Widget HTML Atas

Fishing Camp Siarubung - Lokasi Wisata, Tiket & Aktivitas

Fishing Camp Siarubung adalah tempat wisata memancing di Danau Toba. Meskipun baru didirikan, Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang berada di Desa Turpuk Limbong, Kec. Harian, Kab. Samosir ini layak dijadikan tujuan akhir pekan. Terutama bagi para mancing mania dan penikmat camping terbuka.
 
fishing camp siarubung
image credit: ig/fcs
Sesuai konsepnya, Fishing Camp Siarubung menawarkan spot pemancingan ikan endemik Danau Toba dipadupadankan keindahan alam dengan suasana alami. Tak perlu heran jika areanya dirancang lebih sederhana karena tempat tersebut sudah tampak mempesona oleh panorama perbukitan dan hamparan air danau nan hijau.
 
Keseruan berlibur dengan keluarga atau teman akan terasa menyenangkan di tempat ini. Karena selain bisa memancing, pengunjung bisa juga berenang bebas di pinggiran pantai dan berkemah di alam terbuka. Menghabiskan waktu sehari semalam penuh di area wisata ini pastinya tak terlupakan.
 

Harga Tiket Masuk

Wisatawan yang berkunjung ke Fishing Camp Siarubung sudah tentu dikenai biaya retribusi. Harga tiket masuk terdiri dari dua jenis sesuai paket yang dipilih. Pada dasarnya, perbedaan tarif paket tersebut dipengaruhi fasilitas yang didapatkan pengunjung.
 
Paket A: Rp100.000/orang
Paket B: Rp150.000/orang
 
Tiket masuk bisa dibeli langsung ketika pengunjung sudah berada di tempat ini. Biaya retribusi tertera berlaku setiap hari, baik saat weekday maupun weekend. Jika berencana datang ketika hari libur nasional, pastikan sudah reservasi melalui nomor telepon.
 
 

Daya Tarik dan Aktivitas Fishing Camp Siarubung

Secara spesifik, dari nama Fishing Camp Siarubung saja kita sudah pasti tahu bahwa tempat ini merupakan bumi perkemahan yang menjadikan kegiatan memancing sebagai aktivitas paling utama. Atraksi yang mengunggulkan wisata jenis tersebut memang masih jarang di Danau Toba.
 
Akan tetapi, meski mengandalkan wisata memancing, namun pengelola juga menyiapkan atraksi lainnya yang dirasa bisa dinikmati pengunjung tanpa terkecuali. Sehingga bukan hanya mancing mania saja yang tertarik masuk ke tempat tersebut.
 
Pada dasarnya, wisatawan baik kelompok maupun individual dapat memilih tempat ini untuk rekreasi. Karena selain tawarkan pesona alaminya Danau Toba, ada pula serangkaian keseruan yang tentunya sudah siap menyambut pengunjung. Berikut beberapa diantaranya.
 

1. Camping Ceria di Tengah Alam

fishing camp siarubung
image credit: instagram/toba
Seakan menambah kedekatan dengan alam, Fishing Camp Siarubung menghadirkan pengalaman berbeda melalui kegiatan berkemah di pinggiran danau. Tak seperti area camping lainnya, fasilitas berkemah di tempat ini justru sudah ditata pengelola senyaman mungkin.
 
Jika penikmat alam biasanya mendirikan tenda langsung di atas tanah, tetapi di sini malah sudah dibuatkan alas papan tebal. Hal itu tentu membuat pengunjung semakin betah bermalam di tengah alam tanpa perlu sedikitpun merasa khawatir.
 
Sebelum beristirahat di dalam tenda pada malam hari, melihat bintang-bintang berkilau yang menghiasi langit tak boleh dilewatkan. Atau, bisa juga menghabiskan waktu dengan bercengkrama bersama teman maupun keluarga sembari barbeque-an di tepi danau. 
 

