewed by pariwisata SUMUT on February 05, 2018 Rating: 5

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Powered by Blogger.