Widget HTML Atas

Tuan Nagani Paradise - Tiket Masuk dan Ragam Aktivitas

Tuan Nagani Paradise merupakan wisata dua dimensi berkonsep alam dan buatan yang terletak di Jl. Pakkat - Dolok Sanggul, Desa Sosor Tombok, Humbang Hasundutan. Area taman rekreasi keluarga dibangun di tengah kawasan hutan cemara dengan luas lebih dari 1 hektar.
 
tuan nagani paradise
image credit: tuti sinambela/ronal manullang
Bukan hanya mengandalkan spot foto dan keindahan alam, Tuan Nagani Paradise memiliki danau buatan yang dikembangkan secara optimal untuk sarana aktivitas permainan air. Sehingga tempat bermain ini tergolong seru dan mengasyikkan bagi segala usia.
 
Jika wisatawan ingin mencoba semua permainan dan menikmati wahana menjanjikan kenyaman dan kepuasan bisa langsung ke Tuan Nagani Paradise. Di sana, pengunjung dapat menghibur diri sekaligus liburan bersama keluarga.
 

Harga Tiket Masuk

Wisatawan yang tertarik ke tempat ini perlu mempersiapkan biaya masuk baik untuk kunjungan saat weekday maupun weekend. Berikut informasi harga tiket masuk Tuan Nagani Paradise yang berlaku bagi para pengunjung.
 
Tiket Masuk Dewasa: Rp15.000/orang
Tiket Masuk Anak-anak: Rp10.000/orang
Tiket Wahana: Mulai Rp15.000/wahana
Biaya Parkir: Rp2.000 - Rp3.000/unit
Sewa Villa: Mulai Rp500.000/malam
 
Jenis tiket tidak dibedakan menurut usia pengunjung, anak-anak, remaja dan dewasa cukup membayar biaya retribusi berdasarkan tarif tiket umum. Pembelian tiket langsung di loket/pos retribusi. Harga tersebut tidak termasuk akses bermain wahana.
 
 

Atraksi & Aktivitas di Tuan Nagani Paradise

Banyaknya wahana wisata yang jumlahnya terus ditambah menjadi kelebihan tersendiri dari taman bermain ini. Tidak heran jika sejak dibuka pada awal tahun 2021 silam, destinasi tersebut berhasil menggaet wisatawan asal luar daerah.
 
Atraksi wisata yang ditawarkan oleh Tuan Nagani Paradise memadukan konsep destinasi keluarga super komplit. Mulai dari area outbond, kolam renang, danau kecil, spot foto, wahana bermain hingga penginapan villa dalam satu kawasan.
 
Setiap area memang sengaja dirancang atraktif agar pengunjung dapat melakukan kegiatan sesuai minat mereka. Maka dari itu pula, taman bermain terpadu ini sangat layak dipilih untuk tempat berlibur bersama anak dan keluarga.
 

1. Spot Foto dan Background Menarik

tuan nagani paradise
image credit: instagram/palmarium sinaga
Pertama kali memasuki areal taman wisata tersebut, setiap pengunjung akan disambut lukisan atraktif khas anak muda yang dikenal dengan istilah mural. Corak lukisan yang unik ditambah warna mencolok membuat area pertama ini sangat disukai wisatawn untuk tempat berfoto.
 
Bangunan akomodasi dengan atap pelana berbentuk kerucut yang tertata di pinggir danau tidak ketinggalan jadi spot selfie favorit. Tak sedikit pula wisatawan memilih bangunan yang menambah penginapan di dolok sanggul dan humbahas tersebut sebagai latar foto.
 
Meski sudah dilengkapi dengan berbagai instalasi foto, pemandangan alamnya tidak boleh wisatawan lewatkan untuk diabadikan gambarnya. Arahkan saja kamera digital atau kamera handphone ke deretan pohon cemara atau danau, panorama yang tertangkap kamera dijamin memukau.
 

2. Wahana Air dan Permainan Darat

tuan nagani paradise
image credit: istimewa
Dua wahana yang diandalkan Tuan Nagani Paradise yakni permainan darat dan wahana air. Maka, jika sudah berada di objek wisata yang didirikan oleh Dorgis Manullang ini, tentu keduanya wajib dicoba supaya nanti tidak penasaran lagi.
 
Untuk permainan darat, wajib sekali menjajal fasilitas outbond Flying Fox. Permainan yang akan membawa pengunjung melintas di atas area menggunakan kabel tersebut memiliki panjang kurang lebih 250 meter. Rasanya seperti sedang melayang di udara.
 
Sementara wahana air yang terdapat di sini lebih santai, ada bebek-bebekan manual yang cukup asyik dicoba bareng keluarga. Sambil mengitari kawasan danau di atas wahana, wisatawan pun bisa menghirup udara segar sepuasnya.

3. Sediakan 2 Unit Kolam

tuan nagani paradise
image credit: gmaps/johannes adinata siregar
Selanjutnya yang terbaru di lokasi wisata ini adalah kolam renang dan kolam ikan. Sesuai jenisnya, kedua area kolam yang disediakan bagi wisatawan umum tersebut ditujukan untuk kegiatan berbeda pula, yaitu berenang dan memancing ikan.
 
Sejak awal beroperasi, kolam renang di tempat rekreasi ini adalah salah satu area yang paling banyak didatangi pengunjung. Terbukti dari banyaknya orang yang senantiasa memadati kolam. Meski kedalamannya sendiri hanya 40 - 1.200 cm saja, tapi berenang di sini tetap terasa menghibur.
 
Beralih ke kolam pancing, area ini dibangun khusus untuk atraksi wisata tambahan. Ikan yang dibudidayakan terdiri dari ikan mas, nila, lele dan gurami. Apabila gemar menangkap ikan air tawar dengan cara memancing, sediakan waktu luang kemari.
 

Jam Buka & Fasilitas

Untuk wisata, jam buka Tuan Nagani Paradise beroperasi setiap hari mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 23.00 WIB. Sementara untuk penginapan, villa dibuka 24 jam. Tempat ini bisa dikunjungi setiap hari dari senin hingga minggu. Sedangkan fasilitas yang tersedia mencakup:
 
- Penginapan Villa
- Toilet
- Area Kuliner
- Wahana permainan air dan darat
- Tempat parkir yang luas
- Jogging Track, dan
- Area Camping
 
Fasilitas tersebut pastinya dapat dipakai setiap pengunjung yang sudah membayar biaya retribusi. Buat yang ingin mendekatkan diri ke alam, tersedia area camping dan perlengkapan yang bisa digunakan dengan sistem sewa.

Lokasi Tuan Nagani Paradise

Alamat Tuan Nagani Paradise berada persis di seputaran Jalan Pakkat - Dolok Sanggul, Km 8, Desa Sosor Tambok, Kecamatan Dolok Sanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Indonesia. Telepon: 082217420420. Detailnya lihat pada map berikut ini.
 
 
Lokasi tersebut bisa ditempuh rata-rata 20 menit atau dengan jarak tempuh kurang lebih 10 kilometer dari kota Dolok Sanggul. Kecuali berangkat dari kota Medan, perjalannya akan lebih lama, kurang lebih 6 jam dengan jarak tempuh 228 km melalui jalan Lintas Barat Sumatera.