Widget HTML Atas

10 Tempat Rekreasi di Medan Paling Hits, Terbaru & Kekinian

Pesona menarik yang ditawarkan oleh kota Medan tak sebatas destinasi budaya dan sejarah saja. Medan giat melakukan sederet inovasi demi mendorong sektor pariwisata. Tak heran, kini semakin banyak pula bermunculan tempat rekreasi yang hits dikunjungi wisatawan mancanegara dan domestik.
 
Predikat Medan sebagai kota tujuan wisata tak perlu diragukan. Pasalnya, sudah tersedia berbagai tempat rekreasi hits yang bisa dipilih untuk alternatif liburan. Apalagi, beberapa diantaranya masih tergolong baru sehingga atmosfernya benar-benar fresh!
 
Bagi generasi milenial yang akrab dengan destinasi kekinian, berikut 10 tempat rekreasi di Medan yang wajib masuk bucketlist. Yuk, simak selengkapnya.
 

Taman Wisata Merci

tempat rekreasi di medan
tempat wisata hits di medan - image: rizki aditia/siti nabila
Tempat rekreasi yang tengah banyak diinicar masyarakat ini menawarkan destinasi yang terintegrasi dengan taman bermain dan wahana waterboom. Lokasinya juga masih cukup terjangkau dan tak terlalu jauh pula dari pusat kota Medan.
 
Di dalam taman rekreasi ini pengunjung bisa menghabiskan waktu seharian dengan berenang, bermain wahana dan mencoba beragam kuliner sedap di area cafe maupun restoran. Tak kalah penting adalah berfoto di sederet spot selfie yang instagramable.
 
Tempat rekreasi ini merupakan taman rekreasi yang paling hits sekaligus terlengkap di seputaran kota Medan. Oleh fasilitas yang prima serta ditunjang sarana prasarana memadai, tak sedikit turis mancanegara yang berkunjung ke sana. 
 
 

Wisata Kota Tua Kesawan

image credit: gmaps/adhe zai
Menikmati Medan dengan vibes tempo dulu tapi tetap kece diuanggah ke media sosial? Datanglah ke sekeliling area  Kesawan dan rasakan nuansa jadul kota Medan yang bikin flashback tanpa perlu merogoh kocek sedikitpun alias gratis.
 
Banyak sekali fasilitas menarik lain di kawasan kota tua Medan ini, seperti cafe, restoran dan pusat perbelanjaan. Apalagi areanya terkoneksi dengan sejumlah bangunan heritage lainnya yang tampak klasik. Berjalan-jalan di area Kesawan memang membuat pengunjung seolah terlempar kembali ke masa lampau.
 
Seperti kota tua lainnya di Indonesia, seluruh bangunannya sangat instagramable. Paling rekomended kalau datang malam hari. Karena pada waktu tersebut, tempatnya akan semakin indah oleh gemerlap lampu-lampu yang menerangi kawasan kota tua.
 

Taman Sedulur Dirgantara

credit: muhammad rizki syahputra
Membawa anak-anak rekreasi ke alam terbuka memang sangat dianjurkan. Selain bisa menghabiskan waktu bersama keluarga, aktivitas tersebut juga turut membantu tumbuh kembang mereka. Dan salah satu tempat wisata yang baru dibuka yakni Taman Sedulur Dirgantara ini bisa dijadikan pilihan.
 
Di taman yang berbatasan langsung dengan Bandara Kualanamu ini terdapat banyak sekali spot aestetik untuk dibuat jadi latar foto. Mulai dari kolam mini, jembatan instagenik, spot-spot foto keren hingga gazebo beratapkan daun rumbia.

Mengajak anak-anak rekreasi ke Taman Sedulur Dirgantara tidak akan menghabiskan banyak biaya. Hanya perlu mengeluarkan tiket masuk yang murah. Ditambah biaya makan jika Anda mau sekalian mencipi makanan dan minuman di sana.
 

Penangkaran Buaya Asam Kumbang

credit: gmaps/ibnu r siregar
Tempat rekreasi berikutnya adalah Penangkaran Buaya Asam Kumbang yang konon merupakan penangkaran buaya terbesar di Asia Tenggara. Penangkaran ini sekaligus menjadi rumah bagi ribuan jenis buaya yang asalnya tak hanya dari Indonesia, tetapi juga luar negeri.
 
Penangkaran Buaya Asam Kumbang memiliki lahan seluas 2,3 hektar. Meski tergolong hewan liar, beberapa buaya di sana sudah jinak. Pengunjung bisa berfoto dengan seekor buaya putih yang cukup friendly. Dijamin, foto bersama buaya bakal bikin Warganet iri.
 
 

Taman Sri Deli

credit: desy zulfiani
Sempat menuai pro-kontra, revitalisasi Taman Sri Deli yang diketahui merupakan situs peninggalan Kesultanan Deli berujung indah. Jika dahulu tempat ini terkesan kumuh dan tak terawat, hal berbeda akan ditemukan jika menyusuri taman di tengah kota tersebut.
 
