Top Ad unit 728 × 90

Inilah 9 Tempat Wisata di Kota Langsa Paling Populer

Sejak terbentuk pada 2001 silam, Kota Langsa semakin bertransformasi di segala bidang termasuk industri pariwisata. Profil pemerintahan kota yang mencakup 5 kecamatan ini memang memiliki keunikan tersendiri dibandingkan daerah lainnya di Provinsi Aceh.

Tidak hanya karena punya tata ruang yang terkonsep rapi, sejarah Langsa yang terbagi ke dalam 4 versi berbeda ini juga cukup menarik untuk ditelusuri. Pun obyek wisata kota Langsa mulai dari bahari, budaya hingga kuliner merupakan atraksi wisata yang tentu saja sulit untuk dilewatkan.

foto aerial kota langsa - foto: instagram/hazarulfahmi
Butuh referensi ketika liburan ke Langsa? berikut ini 9 tempat wisata di Kota Langsa yang paling populer dan wajib untuk kamu kunjungi.

1. Taman Mangrove Langsa Aceh Timur
Aceh Timut memang memiliki batas wilayah yang berhadapan langsung dengan Selat Melaka, sebab itu pula kawasan ini kaya akan wisata pantai dan bahari. Sebut saja Wisata Hutan dan Taman Mangrove Aceh Langsa yang menjadi benteng pertahanan daratan dari abrasi laut.

Wisata Hutan Mangrove Kota Langsa yang berlokasi di kilometer 10, Kuala Langsa, ini memang masih tergolong baru. Namun, animo masyarakat untuk berlibur ke kawasan yang kaya akan tanaman bakau ini sudah tergolong tinggi. Fasilitas yang disediakan juga sudah cukup lengkap.

mangrove langsa - foto: instagram/preitysonia_
2. Hutan Kota Langsa
Dibuka untuk umum, hutan lindung Kota Langsa kerap dijadikan sebagai tempat wisata keluarga. Di dalam area terdapat juga permainan untuk anak-anak dan dewasa. Tidak sedikit pula karyawan dari berbagai perusahaan dan komunitas melakukan aktivitas outbond di tempat ini karena fasilitasnya memang sudah disediakan.

Lebih keren lagi, ada rumah pohon yang sudah dibangun oleh pemerintah setempat. Soal retribusi, setiap pengunjung diwajibkan membayar Rp2.500/orang sedangkan biaya parkir mulai dari Rp2.000-5.000 tergantung jenis kenderaan.

hutan lindung kota langsa - foto: @eika_chimey
3. Gedung Balee Juang
Disebut sebagai icon Kota Langsa dan sudah berdiri sejak 1924. Memiliki arsitektur seperti bangunan Eropa dan hebatnya masih tetap terjaga baik serta difungsikan sebagai perkantoran untuk instansi pemerintah.

Bagi yang hobi wisata heritage, Gedung Balee Juang ini tak boleh dilewatkan. Berada di Gampong Jawa dan berdekatan dengan Kantor Pos yang juga berarsitektur serupa.

gedung bale juang langsa - foto: @devi_ersaputri
4. Mutiara Waterpark
Nah, jika kamu butuh wahana air dan kolam renang di Langkat, ada Mutiara Waterpark yang memasang tarif masuk Rp20.000/orang untuk hari biasa sedangkan di hari libur tarifnya naik jadi Rp25.000.
Baca: 7 Tempat Wisata di Kota Banda Aceh Paling Populer
Ada beragam wahana air di area Mutiara Waterpark yang beralamat di Paya Bujok Seuleumak, Langsa Baro ini. Jadi tidak bakal membosankan. Selain itu, ada juga penjual makanan dan minuman jika perut mulai keroncongan.


5. Taman Bambu Runcing
Selanjutnya ada Taman Bambu Runcing yang berada persis di Gampong Jawa. Dari namanya sudah diketahui kenapa disebut Taman Bambu Runcing. Ya, karena terdapat monumen atau tugu berbentuk bambu berwarna kuning di tengah taman.

Taman ini didirikan pada tahun 1948 silam dan merupakan wujud penghargaan terhadap perjuangan para pahlawan dari Langsa.

taman bambu runcing - foto: @m2.girls
6. Pelabuhan Kuala Langsa
Ingin melihat sunrise dan sunset memesona di Langsa? saatnya ke Pelabuhan Kuala Langsa yang biasanya ramai dikunjungi setiap sore hari. Sempat vakum beberapa tahun dan kembali aktif sejak 2007 silam, pelabuhan ekspor dan impor ini cukup dekat dari pusat kota, hanya 10 km.
Baca: 8 Tempat Wisata di Aceh Tamiang
Jangan salah lho! Pelabuhan Kuala Langsa sempat berjaya sekitar tahun 1963. Sejak dibuka lagi, Pelabuhan Kuala Langsa kini melayani rute perjalanan ke negeri jiran, Malaysia.

pelabuhan kuala langsa - foto: @khfi_alfthn
7. Pusat Jajanan Aceh
Liburan malam identik dengan kuliner, beruntungnya di Langsa ada pusat jajanan yang terkelola dengan baik sehingga kamu tak perlu keliling untuk mencari kudapan atau makanan khas Aceh.
Baca: 10 Tempat Wisata di Kabupaten Aceh Besar
Nah, kawasan kuliner Aceh yang dibangun dengan biaya 5 miliar ini menjadi titik kuliner terlengkap di Kota Langsa, kamu bisa mencicipi Mie Aceh hingga ragam seafood yang lezat punya.


8. Vitra Tirta Raya Waterboom
Masih ada wahana air lainnya di Kota Langsa bernama kolam renang Vitra Tirta Raya yang beralamat di Jalan TM Bahrum, Langsa Barat dan baru selesai dibangun beberapa tahun lalu. Sebagai informasi, Vitra Tirta Raya diklaim sebagai kolam renang dengan fasilitas terlengkap di Provinsi Aceh lho!. Bahkan seluruh kawasan Vitra Tirta sudah berstandard internasional.


9. Pantai Buatan Kuala Langsa
Bersebelahan dengan Wisata Mangrove, Pantai Buatan Kuala Langsa ini juga mengandalkan vegetasi hutan bakau sebagai daya tarik. Di sepanjang bibir pantai, terdapat lesehan atau tempat beristirahat, biasanya digunakan para pengunjung sebagai tempat bersantai. Selain itu, wisatawan juga kerap berenang di tempat ini.

pantai buatan kuala langsa - foto: @hafizah.agsain
Kota Langsa setiap tahunnya mulai menyelenggarakan event pariwisata bertajuk Langsa Festival & Expo. Menampilkan kekayaan Kota Langsa serta kesenian khas Aceh. Selama perhelatan berlangsung, diadakan juga beragam pameran menarik seperti industri kreatif dan pendidikan.

Pariwisata Aceh memang menyimpan sejuta manikam pesona. Mulai dari bahari, sejarah hingga budaya. Yuk, menelusuri tempat wisata di Aceh. (Th.E/AN/PSN).
Inilah 9 Tempat Wisata di Kota Langsa Paling Populer Reviewed by Pariwisata Sumut on November 23, 2018 Rating: 5

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Powered by Blogger.