Widget HTML Atas

Pantai Batu Gajah - Rute Lokasi, Pesona dan Aktivitas

Pantai Batu Gajah merupakan salah satu pantai cantik yang memiliki pesona berupa gugusan bebatuan dan gua unik berbentuk gajah. Tak jauh dari Sibolga, tepatnya di kabupaten Tapanuli Tengah, keunikan tersebut membuat tempat ini berbeda dibanding destinasi serupa.
 
pantai batu gajah
image credit: gmaps/zipora sunarti-rudi gunadi
Kenampakan alam dan air laut yang jernih menjadikan Pantai Batu Gajah terkenal di kalangan wisatawan. Bukan cuma warga lokal saja yang terpikat oleh keindahannya, tetapi pengunjung dari luar daerah yang sedang berlibur ke Tapteng juga ikut terbuai.
 
Terangkatnya nama Pantai Batu Gajah memang bukan tanpa sebab, popularitasnya tidak lepas dari pesona menawan yang dapat dilihat langsung ketika berada di sana. Lebih lagi gambar maupun foto yang menampilkan tentang keindahan pantai itu sering kali berseliweran di media sosial. 

Lokasi Pantai Batu Gajah

Letak Pantai Batu Gajah dekat dari Sibolga, meski secara administratif masuk wilayah Tapteng, persisnya di Desa Hajoran, Kecamatan Andam Dewi, Kab. Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara. Untuk lebih detail, gunakan peta yang tersemat berikut.
 
Rute menuju Batu Gajah mudah diakses baik dari Sibolga maupun kota Pandan. Pasalnya, tempat ini juga dikenal sebagai tempat carter kapal boat bagi wisatawan yang ingin menyewa transportasi laut. Terkait moda angkutan, hanya tersedia becak, karena itu dianjurkan membawa kendaraan pribadi.
 
Lantaran berada di balik perbukitan, pengunjung harus melintasi jalan menanjak sepanjang 32 meter. Sayangnya, jalan tersebut belum cukup memadai untuk kendaraan roda empat karena masih berbatu-batu. Sementara bagi pengguna roda dua, aksesnya tergolong aman.
 

Tiket Masuk

Sementara waktu, objek wisata di Desa Hajoran ini belum memungut tiket masuk resmi. Namun setiap pengunjung akan dikenai biaya retribusi sesuai spot yang didatangi wisatawan. Selain itu ada juga tambahan biaya untuk parkir kendaraan.
 
Tiket Masuk Spot: Mulai Rp5.000,-
Tiket Parkir Roda Dua: Rp5.000,-
Tiket Parkir Roda Empat: Rp10.000,-
 
Biaya yang sudah disebutkan tidak termasuk sewa pondok (gazebo) dan sewa speedboat yang dipatok tarif sekitar Rp20.000 sampai Rp150.000. Agar lebih menghemat biaya saat berlibur di pantai ini, pengunjung bisa memilih untuk tidak memakai fasilitas tersebut.
 
 

Akivitas & Ragam Pesona Pantai Batu Gajah

Secara visual, ada banyak sekali daya tarik yang dimiliki Pantai Batu Gajah hingga kian ramai disambangi wisatawan. Apalagi setelah objek wisata laut ini semakin dikenal luas, pengunjungnya tak kunjung surut bahkan cenderung terus bertambah. Tentu mereka rela meluangkan waktu demi menyaksikan pesona yang tersimpan di sana.
 
Konon, nama pantai di Desa Hajoran ini tidak muncul begitu saja, justru terdapat latar belakangnya. Menurut telusuran, pantai yang sekarang dikelola oleh Pokdarwis setempat ini berkaitan dengan onggokan bebatuan di pinggir laut yang wujudnya mirip gajah.
 
Berawal dari keunikan nama destinasi pantai tersebut, maka keindahan lainnya yang selama ini tersembunyi pun ikut tersiar. Kekaguman pengunjung juga ditenggarai oleh aktivitas wisata yang dapat dilakukan di sana, beragam kegiatan bisa dicoba sembari menikmati pesona pantai.
 

1. Menjangkau Batu Gajah

pantai batu gajah sibolga
image credit: syahrial amri/instagram
Saat pertama kali memasuki area pantai, mata pengunjung akan segera disambut oleh pemandangan batu berukuran cukup besar yang jaraknya sekitar 15 meter dari bibir pantai. Sekilas, batu tersebut seperti seekor gajah yang sedang menunduk. Uniknya lagi, terdapat lubang berukuran 1 meter pada batu itu yang menyerupai sebuah belalai.
 
