Top Ad unit 728 × 90

4 Tempat di Sembahe dengan Pemandian Alam yang Bikin Ceria

-- --
sembahe via iwanvanwillan
Jejeguran seru di Sembahe sambil menyaksikan panorama indah di sekitar pemandian alamnya sudah menjadi kegiatan rutin bagi para pelancong asal Medan. Selain karena murah-meriah, daerah ini hanya terpaut 60 menit lho dari Ibukota Sumut.

Yap, Sembahe merupakan kampung padat penduduk di Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara yang terletak di ketinggian 900 mdpl. Di lokasi ini, mengalir sebuah sungai bernama Sembahe yang sudah hits sebagai destinasi berlibur sejak era 70-an sampai sekarang.

Pariwisata Sembahe pun didukung kemudahan akses berkendara dari berbagai jalur transportasi. Pasalnya, kawasan ini berada di salah-satu titik perlintasan nasional dengan sensasi jalan berkelok-kelok.

Tak ketinggalan amenitas yang lengkap membuat daerah tersebut jadi destinasi primadona, apalagi bagi anak-anak muda. Tepi aliran sungai Sembahe yang tenang dan berbatu, ditempati banyak pemandian alam. Seperti 5 spot yang direkomendasikan oleh tim Pariwisata Sumut berikut:

1. Pemandian Alam Mitra Sembahe

mitra sembahe via google map / fizram
Mitra Sembahe adalah rekreasi alam yang ditata dengan sangat baik. Debit sungai di pemandian ini lebih tenang karena sudah diperlebar oleh pemilik. Dari awal dibuka, spot ini jadi incaran wisatawan Medan.

Fasilitas di Mitra Sembahe pun lumayan memadai. Diantaranya ruang ganti, toilet dan pondok terbuka untuk lesehan. Uniknya, batu-batu besarnya dicat warna-warni sehingga meninggalkan kesan menarik.

Tiket masuk ke Mitra memang hanya Rp10.000/orang. Tetapi biaya masuk itu belum termasuk penggunaan toilet. Jadi harus bayar lagi deh kalau mau ganti pakaian. Oh iya, hal seperti ini memang sudah biasa di seluruh pemandian alam di Sembahe.

2. Gantang Rani Nature Bath

gantang rani via wardi sagala
Mau buat acara bakar-bakar ikan di Sungai Sembahe? ke Pemandian Gantang Rani saja. Pasalnya, di sana tersedia aula dan lapangan luas untuk bikin kegiatan menyenangkan. Lapaknya juga bisa disewa untuk semalaman.

Gantang Rani ini merupakan tempat seru untuk jejeguran. Aman untuk anak-anak, sungainya pun sengaja dibatasi bebatuan dan lengkap dengan ban pelampung. Sehingga tak perlu was-was lagi membiarkan mereka menikmati alam semenjak kecil.

Udara sejuk akan segera menghampiri ketika menginjakkan kaki di Gantang Rani Nature Bath. Ya, pepohonan memang dibiarkan tumbuh sehingga memberi kesan hijau natural. Dari lantai 2 di bangunan aula-nya, pelancong dapat menghirup udara segar sekaligus berfoto dengan backdrop hutan perawan.

3. Sayum Sabah

sayum sabah via sudana tarigan
Agak berbelok sedikit ke Sibolangit tidak apa-apa ya. Soalnya di sana juga ada tempat cakep yang Masih memanfaatkan sungai Sembahe yaitu Tirta Sayum Sabah. Pemandian ini masih asri, terlihat dari rindangnya pepohonan yang mengelilingi lokasi.

Sayum Sabah ini sebenarnya sebuah desa yang ikonik dengan jembatan gantung kecil di atas aliran sungai. Nah, di bawah jembatan tersebutlah pemandian umum berada. Selain mandi-mandi, seru juga untuk mancing ikan lho!

Bermain di tengah alam Tirta Sayum Sabah tentu bikin momen piknik serasa lebih ceria. Sebagai destinasi alam, tempat tersebut selalu menghadirkan suasana sejuk. Sangat direkomendasikan untuk mengunjungi Sayum Sabah

4. Pemandian Alam Sini Suka

sini suka nature bath via dadang maranatha
Kalau dengar Sini Suka ingatnya sama Anthony Ginting ya? pebulu tangkis yang keren itu. Mungkin pengelola obyek wisata di Sembahe ini punya marga yang sama jadi dibuat Pemandian Alam Sini Suka.

Kegiatan paling asyik di Pemandian Sini Suka yaitu tubbing alias menyusur sungai dengan ban pelampung. Jika berkeinginan untuk mencoba rafting, aktivitas tubbing ini boleh dijadikan latihan sebelum terjun ke spot arung jeram.

Bagi penikmat destinasi alam wajib tau bahwa waktu terbaik mengunjungi obyek wisata Sembahe tersebut adalah ketika musim kemarau. Kalau musim penghujan, aliran sungai biasanya meluap dan tidak jernih.
4 Tempat di Sembahe dengan Pemandian Alam yang Bikin Ceria Reviewed by Pariwisata Sumut on 11/04/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.