2. Mengayuh Kapal dan Memancing

fishing camp siarubung
image credit" toba classic/gmaps
Bagi sebagian orang, memancing adalah kegiatan relaksasi sekaligus hobi yang mampu mengusir rasa penat dan jenuh usai beraktivitas selama seminggu penuh. Tak sedikit mancing mania bepergian ke luar kota demi mendapatkan tempat memancing yang seru.
 
Di sini, mancing mania akan dipuaskan oleh area pemancingan ikan yang luas. Selain di tepi danau, bisa juga mengayuh sampan atau kapal kecil ke tengah danau untuk memperoleh hasil tangkapan yang lebih besar. Tenang saja, ikan-ikan di sini tumbuh alami dan bukan hasil budidaya.
 
Berbagai jenis ikan endemik yang bisa dipancing meliputi ikan jahir, emas dan pora-pora. Hasil pancingan bisa dibawa pulang ke rumah untuk oleh-oleh. Tetapi kalau sudah tak sabar ingin mencicipinya, ikan-ikan tersebut bisa langsung dipanggang.
 

3. Menikmati Keindahan Alam

fishing camp siarubung
image credit: instagram/chandra hutagaol
Termasuk strategis, Fishing Camp Siarubung diapit perbukitan yang membentengi kawasan Danau Toba. Perbukitan hijau dengan sudut kemiringan yang curam menciptakan panorama alam yang sungguh indah. Terlebih saat matahari terbit maupun tenggelam.
 
Dari tempat memancing ini pula, kita disuguhkan eloknya Bukit Sibea-bea yang terlihat megah di kejauhan saja. Tak sampai disitu saja, Desa Turpuk Limbong yang sebagian besar posisi areanya berada di pinggiran danau ini bisa dikatakan belum begitu terjamah.
 
Karena itu pula, setiap sudut areanya masih menampilkan keindahan alam yang nyaris sempurna. Lbih lagi area perbukitan yang ditumbuhi berbagai jenis pepohonan. Tak ayal, panorama itu cukup instagramable dan layak diabadikan lewat kamera. Ya, banyak sekali spot menarik jika hanya sekedar untuk berselfie ria.
 

Jam Buka

Tidak sama seperti objek wisata di Samosir lainnya yang biasanya dibatasi, jam buka Fishing Camp Siarubung beroperasi selama 24 jam penuh. Wisatawan dapat mengunjungi tempat ini setiap hari, mulai senin hingga minggu.
 
Namun, apabila ingin menginap di area camping, ada baiknya mengatur waktu perjalanan lebih awal agar lebih mudah sampai. Info tambahan lainnya, tempat ini memang belum begitu populer, jadi bisa didatangi baik saat weekday maupun weekend. 

 

Fasilitas

Menunjang kenyamanan para wisatawan, Fishing Camp Siarubung menyediakan berbagai sarana dan prasarana yang bisa digunakan. Beberapa fasilitas umum yang tersedia di tempat wisata tersebut diantaranya:
 
- Lahan Parkir
- Toilet
- Akomodasi Penginapan (Camp Area)
- Kantin
 
Kendati ditujukan bagi para mancing mania, fasilitas yang tertera di atas cukup membuat tempat ini laik sebagai tempat wisata keluarga pula. Sarana yang ada sepertinya sudah bisa membuat waktu liburan semakin berkualitas.
Baca:
 

Rute & Lokasi Fishing Camp Siarubung

Secara letak administrative, Wisata Alam Fishing Camp Siarbung terletak di Desa Turpuk Limbong, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Lebih detail, sila gunakan peta yang sudah tercantum berikut ini.
 
 
Untuk bisa sampai ke Fishing Camp Siarubung dengan titik keberangkatan dari Kota Medan, silahkan ambil jalur jalan tol Medan - KNO - Tebing Tinggi. Setelah sampai di Parapat, gunakan kapal feri penyebrangan. Tiba di Raya Simanindo, lanjutkan perjalanan ke Desa Turpuk Limbong.