Jika air laut sedang surut, wisatawan dapat langsung ke objek itu hanya dengan berjalan kaki. Berbeda bila air laut sedang pasang, pengunjung harus menggunakan kapal speedboat untuk menjangkaunya. Selain dengan kedua cara tersebut, pengunjung juga bisa berenang ke sana.
 
Bebatuan karang yang terkikis oleh laut dan secara perlahan membentuk batu gajah tersebut memang dianggap sebagai pesona utama. Karenanya, setiap pengunjung selalu berusaha untuk bisa melihatnya lebih dekat. Sekaligus mengagumi wujudnya yang terlihat cantik.
 

2. Bermain Pasir dan Berenang

pantai batu gajah
image credit: muzain mz
Rata-rata pantai di kawasan teluk cenderung memiliki ombak laut yang tenang dan tidak terlalu dalam. Hal itu disebabkan oleh posisinya yang diapit oleh dua daratan. Makanya, aktivitas berenang dan bermain air menjadi atraksi wisata lainnya yang wajib dicoba saat berada di Pantai Batu Gajah.
 
Tenangnya gelombang arus laut di sekitar pantai membuat wisatawan aman ketika berenang. Walaupun begitu, pengunjung yang membawa anak-anak dan balita perlu mendapat perhatian khusus dari para orang tua selama mereka sedang berani air. Apalagi pantai ini belum dijaga oleh pihak keamanan.
 
Kegiatan lainnya yang seru dilakukan bersama keluarga ialah bermain pasir. Warna pasir di sepanjang garis pantai ini sangat putih. Ketika terpapar sinar matahari, akan terlihat berkilau. Banyak keseruan patut dicoba, misalnya membangun istana pasir atau bermain lempar-lemparan. Tapi kalau sudah agak bosan, bisa coba berjalan-jalan mencari karang yang tersembunyi di dalam timbunan pasir.
 

3. Bersantai, Berfoto dan Kuliner

pantai batu gajah sibolga
panorama pantai nan indah - image credit: lydia hayaty
Punya ekspektasi merasakan semilir angin sepoi yang berhembus dari arah laut, menggelar tikat sembari duduk santai di pinggir pantai menjadi aktivitas wisata yang bisa bikin rileks. Kegiatan yang mampu menyegarkan pikiran tersebut sangat ideal direalisasikan di sini.

Berburu foto Pantai Batu Gajah dan spot instagramable lainnya di sekitar kawasan tersebut tentunya menyenangkan. Pengunjung tak melulu harus memilih latar laut, tetapi latar bebatuan dan hutan tropis di kejauhan pun tampak intagenik.
 
Setelah berswafoto di spot terbaik, melanjutkan momen berlibur bisa dengan mencicipi aneka kuliner yang disediakan para pedagang makanan dan minuman. Meski menunya cukup terbatas, tetapi tetap bisa untuk sekedar mengenyangkan perut.
 

Jam Buka Pantai Batu Gajah

Setiap kawasan wisata diatur jam buka dan tutupnya. Selain agar lebih terkelola, aturan itu dibuat supaya wisatawan tau kapan bisa melakukan kunjungan. Pun kawasan Pantai Batu Gajah mengatur jadwal operasional wisatanya.

Wisatawan sudah bisa mendatangi pantai ini mulai pukul 08.00 WIB pada pagi hari. Sementara jam tutupnya pada pukul 17.00 WIB. Jadwal operasional setiap hari dari senin hingga minggu. Jangan lupa untuk merencanakan kunjungan lebih awal agar waktu liburan tidak habis di perjalanan.


Fasilitas Pantai Batu Gajah

Beberapa fasilitas Pantai Batu Gajah sudah terpenuhi dengan baik. Baik itu sarana umum maupun sarana pelengkap. Mengingat banyaknya jumlah pengunjung, maka perlu sekali untuk menambah dan memperbaiki fasilitas yang sudah ada.
 
- Area parkir roda dua dan empat
- Gazebo/pondok santai
- Warung makan
- Penyewaan speedboat
- Kamar mandi
- Tempat camping
 
Suguhan alam yang mempesona, hamparan pasir putih dengan gradasi laut memukau dan panorama laut yang memanjakan mata menjadikan objek wisata satu ini cocok dijadikan opsi berlibur. Baik bersama keluarga maupun mengajak pasangan untuk mendapatkan momen berkualitas.