Widget HTML Atas

Yang Menggoda, Pulau Sibandang di Danau Toba

Pulau Sibandang - Hallo Travelers! sudah tahu kah kamu kalau di Danau Toba tidak hanya ada Samosir? yap! ternyata ada pulau lainnya lho di kawasan danau terbesar di Asia Tenggara ini. Satu diantaranya adalah Sibandang yang berada di Kabupaten Tapanuli Utara. Tempat tersebut kerap juga dinamai pulau Mangga karena menjadi sentra penghasil buah Mangga di Sumut yang komoditasnya banyak didistribusikan ke berbagai daerah.

pulau sibandang

Pulau Sibandang - Danau Toba

Wisata Danau Toba bernama Pulo Sibandang ini memiliki luas sekitar 850 hektar, terdiri dari beberapa wilayah seperti Desa Papande dan Desa Sampuran. Fakta unik dari Sibandang terletak pada kontur pulau yang hampir keseluruhannya dikelilingi oleh bebatuan. Letaknya juga cukup strategis dan dapat terlihat dari Tarabunga, Sigaol, Nainggolan, Dolok Tolong dan Muara.

Destinasi ini sudah ditetapkan sebagai salah satu kawasan prioritas pariwisata Danau Toba sejak beberapa tahun lalu. Sebab itu pula, beragam atraksi wisata semakin dikembangkan baik oleh Kemenpar maupun Dinas Pariwisata (Dispar) Tapanuli Utara.

Tempat Wisata di Pulau Sibandang

Pulau yang menggoda ini bisa jadi destinasi yang patut kamu perhitungkan jika ingin menjelajah wisata Tapanuli Utara. Nah, berikut sederet obyek menarik di Sibandang.

1. Desa Papande

tenun ulos sibandang foto by @erwinnasrulloh
Di sini, para traveler akan diajak melihat langsung pembuatan ulos tradisional mulai dari proses pembuatan tali, motif hingga pengerjaan. Ulos paling terkenal dari Sibandang adalah Ulos Harungguan.

2. Desa Sibandang

desa sibandang via @parmawati_nainggolan
Jangan lewatkan juga untuk mengunjungi Rumah kepala Nagari Rajagukguk yang diketahui memiliki nilai historis bagi para penduduk. Selain itu, kamu bisa mendaki ke Puncak Bukit Sibandang dimana terdapat makam Raja Sorta Uluan. Uniknya, di sini kamu bisa juga menemukan Batu Parsidangan atau Partukkoan sama seperti di Desa Siallagan.

3. Desa Sampuran

pulau sibandang via @kajjemanuk_boraspati
Serunya lagi, kamu bisa belajar budaya Batak dan melihat atraksi hoda-hoda, sebuah ritual adat Batak sekaligus melihat pertunjukan seni bela diri Khas Batak yang dikenal dengan istilah Moncak.

Lokasi dan Rute ke Pulau Sibandang

Salah satu pulau di Danau Toba, Sibandang, berada di Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara. Jika ingin ke pulau Sibandang, sobat traveler dapat menyeberang dari Muara atau bisa juga dari Nainggolan di Samosir.

Cara ke Pulau Sibandang

Kamu dapat menggunakan transportasi penyeberangan Danau Toba melalui 3 pelabuhan kapal yang ada di sekitar yakni: Pelabuhan Muara (Taput) Pelabuhan Balige (Toba Samosir) dan Pelabuhan Nainggolan (Samosir)

wisata danau toba
Baca juga:
1. Samosir Cottages Tuk Tuk

Gambaran Pulau Sibandang

Tak banyak wisatawan yang tahu akan keberadaan salah satu pulau di Danau Toba ini, pulau yang dikelilingi oleh bebatuan, tentu menjadi daya tarik tersendiri dibandingkan pulau di Danau Toba lainnya.

Bentuk pulaunya sedikit mengerucut, bila dipandang dari Sipinsur dan bila semakin diamati akan menyerupai ikan yang tengah berenang. Tak banyak fasilitas yang tersedia, bila anda ingin bermalam, menginaplah di rumah penduduk setempat.

Aktifitas memancing menjadi kegiatan menarik bagi pengunjung, Kuantitas ikan disekitar pulau ini memang cukup banyak, sehingga tak ayal lagi dijadikan sebagai sumber penghasilan oleh penduduk setempat.