Pulau Berhala

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Tuesday, September 9, 2014 | 2:11 AM


Pulau Berhala, sebuah destinasi wisata bahari Sumut yang terletak di kabupaten Serdang Bedagai. Tepatnya di perbatasan antara negara Malaysia dengan Indonesia. Sebagai pulau terluar Indonesia, Berhala dijaga oleh korps marinir yang bertugas untuk memantau dan mengawasi sekitar lokasi serta perairan di kawasan Berhala.

Rute Ke Pulau Berhala
Medan - Serdang Bedagai - Pulau Berhala
Belawan - Serdang Bedagai - Pulau Berhala

Aksesibilitas
Tidak terdapat kapal wisata, hanya memanfaatkan kapal nelayan. Oleh karena itu dianjurkan untuk bersama teman atau rombongan untuk pergi ke pulau tersebut agar menghemat biaya atau melalui agent, salah satu partner kami adalah Traveling Medan Comm yang kerap mengadakan open trip ke pulau tersebut. Anda dapat melihat paket wisata tersebut di tulisan berikut: Paket Pulau Berhala.

Sejarah Pulau Berhala
Pulau Berhala cukup memiliki nilai historis bagi masyarakat Melayu, menurut cerita dikatakan bahwa putri Hijau bertempat tinggal di sekitar kawasan pulau saat ia tengah dibawa oleh pangeran Aceh yang kemudian diselamatkan oleh adiknya Putri Hijau yang berwujud naga.
Pulau Berhala, menurut penduduk Serdang Bedagai adalah lokasi pemujaan (ritual) mistis. Itulah kenapa disebut pulau Berhala.


Pengembangan Wisata Pulau Berhala
Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai berkomitment untuk tidak terlalu mengexplore keindahan pulau Berhala, hal tersebut seiring dengan tujuan menjaga kekayaan bahari seperti terumbu karang di pulau Berhala yang menurut banyak peneliti dapat disandingkan dengan Maldives. Explorasi Pulau Berhala hanya akan sebatas ecotour tanpa diubah menjadi ressort.


Review
Terdapat tiga buah pulau yang berdekatan, ketiga pulau tersebut bernama Sokong Nenek, Sokong Kakek dan Berhala. Pulau Sokong Nenek berada jauh sekitar 20 meter dari pulau terbesar atau pulau Berhala. Di pulau Sokong Nenek terdapat sebuah gua yang belum pernah seorangpun masuk kedalamnya. Area sekitar pulau Sokong Nenek cocok dijadikan sebagai spot diving. Pulau Sokong Kakek terhubung dengan pulau Berhala, ia hanya terpisahkan oleh air laut saat pasang tiba. Vegetasi Pulau Sokong Kakek terdiri dari pepohonan dan tumbuhan hijau dan banyak dikelilingi oleh bebatuan besar. Di area ini sangat cocok dijadikan sebagai lokasi memancing. Sedangkan Pulau Berhala merupakan central kawasan wisata di lokasi ini, dimana marinir juga tinggal menetap. Terdapat banyak flora dan fauna yang masih terjaga seperti pepohonan berusia tua, hewan-hewan, pohon berbuah dan lainnya. Di puncak pulau Berhala terdapat sebuah menara mercusuar yang digunakan sebagai tempat pengamatan oleh marinir, memantau kapal-kapal disekitar kawasan pulau.


Keindahan Bawah Laut Pulau Berhala
Warna biru dan gradiasi laut di pulau Berhala akan sangat mempesona disaat laut dalam masa surut. Untuk anda pecinta snorkeling tak perlu takut, disekitar dermaga pulau merupakan pilihan yang sangat menyenangkan. Lain lagi bila anda ingin melakukan kegiatan diving, tak perlu ragu. Disekitar pulau Berhala banyak spot diving.

Berbicara mengenai populasi tumbuhan laut di pulau berhala, anda akan terkesima dengan banyaknya terumbu karang. Ikan-ikan hias berenang bebas dan tak ketinggalan hewan-hewan laut seperti bintang laut, teripang, dll. (Writer: Antonius Naibaho, Foto: Traveling Medan )
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net