Di taman ini sudah tersedia taman mini yang dipercantik dengan berbagai jenis bunga. Sementara bagi wisatawan yang ingin bersantai, bisa menggelar tikar di atas rerumputan atau duduk di bangku yang sudah disediakan.
 
Taman Sri Deli dikelilingi oleh 2 bangunan yang cukup populer, Masjid Raja di bagian depan dan Istana Maimun di sebelah kanan. Jika punya waktu yang cukup banyak, Anda bisa mengajak keluarga berkunjung sekalian ke sana.
 

Taman Wisata Ratu Anggur

image credit: instagram/ agus mulyadi
Taman Wisata Ratu Anggur merupakan tempat rekreasi di sekitar Medan dan Deli Serdang yang menyajikan pemandangan tanaman buah anggur di lahan perkebunan terbuka. Memang destinasi terbaru ini belum lama dibuka untuk publik, tapi pengunjungnya sudah mulai ramai.

Berkunjung ke tempat rekreasi ini, Anda bisa melihat langsung bagaimana budidaya buah anggur di kawasan tropis. Termasuk, ikut memetik buah sekaligus mengetahui cara perawatan tanaman buah yang diketahui berasal dari Armenia tersebut.

The Le Hu Garden

image credit: pariwisatasumut.net
Popularitas The Le Hu Garden mencapai puncaknya pada tahun 2018. Karena pada tahun tersebut, belum banyak destinasi yang mengusung tema wisata kekinian di Medan. Sangat berbeda bila dibandingkan dengan sekarang. Dimana, hampir di setiap sudut ditemukan lokawisata yang menargetkan kaum urban milenial.
 
Walau tidak seramai dulu, tempat rekreasi ini masih tetap beroperasi hingga sekarang. Pengunjung bisa mengeksplor destinasi tesebut untuk menambah stok foto. Patut diakui, jika setiap area dirancang sangat instagenik.
 
Hanya saja, tidak semua area dapat digunakan untuk berfoto secara gratis. Terutama bagi yang membawa kamera DSLR maupun gadet fotogragi profesional lainnya, harus siap-siap mengeluarkan biaya tambahan selain tiket masuk.
 

Katamso Land

image credit: andri saputra/gmaps
Melengkapi destinasi kuliner yang kekinian yang cocok untuk rekreasi keluarga di Medan, ada Katamso Land di jalan Brigjend Katamso Medan, sebuah kawasan wisata terpadu yang menawarkan tempat nongkrong kekinian dengan suasana yang nyaman bagi segala usia.
 
Coba bayangkan bagaimana enaknya menikmati makanan lezat plus minuman segar sambil dihibur oleh penampilan live band. Seketika bikin lupa rutinit as kerja yang menjemukan, bukan? Selain berburu kuliner, pengunjung bisa juga berbelanja di sini.
 

Istana Maimun

image credit: noor asyahdi/gmaps
Mengulas wisata hits dan kekinian di Medan memang tak afdal jika melewatkan icon wisata yang satu ini. Apalagi kalau bukan Istana Maimun, sebuah tempat tinggal sekaligus bukti dari kejayaan keluarga Kesultanan Deli.
 
Istana dengan arsitektur yang memadu-padankan berbagai desain dari negara Cina, Arab dan Melayu ini tak mau ketinggalan membidik milenial traveler. Sebab, aktivitas pengunjung tak hanya sekedar melihat-lihat seisi istana saja, tapi juga berfoto menggunakan busana Melayu.
 
Di area depan Istana Maimun terdapat lapangan hijau yang sangat luas. Sangking luasnya, lapangan tersebut sering dipakai event organizer mengadakan event tertentu. Jika sedang tidak digunakan, wisatawan biasa duduk bersantai bersama keluarga sekaligus menikmati quaity time di sana.

Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

image credit: deby subakti/instagram
Rahmat International Wildlife Museum & Gallery di Medan ini merupakan tempat rekreasi serta tujuan edukasi terkenal dimana para pengunjung tak cuma bisa melihat berbagai satwa liar yang sudah diawetkan, tetapi areanya yang luas juga dirancang menarik dengan sederet aktivitas.

Kegiatan wisata di Rahmat International Wildlife Museum dan Gallery terus dikembangkan oleh pengelola. Atmosfernya tidak seperti kebanyakan museum, seluruh area ditata eye-catchy sehingga cukup Instagramable bagi setiap kalangan.

Nah, itulah daftar tempat rekreasi di Medan yang seru untuk dikunjungi bareng keluarga. Saat akhir pekan sudah tiba, Anda bisa memilih salah satu destinasi yang terdapat pada daftar tersebut, atau mendatanginya satu per satu secara bertahap.