Widget HTML Atas

Pantai Putri Lopian, Taman Reklamasi Menghadap Danau Toba di Pangururan

pantai putri lopian di taman reklamasi pangururan - credit: johnny siahaan
Pangururan sekitarnya memang menawan, ragam destinasi dengan mudahnya dapat ditemui. Itulah mengapa kota di Samosir yang dikelilingi oleh perbukitan dan Danau Toba tersebut akan terus dikembangkan, termasuk target menjadi waterfront city pertama di Sumatera Utara.

Sebagai kawasan perairan, maka tak sulit untuk menemukan pantai di daerah ini. Terbaru, ada Pantai Putri Lopian yang lebih dikenal dengan sebutan Taman Reklamasi yang letaknya langsung menghadap panorama epik danau vulkanik Toba.

Pantai Putri Lopian dan Taman Reklamasi

Nama pantai ini berasal dari alamatnya yang terletak di seputaran Jalan Putri Lopian sedangkan nama resminya adalah Taman Reklamasi. Lokasinya berada persis di Desa Pardomuan 1 dan terpaut sekitar 6,7 kilometer dari Kota Pangururan. Posisinya lebih dekat dari Taman Liberty Malau.

1. Taman Kota Modern Menghadap Danau Toba

pantai reklamasi - credit: m_syafii_23
Kawasan wisata yang terintegrasi mencakup Jembatan Sitahuan, jalan Putri Lopian dan Pelabuhan Onan Baru ini sebenarnya sudah mulai ditata sejak tahun 2017 dan akhirnya rampung pada 2018 dengan biaya sekitar 2,5 M.

Selain tata kelola yang mengangkat unsur ruang terbuka hijau, Pantai Putri Lopian di Taman Reklamasi juga mendapatkan sentuhan modern. Ke depannya, kedua spot tersebut direncanakan akan menyerupai Taman Ancol.

Jika biasanya pantai yang landai identik dengan pasir terhampar. Di sini, seluruh permukaan daratannya sudah ditutupi dengan ubin. Memang secara keseluruhan, kesan modern terasa lebih kental.

Berbeda dengan Taman Sipinsur yang menyuguhkan penatapan Danau Toba dari kejauhan, Taman Reklamasi di Pangururan justru menyajikan pemandangan biru danau terbesar di Indonesia ini dari jarak dekat.

2. Tempat Bersandar bagi Wisatawan

taman reklamasi - credit: putridiana7713
Seandainya teman Pariwisata Sumut akan berencana berkeliling menyusuri alam Kaldera Toba di Pulau Samosir, Pantai Putri Lopian dapat dijadikan tempat rileks yang nyaman sebelum kembali melanjutkan perjalanan.

Fasilitas di Taman Reklamasi pastinya komplit. Kursi memanjang yang dibuat menghadap hamparan danau akan membuat rasa letih hilang seketika. Terlebih lagi, stand kuliner pun sudah tersedia di pojok taman. Boleh disebut, sarana dan prasarananya amat sangat memadai.

Sebagai pantai dalam kota wisata, Taman Reklamasi pun disiapkan untuk tujuan wisata malam yang sempurna. Di sepanjang garis area, berdiri lampu-lampu hias yang memberi penerangan ke seisi taman.

Taman di pantai ini pun sejuk, selain karena angin yang tak henti berhembus dari danau, pohon-pohon dan tanaman hias pun ikut merindangi. Tak salah rasanya jika wisatawan dianjurkan untuk berkunjung ke Pantai Putri Lopian jika sedang mengexplor wisata Samosir.

3. Aktivitas

credit: andriesanrego
Pantai modern sekaligus taman kota ini menjadi pilihan baru untuk tempat tongkrongan. Spot yang cantik dan luas dilengkapi permainan sederhana sehingga cocok untuk berwisata dengan anak-anak. Pun bagi anak muda, keseluruhan area ini sangat instagenik dan seru untuk berfoto.

Panjang garis pantai yang bersinggungan langsung dengan jalan lintas membuat tempat wisata ini dapat difungsikan untuk kegiatan olahraga pagi. Jalur tersebut bisa dipakai sebagai track untuk jogging.

Lantaran taman ini sangat dekat dengan danau. Masyarakat di sekitar banyak pula memanfaatkannya untuk kegiatan mancing. Nah, kalau Anda tergolong mancing mania, bisa mencoba peruntungan di sini.

3. Lokasi dan Tiket Masuk
Strategis, Pantai Putri Lopian mudah dijangkau dari segala arah dan tak jauh dari Hotel Dainang yakni di Desa Pardomuan, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir. Supaya lebih mudah, ikuti panduan rute melalui titik koordinat lokasi.

Seperti taman dalam kota Medan, biaya masuk ke Pantai Putri Lopian ini pun sepenuhnya gratis dan dibuka 24 jam penuh.

Kesimpulannya, Taman Reklamasi atau Pantai Putri Lopian di Pangururan ini tak hanya sebatas tempat beristirahat yang nyaman. Namun, tersajinya keindahan alam Danau Toba membuat kedua spot tersebut wajib dikunjungi untuk berlibur. (wh/psn)