Widget HTML Atas

Seputar Thamrin Plaza - Lokasi, Ragam Outlet & Fasilitas

Berada di sebelah utara Pasar Ramai, Thamrin Plaza merupakan mall yang pertama kali dibuka untuk publik pada 23 September 1989 oleh PT. Supra Uniland Utama, Indonesia. Mall tersebut masuk ke dalam kategori pusat perbelanjaan modern tertua di kota Medan.
 
image credit: edwin petrus/gmaps
Mall ini sendiri sudah pernah mengalami renovasi sebanyak enam kali. Setelah dipugar dan kembali beroperasi, Thamrin Plaza yang memiliki konsep 'One Stop Shopping' ini menjadi destinasi belanja yang mampu mampu memenuhi setiap kebutuhan.
 
Total seluruh area mall terdiri dari 7 lantai, dimana setiap lantai yang diisi berbagai outlet dan toko menyediakan bermacam kebutuhan. Sehingga tidak cuma berbelanja pakaian, pengunjung juga bisa melakukan sederet kegiatan wisata modern seperti kulineran dan menonton bioskop di Thamrin Plaza.
 

Lokasi dan Alamat Thamrin Plaza

Thamrin Plaza adalah destinasi belanja di sekitar kawasan Chinatown Medan yang juga berdekatan dengan Pasar Ramai. Adapun alamatnya yaitu di Jalan M.H Thamrin R No. 75, Pandau Hulu 1, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara, 20214. Telepon (061) 7363222.
 
 
Pemilihan lokasi mall bisa dikatakan strategis karena sudah tersedia berbagai angkot dan angkutan umum dari berbagai titik keberangkatan yang trayeknya melalui atau bahkan langsung menuju alamat tersebut. Agar lebih ringkas, bisa juga menggunakan transportasi mode online.
 

Jam Buka

Hari kerja Thamrin Plaza mengikuti jam buka mall pada umumnya serta disesuaikan dengan aturan pemerintah terkait area publik. Pusat perbelanjaan ini bisa dikunjungi sesuai jam buka dari pukul 10.00 hingga pukul 17.00 WIB.
 
Seperti pusat perbelanjaan modern lainnya, waktu operasional mall juga berlangsung mulai hari senin sampai minggu. Sedangkan jam buka bioskop sedikit berbeda. Untuk yang satu ini, Anda bisa melihat jadwal film yang akan diputar di mall.
 
 

Fasilitas

Bukan mall namanya kalau tidak mampu menyediakan fasilitas layaknya pusat perbelanjaan modern. Berangkat dari standar tersebut, sudah barang tentu fasilitas di Thamrin Plaza Medan diusahakan mampu memenuhi kebutuhan pengunjung. Beberapa diantaranya meliputi:
 
- Bioskop Cinema XXI
- Tempat Parkir Kendaraan
- Area Kuliner
- Area Fashion (Pakaian)
- Lift 
- ATM (Anjungan Tunai Mandiri)
- Mushola
- Area Hiburan
 
Meski fasilitas yang ada sudah terpenuhi dengan baik, tetapi mall tak hanya menyasar pengunjung golongan menengah ke atas saja. Oleh sarana dan prasarana itu pula, setiap lapisan masyarakat dijamin nyaman ketika menikmati tempat berbelanja ini.
 

Apa Saja yang Ada di Thamrin Plaza

Belanja dari Thamrin Plaza bisa borong segala macam kebutuhan harian. Alhasil, aktivitas shopping tak lagi membosankan, justru berubah menyenangkan karena di sini terdapat puluhan outlet dan tenant yang jadi tempat untuk mencari berbagai kebutuhan keluarga.
 
Selain itu, plaza di seputaran jl. Thamrin ini memang memiliki suasana dan keunikan tersendiri. Berbelanja di sini, pengunjung dapat menyusuri keunikan bangunannya yang bisa dibilang sudah cukup tua. Meski begitu, suasananya masih saja nyaman.
 
