Widget HTML Atas

Wisata Humbahas, Dolok Pesona Panoguan Solu yang Memukau

dolok panoguan solu
Pariwisatasumut.net - Danau Toba yang berada di 7 kabupaten di Sumatera Utara menyimpan sejuta pesona memukau, di setiap kabupaten terdapat banyak destinasi yang sangat layak dikunjungi, salah satu yang tergolong baru adalah Dolok Pesona Panoguan Solu, objek wisata alam di kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).

Dolok (Puncak) Pesona Panoguan Solu berada di Desa Parulahon Kecamatan Lintongnihuta di ketinggian  330 - 2.075 meter di atas permukaan laut. Pada era pemerintahan presiden Jokowi, tempat ini sempat direncanakan sebagai lokasi Taman Bunga Nusantara (TBN), Presiden Joko Widodo juga sudah berkunjung ke tempat tersebut pada 28 Agustus 2016 silam, namun seiring berjalannya waktu, TBN kemudian dialih-tempatkan ke Kecamatan Pollung yang wilayahnya masih berada di Kabupaten Humbahas.

Dengan luas mencapai 40 hektar, Dolok Pesona Panoguan Solu dapat ditempuh dari kota Medan menggunakan transportasi umum, menghabiskan waktu sekitar 9-10 jam perjalanan darat. Bila ingin mempersingkat waktu, Anda dapat memanfaatkan transportasi udara melalui Bandara Kuala Namu ke Bandara Silangit. Aksesibilitas menuju lokasi memang sudah cukup memadai, hanya sebagian jalan menuju puncak yang masih berbatu.

Baca juga artikel menarik kami lainnya:
Tugu Becak Pematang Siantar
Event Pariwisata di Sumatera Utara
Sapo Juma di Tongging

Dari sini, Anda dapat menyaksikan pemandangan Danau Toba, di kejauhan terlihat Pulau Sibandang yang semenjak dahulu sudah dikenal sebagai sentra penghasil buah Mangga terbesar di kawasan Sumatera Utara. Di lokasi ini Anda juga dapat melihat beberapa objek yang berkaitan dengan budaya tradisional Suku Batak, Ruma Bolon misalnya.

Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu cukup lama, Anda dapat mendirikan tenda (camping ground) di sekitar kawasan Bukit Panoguan Solu serta menikmati udara dingin yang sudah iconic sebagai atmosphere Humbang Hasundutan. Bila Anda menyukai fotografi landskap, tempat ini dijamin tidak akan membuat Anda menyesal, suguhan view yang eksotis dengan mudah bisa Anda peroleh.