Ketujuh lantai di pusat perbelanjaan modern ini terkoneksi dengan lift. Ada pula eskalator dan tangga jika pengunjung mau beralih ke lantai lainnya. Nah, sebagai panduan, berikut pembagian area mall beserta outlet yang sengaja kami bahas ke dalam tiga kategori yaitu area belanja, kuliner dan hiburan.
 

1. Zona Belanja

area belanja di dalam mall
Terdapat ratusan tempat belanja di mall berkonsep "one stop shopping" ini, mulai dari supermarket, toko, outlet hingga departement store. Jumlah tersebut terus bertambah, meski beberapa diantaranya sudah membuka cabang mereka di mall ini sejak puluhan tahun lalu.

Tempat berbelanja paling ikonik dan familiar bagi masyarakat meliputi Matahari Departement Store, Erafone, Maximart, Miniso, Jhonny Andrean, Guardian, Payless, Skethers, Sport Station dan lainnya. Ya, Anda akan sangat mudah mendapatkan berbagai produk yang dibutuhkan. Baik itu pakaian, gadget maupun produk kecantikan.
 
Sederet produk dari luar negeri juga bisa Anda temukan di beberapa toko yang ada di Thamrin Plaza. Produk yang menjadi incaran kaum wanita seperti fashion, barang branded dan perhiasan. Dengan begitu, Anda bisa melakukan wisata belanja di mall tersebut.

Area Kuliner

thamrin plaza medan
zona kuliner dan food court yang sajikan ragam makanan
Pilihan tempat makan di Thamrin Plaza cukup banyak, baik itu yang relatif terjangkau hingga yang lumayan mahal. Kalau mau nongkrong, ada Starbucks Coffee yang pastinya familiar bagi semua kalangan usia. Kemudian Kokoah Cafe, Kopi Kenangan, chatime dan JCO.

Tak hanya tempat nongkrong, Anda yang butuh makanan dan minuman untuk mengisi perut yang lapar setelah sibuk berbelanja, bisa mencoba sederet restoran seperti Pizza Hut, Chicken Holic, Breadtalk, Pizza Hut, Chicken Holic, Fountain Ice Cream, City Ice, Chigo, Texas Chiken, Kinley Thai Bistro dan masih banyak lagi.

Jalan-jalan ke mall di seputaran Thamrin ini merupakan aktivitas menarik bagi mereka yang hobi wisata kuliner. Lebih kurang 14 outlet dan gerai makanan yang terkenal lezat bisa dikunjungi satu per satu atau bisa juga pilih sesuai selera.

3. Area Hiburan

thamrin plaza
acara nonton bareng dengan para pemain di cinema xxi
Zaman sekarang, setiap mall di kota-kota besar termasuk Medan saling berlomba-lomba membuat kegiatan yang seru. Atau, membuka area wisata dan spot foto Instagramable yang dirasa pengelola dapat menghibur para pengunjung mall.

Tak heran lagi kalau di setiap hari libur nasional atau pada saat perayaan tertentu, mall mengadakan event dan bazar yang relevan. Sebut saja pada hari Natal, semua pusat perbelanjaan menata tempat mereka dengan tema tersebut sambil mengadakan promo besar-besaran. Begitu pula ketika Idul Fitri maupun Tahun Baru Cina.

Selain mengadakan acara, Thamrin Plaza juga punya Timezone dan Cinema XXI yang merupakan sarana hiburan bagi kaum urban. Dimana para pengunjung khususnya para penikmat film bioskop dapat menghibur diri dengan tontonan film menarik atau yang sedang trending.

Nah, itulah sekilas informasi mengenai Thamrin Plaza Medan yang mungkin bisa dijadikan panduan jika hendak berkunjung ke mall yang tepat berada di jalan M.H Thamrin tersebut. Tak sebatas berbelanja, pengunjung bisa menjadikan tempat tersebut jadi sarana wisata modern.